Surat Az-Zukhruf Ayat 62

وَلَا يَصُدَّنَّكُمُ ٱلشَّيْطَٰنُ ۖ إِنَّهُۥ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ

Arab-Latin: Wa lā yaṣuddannakumusy-syaiṭān, innahụ lakum 'aduwwum mubīn

Terjemah Arti: Dan janganlah kamu sekali-kali dipalingkan oleh syaitan; sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Az-Zukhruf Ayat 62

Ada beragam penafsiran dari para ahli tafsir terkait makna surat Az-Zukhruf ayat 62, sebagiannya seperti termaktub:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Jangan sampai setan menghalang-halangi kalian dengan godaannya sehingga kalian tidak menaatiKu dalam apa yang Aku perintahkan kepada kalian dan apa yang aku larang kalian melakukannya. Sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagi kalian.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

62. Dan janganlah sampai setan membelokkan kalian dari jalan yang lurus dengan kesesatannya dan iming-imingnya, sesungguhnya setan adalah musuh yang nyata permusuhannya.


Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

62. وَلَا يَصُدَّنَّكُمُ الشَّيْطٰنُ (Dan janganlah kamu sekali-kali dipalingkan oleh syaitan)
Yakni janganlah kalian terperdaya oleh bisikan dan godaan yang dimasukkan ke dalam hati kalian, sehingga menghalangi kalian dari mengikutiku.

إِنَّهُۥ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ(sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu)
Yakni dia menyatakan permusuhan dengan kalian tanpa keraguan sedikitpun dan tanpa menyembunyikan permusuhannya itu.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

62. Jangan sampai kalian dibuat berpaling oleh setan, sungguh mereka itu musuh yang nyata bagi kalian, mereka mengajak kalian dalam kesesatan dan kebinasaan.


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H


62. “dan janganlah kamu sekali-kali dipalingkan oleh setan,” dari apa yang Allah perintahkan, karena setan adalah “musuh yang nyata bagimu,” yang amat ingin menyesatkanmu dengan usaha paling keras untuk itu.


An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Az-Zukhruf ayat 62: (Dan janganlah kalian sekali-kali dipalingkan) dapat dipalingkan dari agama Allah (oleh setan; sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagi kalian") nyata permusuhannya.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Dari menjalankan perintah Allah.

Ia berusaha sekuat tenaga untuk menyesatkan kamu.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Az-Zukhruf Ayat 62

Dan oleh sebab itu, Allah dengan tegas memperingatkan mereka dengan mengatakan, 'janganlah kamu sekali-kali di palingkan oleh setan dari jalan-ku yang lurus itu sehingga menyimpang dari ajaran-ajaran-ku. Sungguh, setan itu merupakan musuh yang nyata bagimu yang selalu membawa kamu kepada kesesatan. '63. Dan ketika nabi isa datang kepada kaumnya, bani israil, membawa keterangan yang nyata yang bersumber dari Allah, dia lalu berkata, 'sungguh, aku datang kepadamu, wahai kaumku dengan membawa hikmah, yakni ajaran-ajaran dan hukum-hukum yang bersumber dari Allah yang dapat menyelamatkan kamu dan untuk menjelaskan kepada-Mu sebagian dari apa yang kamu perselisihkan dari ajaran-ajaran agama yang di turunkan Allah di dalam taurat. Maka bertakwalah kamu kepada Allah dengan melaksanakan segala yang di perintahkan-Nya dan meninggalkan larangan-larangan-Nya dan taatlah pula kepadaku dengan mengikuti tuntunan yang aku sampaikan kepadamu.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikianlah bermacam penjelasan dari beragam mufassirin terhadap isi surat Az-Zukhruf ayat 62, semoga memberi kebaikan bagi kita semua. Dukunglah usaha kami dengan mencantumkan hyperlink menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Lainnya: Az-Zukhruf Ayat 63 Arab-Latin, Az-Zukhruf Ayat 64 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Az-Zukhruf Ayat 65, Terjemahan Tafsir Az-Zukhruf Ayat 66, Isi Kandungan Az-Zukhruf Ayat 67, Makna Az-Zukhruf Ayat 68

Kategori: Surat Az-Zukhruf

Terkait: « | »

Trending: Surat Yasin, Surat Al-Waqiah, Surat Al-Mulk, Surat Al-Kahfi, Ayat Kursi