Surat Az-Zukhruf Ayat 60

وَلَوْ نَشَآءُ لَجَعَلْنَا مِنكُم مَّلَٰٓئِكَةً فِى ٱلْأَرْضِ يَخْلُفُونَ

Arab-Latin: Walau nasyā`u laja'alnā mingkum malā`ikatan fil-arḍi yakhlufụn

Terjemah Arti: Dan kalau Kami kehendaki benar-benar Kami jadikan sebagai gantimu di muka bumi malaikat-malaikat yang turun temurun.

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Az-Zukhruf Ayat 60

Tersedia beraneka penjabaran dari kalangan pakar tafsir mengenai isi surat Az-Zukhruf ayat 60, di antaranya sebagaimana terlampir:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Kalau Kami berkenan niscaya Kami menjadikan sebagai ganti kalian para malaikat yang sebagian yang lain sebagai ganti manusia.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

60. Dan seandainya Kami berkehendak untuk menghancurkan kalian -wahai Bani Adam- nicaya kami hancurkan kalian dan Kami jadikan para Malaikat sebagai pengganti kalian di bumi, mereka menyembah Allah dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun.


Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

60. Hai manusia, seandainya Kami menghendaki, niscaya sebagian kalian akan Kami jadikan sebagai malaikat yang menguasai bumi sebagai pengganti kalian.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

60. وَلَوْ نَشَآءُ لَجَعَلْنَا مِنكُم مَّلٰٓئِكَةً فِى الْأَرْضِ يَخْلُفُونَ (Dan kalau Kami kehendaki benar-benar Kami jadikan sebagai gantimu di muka bumi malaikat-malaikat yang turun temurun)
Yakni seandainya Kami menghendaki niscaya Kami akan membinasakan kalian dan mengganti kalian di bumi dengan para malaikat yang memakmurkannya.


Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

60. Sekiranya Kami berkehendak, maka akan Kami jadikan para malaikat sebagai pengganti kalian untuk menjadi mengurusi dan memakmurkan bumi.


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

60. selanjutnya Allah berfiman “dan kalau kami kehendaki, benar-benar kami jadikan sebagai gantimu di muka bumi malaikat-malaikat yang turun temurun,” artinya, niscaya kami jadikan para malaikat sebagai pengganti kalian dan mereka tetap berada di bumi hingga kami mengutus malaikat (sebagai rasul) dari jenis mereka. Sedangkan kalian wahai para manusia! Kalian tidak akan mampu bila para malaikat diutus sebagai rasul dari jenis kalian sehingga memungkinkan bagi kalian untuk belajar darinya.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Az-Zukhruf ayat 60: (Dan kalau Kami kehendaki benar-benar Kami jadikan sebagai ganti kalian) untuk mengganti kalian (di muka bumi malaikat-malaikat yang turun temurun) misalnya, kalian Kami binasakan terlebih dahulu, lalu Kami jadikan malaikat sebagai ganti kalian.


Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni lalu mereka tinggal di bumi, kemudian Allah mengutus utusan yang terdiri dari para malaikat. Adapun kamu wahai manusia! Maka tidak bisa yang diutus kepadamu adalah para malaikat (tidak sejalan). Oleh karena itu, termasuk rahmat Allah kepadamu adalah Dia mengutus para rasul dari jenismu agar kami dapat menimba ilmu dari mereka.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Az-Zukhruf Ayat 60

Dan sekiranya kami menghendaki, tetapi kami tidak menghendaki dan tidak melakukannya, niscaya kami menjadikan sebahagian di antara kamu malaikat-malaikat yang secara turun temurun dan silih berganti menggantikan kamu di bumi. 61. Dan sungguh dia, yakni nabi isa yang mengagumkan itu yang lahir tanpa ayah, dan dianugerahi kemampuan menghidupkan orang mati serta menyembuhkan berbagai macam penyakit, benar-benar menjadi pertanda akan datangnya hari kiamat. Karena itu, janganlah kamu ragu-ragu sedikit pun tentang kepastian datangnya hari kiamat itu dan ikutilah aku dengan mengikuti ajaran-ajaran yang disampaikan oleh rasul-ku. Inilah jalan yang lurus yang dapat menyelamatkan kamu dari siksaan-ku di dunia dan di akhirat.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Itulah kumpulan penafsiran dari banyak mufassirun berkaitan isi surat Az-Zukhruf ayat 60, semoga bermanfaat bagi ummat. Bantulah dakwah kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Lainnya: Az-Zukhruf Ayat 61 Arab-Latin, Az-Zukhruf Ayat 62 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Az-Zukhruf Ayat 63, Terjemahan Tafsir Az-Zukhruf Ayat 64, Isi Kandungan Az-Zukhruf Ayat 65, Makna Az-Zukhruf Ayat 66

Kategori: Surat Az-Zukhruf

Terkait: « | »

Trending: Surat Yasin, Surat Al-Waqiah, Surat Al-Mulk, Surat Al-Kahfi, Ayat Kursi