Surat Az-Zukhruf Ayat 43

فَٱسْتَمْسِكْ بِٱلَّذِىٓ أُوحِىَ إِلَيْكَ ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ صِرَٰطٍ مُّسْتَقِيمٍ

Arab-Latin: Fastamsik billażī ụḥiya ilaīk, innaka 'alā ṣirāṭim mustaqīm

Terjemah Arti: Maka berpegang teguhlah kamu kepada agama yang telah diwahyukan kepadamu. Sesungguhnya kamu berada di atas jalan yang lurus.

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Az-Zukhruf Ayat 43

Ditemukan pelbagai penafsiran dari beragam ahli ilmu berkaitan makna surat Az-Zukhruf ayat 43, antara lain sebagaimana tercantum:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Maka berpeganglah (wahai rasul) dengan apa yang Allah perintahkan dalam al-qur’an yang telah Dia wahyukan kepadamu. Sesungguhnya kamu berada di atas jalan yang lurus. itulah agama Allah yang Dia perintahkan, yaitu islam.
Disini terkandung peneguhan bagi rasulullah dan sanjungan kepadanya.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

43. Maka berpegang teguhlah -wahai Rasul- dengan apa yang telah diwahyukan kepadamu oleh Rabbmu dan laksanakanlah, sesungguhnya engkau berada pada jalan kebenaran, tidak ada keraguan padanya.


Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

43. Maka berpegang teguhlah dengan Alquran yang telah diwahyukan padamu wahai Rasul. Sekalipun mereka mendustakannya, kamu tetaplah dalam jalan lurus dan agama yang benar.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

43. sedangkan engkau “maka berpegang teguhlah kamu kepada agama yang telah diwahyukan kepadamu,” baik tindakan maupun sifat terhadap sifat yang diperintahkan dan menyeru padanya serta berusaha untuk melaksankannya pada dirimu sendiri dan pada orang lain.
“sesungguhnya kamu berada diatas jalan yang lurus,” yang menghantarkan kepada Allah dan kepada tempat kemuliaanNYa. Inilah yang membuatmu untuk semakin berpegang teguh dan mendapatkan petunjuk bila kau mengetahui bahwa agama itu adalah benar, adil, jujur, berdiri diatas dasar yang kokoh, sementara yang lain membangun kenyamannya diatas keraguan, dugaan, dan kezhaliman.


An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Az-Zukhruf ayat 43: (Maka berpegang teguhlah kamu kepada apa yang telah diwahyukan kepadamu) yakni Alquran. (Sesungguhnya kamu berada di atas jalan) atau tuntunan (yang lurus.)


Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni adapun engkau, maka berpeganglah…dst.

Baik dengan mengerjakannya maupun bersifat dengannya, demikian pula mendakwahkannya dan berusaha mewujudkannya (berpegang teguh itu) baik pada dirimu maupun pada diri orang lain.

Yang menyampaikan kepada Allah dan kepada surga-Nya. Hal ini mengharuskan engkau berpegang kepada agama-Nya dengan kuat dan menjadikannya petunjuk, jika engkau mengetahui bahwa engkau berada di atas yang hak, di atas keadilan, dan kebenaran, dan engkau berada di atas bangunan yang berpondasi kuat, sedangkan orang lain berada di atas bangunan yang mudah roboh; di atas keraguan, persangkaan, dan kezaliman.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Az-Zukhruf Ayat 43

Wahai Muhammad, berpegang teguhlah engkau kepada apa yang telah di wahyukan Allah kepadamu. Dengan demikian, sungguh engkau berada di jalan yang lurus. 44. Dan ketahuilah wahai nabi Muhammad, bahwa sesungguhnya Al-Qur'an yang diturunkan kepadamu itu benar-benar suatu peringatan dan pengajaran yang sangat baik bagimu dan bagi kaummu dan semua yang mengikuti tuntunanmu, dan kelak kamu sekalian akan dimintai pertanggungjawaban.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikian sekumpulan penjelasan dari kalangan ahli ilmu terhadap isi surat Az-Zukhruf ayat 43, moga-moga membawa manfaat bagi kita bersama. Sokonglah dakwah kami dengan mencantumkan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Lainnya: Az-Zukhruf Ayat 44 Arab-Latin, Az-Zukhruf Ayat 45 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Az-Zukhruf Ayat 46, Terjemahan Tafsir Az-Zukhruf Ayat 47, Isi Kandungan Az-Zukhruf Ayat 48, Makna Az-Zukhruf Ayat 49

Kategori: Surat Az-Zukhruf

Terkait: « | »

Trending: Surat Yasin, Surat Al-Waqiah, Surat Al-Mulk, Surat Al-Kahfi, Ayat Kursi