Surat Az-Zukhruf Ayat 19

وَجَعَلُوا۟ ٱلْمَلَٰٓئِكَةَ ٱلَّذِينَ هُمْ عِبَٰدُ ٱلرَّحْمَٰنِ إِنَٰثًا ۚ أَشَهِدُوا۟ خَلْقَهُمْ ۚ سَتُكْتَبُ شَهَٰدَتُهُمْ وَيُسْـَٔلُونَ

Arab-Latin: Wa ja'alul-malā`ikatallażīna hum 'ibādur-raḥmāni ināṡā, a syahidụ khalqahum, satuktabu syahādatuhum wa yus`alụn

Terjemah Arti: Dan mereka menjadikan malaikat-malaikat yang mereka itu adalah hamba-hamba Allah Yang Maha Pemurah sebagai orang-orang perempuan. Apakah mereka menyaksikan penciptaan malaika-malaikat itu? Kelak akan dituliskan persaksian mereka dan mereka akan dimintai pertanggung-jawaban.

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Az-Zukhruf Ayat 19

Terdokumentasi variasi penjelasan dari kalangan mufassirun terhadap makna surat Az-Zukhruf ayat 19, antara lain sebagaimana termaktub:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Orang-orang yang menyekutukan Allah itu menjadikan para malaikat yang merupakan hamba-hamba Allah sebagai anak perempuan, apakah mereka hadir saat Allah menciptakan mereka sehingga mereka berani menetapkan bahwa mereka adalah perempuan? Kesaksian mereka akan ditulis dan ditanyakan kepada mereka di akhirat.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

19. Mereka menyebut Malaikat yang merupakan hamba-hamba Ar-Raḥmān sebagai perempuan. Apakah mereka hadir saat Allah menciptakan mereka sehingga mereka tahu dengan jelas bahwa Malaikat itu perempuan? Persaksian mereka ini akan dicatat oleh para Malaikat, ditanyakan kepada mereka pada hari Kiamat dan mereka akan mendapat siksa karena kedustaan mereka.


Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

19. وَجَعَلُوا۟ الْمَلٰٓئِكَةَ الَّذِينَ هُمْ عِبٰدُ الرَّحْمٰنِ إِنٰثًا ۚ (Dan mereka menjadikan malaikat-malaikat yang mereka itu adalah hamba-hamba Allah Yang Maha Pemurah sebagai orang-orang perempuan)
Yakni ucapan mereka yang menyatakan bahwa para malaikat adalah anak-anak perempuan Allah, mengandung kebatilan yang lain, yaitu ini berarti mereka mengatakan bahwa para malaikat berjenis perempuan.

أَشَهِدُوا۟ خَلْقَهُمْ ۚ( Apakah mereka menyaksikan penciptaan malaika-malaikat itu?)
Apakah mereka ada ketika Allah menciptakan para malaikat sehingga mengetahui bahwa mereka adalah perempuan?

سَتُكْتَبُ شَهٰدَتُهُمْ وَيُسْـَٔلُونَ (Kelak akan dituliskan persaksian mereka dan mereka akan dimintai pertanggung-jawaban)
Yakni dicatat dalam buku catatan amal mereka, agar mereka dibalas atas hal itu.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

19. Orang-orang musyrik menganggap bahwa malaikat adalah hamba Allah yang berkelamin perempuan. Mereka berkata: “Sesungguhnya mereka adalah puteri-puteri Allah” Apakah mereka bisa mendatangkan bukti sehingga mereka (berani) menentukan bahwa para malaikat itu perempuan? Kesaksian atau ucapan mereka akan ditulis dalam catatan amal mereka supaya dapat dibalas. Mereka akan ditanya tentang hal itu pada hari kiamat. Qatadah berkata: “Orang-orang munafik berkata: “Sesungguhnya Allah menikah dengan Jin, lalu lahir di antara mereka para malaikat”. Kemudian ayat ini diturunkan untuk mereka”


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

19. keenam, mereka “menjadikan malaikat-malaikat yang mana mereka itu adalah hamba-hamba Allah yang maha pemurah sebagai oang-orang perempuan,”mereka bersikap sembrono terhadap paa malaikat, para hamba yang mendekatkan dii kepada Allah. Mereka mengangkat mereka drari derajat sebagai hamba dan ketundukan ketingkat sekutu bagi Allah dalam sesuatu yang menjadi kekhusuanNYa seta menurunkan martabat kejantanan paa malaikat ke tingkat feminis. Mahasuci Dzat yang menampakkan keancuan orang yang mendustakanNYa dan menentang rasulNya.
Ketujuh, Allah menolak mereka bahwa mereka tidak menyaksikan penciptaan malaikat, lantas bagaimana mereka membicarakan sesuatu yang telah diketahui semua orang bahwa mereka tidak memilki ilmu? mereka harus ditanyakan tentang kesaksian ini. Persaksian itu dicatat sebagai dosa atas mereka dan mereka akan disiksa karenanya.


An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Az-Zukhruf ayat 19: (Dan mereka menjadikan malaikat-malaikat yang mereka itu adalah hamba-hamba Allah Yang Maha Pemurah sebagai orang-orang perempuan. Apakah mereka menyaksikan) apakah mereka hadir menyaksikan (penciptaan malaikat-malaikat itu? Kelak akan dituliskan persaksian mereka) yang menyatakan bahwa malaikat-malaikat itu adalah orang-orang perempuan (dan mereka akan dimintai pertanggungjawaban) di akhirat kelak tentang perkataan itu, karenanya mereka akan menerima siksaan yang pedih.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yaitu bahwa para malaikat adalah perempuan.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Az-Zukhruf Ayat 19

Allah menegaskan apa yang dinyatakan-Nya di dalam ayat di atas dengan mengatakan bahwa mereka, orang-orang musyrik mekah, menjadikan malaikat-malaikat yang mereka itu hamba-hamba Allah yang maha pengasih yang sangat taat dan senantiasa beribadah kepada-Nya itu sebagai berjenis kelamin perempuan. Apakah mereka menyaksikan sendiri dengan mata kepala mereka atau melalui bukti-bukti yang pasti menyangkut penciptaan mereka, yakni malaikat-malaikat itu pada saat diciptakan ataukah melihat wujud malaikat itu setelah diciptakan' hal itu pastilah tidak akan terjadi. Mereka tidak menyaksikannya. Kelak akan dituliskan di dalam catatan amal mereka oleh malaikat yang ditugaskan untuk itu kesaksian mereka dan akan dimintai pertanggungjawaban di akhirat kelak. 20. Dan hal yang lebih buruk lagi dari sikap mereka adalah ketika mereka berkata, 'sekiranya Allah yang maha pengasih menghendaki agar kami tidak menyembah para malaikat-malaikat itu, tentulah kami tidak menyembah mereka. ' mereka, orang-orang musyrik yang menyatakan bahwa para malaikat itu berjenis kelamin perempuan, tidak mempunyai ilmu sedikit pun tentang itu. Tidak lain mereka hanyalah menduga-duga belaka dan mengada-ada, bahkan mereka berbohong.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikian beragam penjelasan dari banyak ahli ilmu terhadap isi surat Az-Zukhruf ayat 19, semoga memberi kebaikan bagi kita. Dukunglah dakwah kami dengan memberi backlink ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Lainnya: Az-Zukhruf Ayat 20 Arab-Latin, Az-Zukhruf Ayat 21 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Az-Zukhruf Ayat 22, Terjemahan Tafsir Az-Zukhruf Ayat 23, Isi Kandungan Az-Zukhruf Ayat 24, Makna Az-Zukhruf Ayat 25

Kategori: Surat Az-Zukhruf

Terkait: « | »

Trending: Surat Yasin, Surat Al-Waqiah, Surat Al-Mulk, Surat Al-Kahfi, Ayat Kursi