Surat Az-Zukhruf Ayat 17

وَإِذَا بُشِّرَ أَحَدُهُم بِمَا ضَرَبَ لِلرَّحْمَٰنِ مَثَلًا ظَلَّ وَجْهُهُۥ مُسْوَدًّا وَهُوَ كَظِيمٌ

Arab-Latin: Wa iżā busysyira aḥaduhum bimā ḍaraba lir-raḥmāni maṡalan ẓalla waj-huhụ muswaddaw wa huwa kaẓīm

Terjemah Arti: Padahal apabila salah seorang di antara mereka diberi kabar gembira dengan apa yang dijadikan sebagai misal bagi Allah Yang Maha Pemurah; jadilah mukanya hitam pekat sedang dia amat menahan sedih.

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Az-Zukhruf Ayat 17

Ditemukan beraneka penjelasan dari beragam mufassir terkait kandungan surat Az-Zukhruf ayat 17, antara lain sebagaimana berikut:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Bila salah seorang dari mereka diberi kabar gembira dengan kelahiran anak perempuan (yang mereka nisbatkan kepada Allah saat mereka mengatakan bahwa malaikat adalah anak perempuan Allah) maka wajahnya menghitam karena buruknya berita gembira tersebut(baginya), dia bersedih, dadanya penuh dengan kepedihan dan penyesalan. Maka bagaimana mereka bisa menisbatkan sesuatu kepada Allah yang mereka sendiri tidak bisa menerimanya untuk diri mereka? mahatinggi dan maha suci Allah dari apa yang dikatakan oleh orang-orang kafir itu setinggi-tingginya.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

17. Jika salah seorang dari mereka mendapat kabar gembira dengan lahirnya anak perempuan yang mereka nisbahkan kepada Rabb mereka, wajah mereka menjadi hitam pekat karena besarnya kegundahan dan kesedihan serta hatinya dipenuhi dengan kemarahan. Maka bagaimana ia menasabkan kepada Rabbnya sesuatu yang membuatnya marah apabila ia mendapatkannya?


Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

17-19. Jika salah seorang dari orang-orang musyrik itu mendapat kabar kelahiran anaknya berjenis perempuan, maka wajahnya berubah menjadi menghitam karena kesedihan.

Apakah mereka menjadikan bagi Allah anak yang terbiasa berhias sejak kecil dan tidak mampu berdebat karena tidak dapat memberi penjelasan dengan baik? Dan orang-orang musyrik itu menjadikan para malaikat yang senantiasa menyembah Allah itu berjenis perempuan. Apakah mereka menyaksikan penciptaan mereka sehingga mereka dapat menetapkan jenis kelamin mereka? Perkataan dusta mereka itu akan dicatat, dan mereka akan mendapat balasannya di akhirat.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

17. وَإِذَا بُشِّرَ أَحَدُهُم بِمَا ضَرَبَ لِلرَّحْمٰنِ مَثَلًا (apabila salah seorang di antara mereka diberi kabar gembira dengan apa yang dijadikan sebagai misal bagi Allah Yang Maha Pemurah)
Karena anak merupakan misal bagi ayahnya.
Yakni jika salah satu dari mereka dikabarkan bahwa ia mendapat anak perempuan maka mereka merasa sedih yang nampak pada wajahnya.

ظَلَّ وَجْهُهُۥ مُسْوَدًّا(jadilah mukanya hitam pekat)
Yakni wajahnya dari menghitam karena kesedihan dan sakit hati disebebkan kelahiran anak perempuannya padahal dia sangat mengharap anak laki-laki.

وَهُوَ كَظِيمٌ (sedang dia amat menahan sedih)
Yakni penuh dengan kesedihan dan kegalauan.


Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

17. Saat dikabarkan tentang kelahiran anak perempuan kepada salah satu orang musyrik, maka wajahnya akan berubah menjadi hitam padam karena sedih. Dia dipenuhi dengan kesedihan dan kemarahan


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

17. keempat, jenis yang bisa dinasabkan kepada Allah yakni, perempuan adalah jenis yang lebih rendah dan lebih mereka benci, hingga begitu bencinya mereka karena hal itu,”apabila salah seorang di antara mereka diberi kabar gembira dengan apa yang dijadikan sebagai missal bagi Allah Yang Maha Pemurah; jadilah mukanya hitam pekat,” karena ketidaksukaan nya dan kerasnya murka. Lantas bagaimana mereka menjadikan sesuatu yang mereka benci untuk Allah?


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Az-Zukhruf ayat 17: (Padahal apabila salah seorang di antara mereka diberi kabar gembira dengan apa yang dijadikan sebagai misal bagi Allah Yang Maha Pemurah) maksudnya, dijadikan baginya hal serupa dengan apa yang ia nisbatkan kepada Allah, yaitu diberi anakanak perempuan. Atau dengan kata lain, apabila ia diberi berita gembira tentang kelahiran anak perempuannya (jadilah) maka menjadi berubahlah (mukanya hitam) artinya, roman mukanya tampak berubah menjadi kelabu (sedangkan dia amat menahan sedih) penuh dengan kedukaan, maka mengapa mereka berani menisbatkan anak-anak perempuan kepada Allah swt.?


Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Maksud ayat ini ialah apabila dia diberi kabar tentang kelahiran anaknya yang perempuan, mukanya menjadi merah padam karena malu dan dia sangat marah, padahal dia sendiri mengatakan bahwa Allah mempunyai anak perempuan.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Az-Zukhruf Ayat 17

Allah menegaskan apa yang di kecam-Nya di dalam ayat sebelumnya dengan mengatakan bahwa apabila salah seorang di antara mereka, yaitu kaum musyrik mekah yang berkeyakinan seperti itu, di beri kabar gembira dengan kelahiran apa, yaitu anak perempuan, yang di jadikan sebagai perumpamaan bagi al-rahman, Allah yang maha pengasih, jadilah wajahnya hitam pekat karena kejengkelan dan kemarahan menerima kehadiran anak perempuan itu, sedang ia sendiri ketika menerima berita itu amat menahan sedih dan marah. Kalau demikian halnya, mengapa mereka menyatakan bahwa Allah memiliki anak perempuan'18. Lalu Allah mengecam mereka dengan mengatakan bahwa apakah orang, yakni wanita-wanita yang dibesarkan dalam perhiasan, patut dijadikan sebagai anak Allah sedang dia tidak mampu memberi alasan atau penjelasan yang tegas dan jelas dalam pertengkaran.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikian beberapa penjelasan dari kalangan ulama tafsir mengenai makna surat Az-Zukhruf ayat 17, semoga membawa manfaat untuk ummat. Bantulah perjuangan kami dengan memberikan backlink menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Lainnya: Az-Zukhruf Ayat 18 Arab-Latin, Az-Zukhruf Ayat 19 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Az-Zukhruf Ayat 20, Terjemahan Tafsir Az-Zukhruf Ayat 21, Isi Kandungan Az-Zukhruf Ayat 22, Makna Az-Zukhruf Ayat 23

Kategori: Surat Az-Zukhruf

Terkait: « | »

Trending: Surat Yasin, Surat Al-Waqiah, Surat Al-Mulk, Surat Al-Kahfi, Ayat Kursi