Quran Surat Asy-Syura Ayat 35

وَيَعْلَمَ ٱلَّذِينَ يُجَٰدِلُونَ فِىٓ ءَايَٰتِنَا مَا لَهُم مِّن مَّحِيصٍ

Arab-Latin: Wa ya'lamallażīna yujādilụna fī āyātinā, mā lahum mim maḥīṣ

Terjemah Arti: Dan supaya orang-orang yang membantah ayat-ayat (kekuasaan) Kami mengetahui bahwa mereka sekali-kali tidak akan memperoleh jalan ke luar (dari siksaan).

Tafsir Quran Surat Asy-Syura Ayat 35

Orang-orang yang mendebat ayat-ayat Kami yang menetapkan tauhid bagi Kami, dengan cara yang batil, mengetahui bahwa mereka tidak memiliki tempat berlari dan menghindar dari azab Allah bila Allah mengazab mereka atas dosa-dosa dan kekafiran mereka.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

35. Pada saat penghacuran kapal-kapal tersebut dengan angin badai, orang-orang yang membantah ayat-ayat Allah karena ingin membatalkannya mengetahui bahwa mereka tidak mempunyai tempat untuk lari dari kehancuran, sehingga mereka tidak menyeru kecuali kepada Allah dan meniggalkan lain-Nya.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

35. Orang-orang kafir yang membantah dengan kebatilan ayat-ayat qur’aniyah dan kauniyah Kami telah mengetahui bahwa mereka tidak dapat lari dari azab Allah.

Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

35. وَيَعْلَمَ الَّذِينَ يُجٰدِلُونَ فِىٓ ءَايٰتِنَا مَا لَهُم مِّن مَّحِيصٍ (Dan supaya orang-orang yang membantah ayat-ayat (kekuasaan) Kami mengetahui bahwa mereka sekali-kali tidak akan memperoleh jalan ke luar)
Yakni mereka tidak dapat lari atau mendapat tempat kabur.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

35. Allah mengetahui orang-orang yang saling berdebat tentang ayat-ayat kami yang tercantum dalam Al-Qur’an dengan bathil. Mereka adalah orang-orang kafir. Mereka tidak memiliki jalan lari dan jalan keluar dari azab. Ini adalah untuk menjelaskan kekuasaan Allah dan memperingatkan orang-orang kafir di setiap waktu

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

(Dan supaya mengetahui) lafal ayat ini kalau dibaca Rafa' berarti merupakan jumlah Isti'naf atau kalimat baru, kalau dibaca Nashab berarti di'athafkan kepada Ta'lil yang diperkirakan keberadaannya, yaitu; Dia menenggelamkan mereka sebagai pembalasan dari-Nya kepada mereka, dan supaya mengetahui (orang-orang yang membantah ayat-ayat Kami, bahwa mereka sekali-kali tidak akan memperoleh jalan keluar) maksudnya, tempat untuk melarikan diri dari azab Kami. Jumlah Nafi atau lafal Ma Lahum Min Mahiish menduduki tempat dua Maf'ul bagi lafal Ya'lama. Sedangkan Nafinya sendiri di-mu'allaqkan dari amalnya.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Dengan kebatilan mereka.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

'semua kebesaran dan kekuasaan kami itu, ' kata Allah, 'ditunjukkan kepada mereka agar orang-orang yang selalu membantah tanda-tanda kekuasaan kami mengetahui dan menyadari bahwa mereka berada di bawah kekuasaan kami dan tidak akan memperoleh jalan keluar dan menghindarkan diri dari siksaan kami. '36. Sesuatu apa pun yang di berikan kepadamu dari ke nikmatan lahiriah, seperti rezeki harta atau ke nikmatan lain yang di peroleh di dunia ini, maka itu adalah ke senangan hidup di dunia yang di nikmati buat sementara, tidak kekal abadi. Sedangkan apa, yaitu ke nikmatan, yang ada di sisi Allah, yang di anugerahkan kepadamu sebagai balasan atas segala kebaikan yang telah di lakukan di dunia lebih baik dari semua ke nikmatan lahiriah duniawi itu dan lebih kekal di nikmati bagi orang-orang yang beriman. Ke nikmatan duniawi akan berakhir karena kematian dan hanya kepada tuhan mereka, mereka bertawakal, yaitu berserah diri dan menyerahkan segala urusannya setelah mengusahakannya dengan segala kemampuannya.

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Lainnya: Asy-Syura Ayat 36 Arab-Latin, Asy-Syura Ayat 37 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Asy-Syura Ayat 38, Terjemahan Tafsir Asy-Syura Ayat 39, Isi Kandungan Asy-Syura Ayat 40, Makna Asy-Syura Ayat 41

Terkait: « | »

Kategori: 042. Asy-Syura