Surat Asy-Syura Ayat 29

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَمِنْ ءَايَٰتِهِۦ خَلْقُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ وَمَا بَثَّ فِيهِمَا مِن دَآبَّةٍ ۚ وَهُوَ عَلَىٰ جَمْعِهِمْ إِذَا يَشَآءُ قَدِيرٌ

Arab-Latin: Wa min āyātihī khalqus-samāwāti wal-arḍi wa mā baṡṡa fīhimā min dābbah, wa huwa 'alā jam'ihim iżā yasyā`u qadīr

Artinya: Di antara (ayat-ayat) tanda-tanda-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan makhluk-makhluk yang melata Yang Dia sebarkan pada keduanya. Dan Dia Maha Kuasa mengumpulkan semuanya apabila dikehendaki-Nya.

« Asy-Syura 28Asy-Syura 30 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Menarik Terkait Dengan Surat Asy-Syura Ayat 29

Paragraf di atas merupakan Surat Asy-Syura Ayat 29 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada pelbagai kandungan menarik dari ayat ini. Ditemukan pelbagai penjabaran dari beragam ahli tafsir terhadap kandungan surat Asy-Syura ayat 29, di antaranya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Diantara tanda-tanda yang menunjukan kebesaran Allah, kuasa dan kekuasaanNya adalah penciptaan langit dan bumi tanpa contoh sebelumnya dan berbagi jenis makhluk bergerak (bernyawa) yang Dia tebarkan di muka bumi, dan Dia mahakuasa jika Dia berkehendak untuk mengumpulkan seluruh makhluk setelah mereka semuanya mati di hari kiamat, tidak ada sesutupun yang sulit bagi Allah.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

29. Di antara tanda-tanda yang menunjukkan kekuasaan Allah dan keesaan-Nya adalah penciptaan langit dan bumi serta apa yang Dia sebarkan pada keduanya berupa makhluk-makhluk yang mengagumkan. Dia Mahakuasa mengumpulkan mereka untuk memberi balasan kapan saja Dia kehendaki, tidak susah bagi-Nya untuk melakukan hal itu sebagaimana tidak susah pula bagi-Nya untuk menciptakan mereka dari awal.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

29. وَمَا بَثَّ فِيهِمَا مِن دَآبَّةٍ ۚ (dan makhluk-makhluk yang melata Yang Dia sebarkan pada keduanya)
Terdapat pendapat mengatakan bahwa yang dimaksud adalah Allah menyebar makhluk-makhluk di bumi saja. [aku katakan: secara tekstual ayat ini menjelaskan bahwa Allah menciptakan pula makhluk-makhluk melata di langit, bisa jadi terdapat sebagian planet yang dapat dihuni oleh makhluk hidup]

وَهُوَ عَلَىٰ جَمْعِهِمْ(Dan Dia Maha Kuasa mengumpulkan semuanya)
Yakni Allah mengumpulkan mereka di langit.

إِذَا يَشَآءُ قَدِيرٌ(apabila dikehendaki-Nya)
Yakni Allah mengumpulkan makhluk-makhluk melata itu dari tempat-tempatnya jika Dia menghendaki, dan Dia memiliki kemampuan penuh untuk melakukan itu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

29. Salah satu tanda kekuasaan Allah: Dia menciptakan tujuh langit dan bumi, dan menyebarkan di dalamnya berbagai jenis hewan yang merayap di muka bumi dan bergerak di setiap langit. Dia Maha Kuasa untuk mengumpulkan seluruh makhluk-Nya jika Dia menghendaki hal itu, tidak ada yang sulit bagi-Nya.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

29. Di antara bukti-bukti kekuasaan Allah adalah langit dan bumi yang diciptakan dengan sangat menakjubkan ini, dan adanya makhluk hidup yang beragam dan tersebar di antara keduanya. Dia sangat mampu untuk mengumpulkan semuanya pada hari kiamat, jika berkehandak


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Di antara tanda-tandaNya adalah penciptaan langit dan bumi serta apa yang Dia sebarkan} Dia sebarkan {pada keduanya berupa makhluk-makhluk melata. Dia Maha kuasa mengumpulkan semuanya apabila Dia menghendaki


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 29-31
Firman Allah SWT: (Dan di antara tanda-tanda-Nya) yang menunjukkan atas kebesaran dan kekuasaanNya yang agung serta pengaruhNya yang mengalahkan segalanya (ialah menciptakan langit dan bumi dan makhluk-makhluk yang Dia sebarkan pada keduanya) yaitu Dia memenuhi langit dan bumi (berupa makhluk yang melata) Hal ini mencakup malaikat, manusia, jin, dan semua hewan yang beragam bentuk, warna, bahasa, watak, dan jenisnya. Allah SWT telah menyebarkan mereka di seluruh kawasan langit dan bumi (Dan Dia) yaitu dengan semua itu (Maha Kuasa mengumpulkan semuanya apabila dikehendaki-Nya) yaitu pada hari kiamat, Dia mengumpulkan semuanya dari yang pertama hingga yang terakhir dan semua makhluk di suatu lapangan. Dia membuat mereka mendengar penyeru dan membuat mereka bisa melihat. lalu Allah memutuskan hukum di antara mereka dengan hukumNya yang Maha Adil dan Maha Benar.
Firman Allah: (Dan apa saja musibah yang menimpa kamu, maka disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri) yaitu bagaimanapun kalian ditimpa musibah, wahai manusia, sesungguhnya itu hanyalah karena keburukan yang kalian sudah kalian lakukan (Dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)) yaitu, keburukan-keburukan, maka Dia tidak membalas kalian atas hal itu, bahkan Dia memaafkannya. (Dan kalau sekiranya Allah menyiksa manusia disebabkan usahanya, niscaya Dia tidak akan meninggalkan di atas permukaan bumi suatu makhluk yang melata pun) (Surah Fathir: 45)


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Asy-Syura ayat 29: (Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan) menciptakan (apa yang Dia sebarkan) Dia sebar ratakan (pada keduanya, yaitu berupa makhluk yang melata) pengertian Ad-Dabbah ialah makhluk yang menempati bumi, yaitu manusia dan lain-lainnya. (Dan Dia untuk mengumpulkan semuanya) mengumpulkan semua makhluk untuk dihadapkan kepada-Nya (Maha Kuasa jika dikehendaki-Nya) Dhamir Hum yang terdapat pada lafal Jam'ihim lebih memprioritaskan makhluk yang berakal daripada makhluk lainnya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni termasuk dalil yang menunjukkan kekuasaan-Nya yang besar dan bahwa Dia akan menghidupkan orang yang telah mati setelah matinya.

Dengan keadaannya yang luas dan besar yang menunjukkan kekuasaan-Nya dan luas-Nya kerajaan-Nya. Apa yang tampak pada keduanya berupa kerapihan dan keindahan menunjukkan kebijaksanaan-Nya. Demikian pula apa yang ada pada keduanya berupa berbagai manfaat dan maslahat menunjukkan rahmat-Nya, dan bahwa hal itu menunjukkan bahwa Dia berhak ditujukan berbagai ibadah, dan bahwa peribadahan kepada selain-Nya adalah batil.

Sebagai maslahat dan manfaat bagi hamba-hamba-Nya.

Setelah mereka mati di padang mahsyar pada hari Kiamat.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Asy-Syura Ayat 29

Dan ketahuilah wahai seluruh manusia bahwa di antara tanda-tanda kebesaran dan kekuasaan-Nya adalah penciptaan langit dengan segala perhiasannya dan bumi yang terhampar dengan aneka macam isinya, yang kesemuanya di ciptakan dengan bentuk dan sistem yang sangat teliti. Dan juga menjadi tanda kekuasaan-Nya adalah penciptaan makhluk-makhluk yang melata yang dia sebarkan pada keduanya. Dan dia mahakuasa untuk mengumpulkan mereka semuanya apabila dia kehendaki, di mana pun atau kapan pun. 30. Pada ayat yang lalu, Allah telah menunjukkan beberapa kebaikan sebagai anugerah yang bersumber dari-Nya. Pada ayat ini, Allah menyatakan bahwa musibah yang kamu peroleh adalah akibat perbuatanmu sendiri. Allah berfirman, 'dan musibah apa pun yang menimpa kamu, kapan dan di manapun, adalah di sebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri. Itu semua karena kecerobohan, kesalahan, dan kemaksiatan yang kamu lakukan sendiri, dan walaupun begitu, Allah tetap memaafkan banyak dari kesalahan-kesalahanmu itu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian kumpulan penjabaran dari para ahli ilmu berkaitan makna dan arti surat Asy-Syura ayat 29 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah bagi kita bersama. Sokong usaha kami dengan memberikan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Terbanyak Dikaji

Nikmati berbagai topik yang terbanyak dikaji, seperti surat/ayat: Al-Qalam, An-Najm 39-42, Ar-Ra’d 31, Al-Anbiya 19, Al-Baqarah 261, Ar-Rahman 33. Ada pula Ali Imran 26-27, Al-Hujurat 11, Al-‘Ashr 3, Al-Baqarah 282, Al-Baqarah 285, Al-Ahzab 43.

  1. Al-Qalam
  2. An-Najm 39-42
  3. Ar-Ra’d 31
  4. Al-Anbiya 19
  5. Al-Baqarah 261
  6. Ar-Rahman 33
  7. Ali Imran 26-27
  8. Al-Hujurat 11
  9. Al-‘Ashr 3
  10. Al-Baqarah 282
  11. Al-Baqarah 285
  12. Al-Ahzab 43

Pencarian: surat al muzzamil, surah al ikhlas ayat 3, surah an-nasr artinya, tulisan innalillahi wa inna ilaihi rojiun, al anfal 2-4

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: