Surat Fussilat Ayat 51

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَإِذَآ أَنْعَمْنَا عَلَى ٱلْإِنسَٰنِ أَعْرَضَ وَنَـَٔا بِجَانِبِهِۦ وَإِذَا مَسَّهُ ٱلشَّرُّ فَذُو دُعَآءٍ عَرِيضٍ

Arab-Latin: Wa iżā an'amnā 'alal-insāni a'raḍa wa na`ā bijānibih, wa iżā massahusy-syarru fa żụ du'ā`in 'arīḍ

Artinya: Dan apabila Kami memberikan nikmat kepada manusia, ia berpaling dan menjauhkan diri; tetapi apabila ia ditimpa malapetaka, maka ia banyak berdoa.

« Fussilat 50Fussilat 52 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Berharga Terkait Dengan Surat Fussilat Ayat 51

Paragraf di atas merupakan Surat Fussilat Ayat 51 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam tafsir berharga dari ayat ini. Terdapat aneka ragam penafsiran dari para mufassirun mengenai makna surat Fussilat ayat 51, antara lain seperti terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Bila Kami memberikan kenikmatan kepada manusia dengan kesehatan atau rizki atau lainya, maka dia berpaling dan menyombongkan diri sehingga dia menolak kepada kebenaran. Bila dia ditimpa kesulitan, maka dia banyak berdo’a kepada Allah agar mengangkat kesulitanya. Dia mengetahui Tuhanya saat dia berada dalam keadaan susah dan tidak mengenalNya dalam keadaan senang.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

51. Dan jika Kami memberi kenikmatan kepada manusia, maka dia berpaling dari rasa syukur kepada Allah Yang telah memberi kenikmatan; namun jika dia tertimpa musibah maka dia akan banyak berdoa.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

51. Jika Kami memberi manusia nikmat berupa kesehatan, keselamatan dan yang sepertinya, maka manusia lalai dari mengingat Allah maupun menaati-Nya, dia berpaling ke samping dengan kesombongan. Namun bila manusia ditimpa musibah berupa penyakit, kemiskinan dan yang sepertinya, maka ia akan berdoa kepada Allah berulang kali, mengadukan apa yang menimpanya kepada Allah agar Allah mengangkatnya, ia tidak bersyukur kepada Rabbnya bila Rabbnya memberinya kenikmatan, ia tidak sabar atas ujian Rabbnya manakala Dia mengujinya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

51. وَإِذَآ أَنْعَمْنَا عَلَى الْإِنسٰنِ (Dan apabila Kami memberikan nikmat kepada manusia)
Ini merupakan tabiat manusia secara umum.

أَعْرَضَ(ia berpaling)
Yakni berpaling dari rasa syukur.

وَنَـَٔا بِجَانِبِهِۦ(dan menjauhkan diri)
Yakni angkuh dan sombong serta enggan untuk melakukan ketaatan.

وَإِذَا مَسَّهُ الشَّرُّ(tetapi apabila ia ditimpa malapetaka)
Yakni musibah, kesulitan, kemiskinan, dan penyakit.

فَذُو دُعَآءٍ عَرِيضٍ(maka ia banyak berdoa)
Yakni jika dia tertimpa keburukan maka dia tunduk kepada Allah dan memohon pertolongan dari-Nya dengan harapan dapat diangkat apa yang telah menimpanya, dia akan berulang-ulang melakukan ini. Dia mengingat Allah dikala tertimpa musibah dan melupakan-Nya dikala lapang; dia memohon pertolongan ketika musibah datang dan meninggalkan-Nya ketika mendapat kenikmatan. Ini merupakan perbuatan orang-orang kafir, serta orang-orang Islam yang tidak kokoh dalam agamanya.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

51. Jika kami memberi nikmat kepada manusia, maka dia akan tidak bersyukur kepada yang memberi nikmat itu dan enggan menerima kebenaran. Dan jika dia tertimpa musibah berupa kefakiran atau sakit maka dia akan banyak-banyak berdoa secara terus-menerus. Ayat-ayat ini diturunkan untuk orang-orang kafir seperti Walid bin Mughirah dan Utbah bin Rabi’ah.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Apabila Kami menganugerahkan kenikmatan kepada manusia, niscaya dia berpaling dan menjauhkan diri} menjauhkan diri dari rasa syukur kepada Allah dan ketaatan kepadaNya, karena sombong {dan apabila kesusahan menimpanya, dia akan banyak berdoa} orang yang banyak berdoa agar diangkat kemudharatannya


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

51. “Dan apabila Kami memberikan nikmat kepada manusia,” berupa kesehatan, rizki, atau lainnya “ia berpaling” dari Rabbnya dan dari mensyukuriNya, “dan menjauhkan diri,” maksudnya, menghindarkan diri “di sampingNya,” dengan sukap takjub dan sombong. “Tetapi apabila ia ditimpa malapetaka,” maksudnya, penyakit, kefakiran, atau lainnya, “maka ia banyak berdoa,” sangat sering sekali berdoa karena tidak mempunyai kesabaran.
Tidak ada kesabaran saat ditimpa kesusahan dan tidak ada syukur saat mendapat kelapangan, kecuali orang yang diberi hidayah oleh Allah dan diberi karuniaNYa.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 49-51
Allah SWT berfitamn bahwa manusia itu tidak bosan berdoa kepada Tuhannya memohon kebaikan, yaitu harta, kesehatan tubuh, dan hal lainnya. (Dan jika dirinya tertimpa keburukan) yaitu malapetaka atau kemiskinan (dia menjadi putus asa lagi putus harapan) yaitu dalam pikirannya timbul perasaan bahwa dia tidak siap setelah kebaikan ini.
(Dan jika Kami merasakan kepadanya sesuatu rahmat dari Kami sesudah dia ditimpa kesusahan, pastilah dia berkata, "Ini adalah hakku”) yaitu apabila dia mendapat kebaikan dan rezeki setelah kesengsaraan, maka dia benar-benar berkata bahwa kebaikan ini memang berhak aku terima menurut Tuhanku (dan aku tidak yakin bahwa hari kiamat itu akan datang) yaitu dia ingkar kepada terjadinya hari kiamat, yaitu hanya karena dia diberi nikmat, maka dia langsung bersifat angkuh, sombong, dan kafir. Sebagaimana Allah SWT berfirman: (Ketahuilah! Sesungguhnya manusia benar-benar melampaui batas (6) karena dia melihat dirinya serba cukup (7)) (Surah Al-'Alaq)
(Dan jika aku dikembalikan kepada Tuhanku, maka sesungguhnya aku akan memperoleh kebaikan pada sisi-Nya) yaitu jika memang ada hari kebangkitan, niscaya Tuhanku akan berbuat baik kepadaku sebagaimana Dia telah berbuat baik kepadaku di dunia ini. Dia mengharapkan kebaikan dari Allah, padahal dia amal perbuatannya buruk dan tidak yakin. Allah SWT berfirman: (Maka Kami benar-benar akan memberitakan kepada orang-orang kafir apa yang telah mereka kerjakan dan akan Kami rasakan kepada mereka azab yang keras) Allah SWT mengancam orang yang amal perbuatan dan keyakinannya demikian dengan siksaan dan pembalasan. Kemudian Allah SWT berfirman: (Dan apabila Kami memberikan nikmat kepada manusia, ia berpaling dan menjauhkan diri) yaitu berpaling dari ketaatan, dan enggan menuruti perintah-perintah Allah SWT, sebagaimana firmanNya: (Maka dia berpaling (dari iman) bersama tentaranya) (Surah Adz-Dzariyat: 39)
(tetapi apabila ia ditimpa malapetaka) yaitu kesengsaraan (maka ia banyak berdoa) yaitu memperpanjang permintaannya hanya karena meminta sesuatu. yaitu, dia mengucapkan doa yang panjang, padahal maknanya sedikit. Sedangkan kebalikannya adalah doa yang ringkas dan menunjukkan maknannya. Allah SWT berfirman: (Dan apabila manusia ditimpa bahaya, dia berdoa kepada Kami dalam keadaan berbaring, duduk, atau berdiri. Tetapi setelah Kami hilangkan bahaya itu darinya, dia (kembali) melalui Galaunya yang sesat) seolah-olah dia tidak pernah berdoa kepada Kami untuk (menghilangkan) bahaya yang telah menimpanya) (Surah Yunus: 12)


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Fussilat ayat 51: (Dan apabila Kami berikan nikmat kepada manusia) yang dimaksud adalah jenis manusia (ia berpaling) tidak mau bersyukur (dan menjauhkan diri) yakni memutarkan badannya seraya menyombongkan diri; menurut suatu qiraat lafal Na-aa dibaca dengan didahulukan huruf Hamzahnya (tetapi apabila ia ditimpa malapetaka maka ia banyak berdoa) banyak permintaannya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Seperti kesehatan dan rezeki.

Dari Tuhannya dan dari bersyukur kepada-Nya.

Seperti sakit, kemiskinan dan lainnya.

Yakni karena tidak kuat bersabar di samping keadaannya yang tidak bersyukur saat mendapatkan kesenangan.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Fussilat Ayat 51

Dan demikian pula halnya apabila kami berikan nikmat dan berbagai kebajikan kepada manusia, dia berpaling dari kami dengan mengingkari nikmat-nikmat itu dan menjauhkan diri dari ajaran-ajaran kami dengan sombong. Akan tetapi, apabila ditimpa malapetaka sebagai peringatan atas keingkaran dan kesombongan mereka, maka dia banyak berdoa dengan doa yang panjang. 52. Ayat ini menggambarkan kesesatan orang-orang yang mengingkari Al-Qur'an. Katakanlah kepada mereka, wahai nabi Muhammad, 'bagaimana pendapatmu jika dia, yakni Al-Qur'an, yang kamu tolak tuntunannya dan keberadaannya itu benar-benar datang dari sisi Allah, kemudian kamu mengingkarinya. Jika demikian halnya, maka siapakah yang lebih sesat daripada orang yang selalu berada dalam penyimpangan yang jauh dari kebenaran seperti keadaan kamu'' pastilah tidak ada yang lebih sesat.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian kumpulan penafsiran dari berbagai ahli ilmu berkaitan makna dan arti surat Fussilat ayat 51 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa manfaat bagi kita bersama. Sokonglah syi'ar kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Paling Banyak Dikunjungi

Terdapat banyak topik yang paling banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 282, Ar-Rahman 33, Al-Hujurat 11, Ar-Ra’d 31, Al-Baqarah 261, Al-‘Ashr 3. Ada pula Al-Baqarah 285, Al-Qalam, Al-Anbiya 19, Al-Ahzab 43, An-Najm 39-42, Ali Imran 26-27.

  1. Al-Baqarah 282
  2. Ar-Rahman 33
  3. Al-Hujurat 11
  4. Ar-Ra’d 31
  5. Al-Baqarah 261
  6. Al-‘Ashr 3
  7. Al-Baqarah 285
  8. Al-Qalam
  9. Al-Anbiya 19
  10. Al-Ahzab 43
  11. An-Najm 39-42
  12. Ali Imran 26-27

Pencarian: al adiyat ayat 7, quran surat al furqan ayat 63, surat al-ahzab ayat 35, surat al ashr ayat 3 dan artinya, surat al hasyr ayat 22 23 24

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: