Surat Fussilat Ayat 18

وَنَجَّيْنَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَكَانُوا۟ يَتَّقُونَ

Arab-Latin: Wa najjainallażīna āmanụ wa kānụ yattaqụn

Terjemah Arti: Dan Kami selamatkan orang-orang yang beriman dan mereka adalah orang-orang yang bertakwa.

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Fussilat Ayat 18

Tersedia beberapa penjabaran dari kalangan ulama tafsir mengenai isi surat Fussilat ayat 18, antara lain sebagaimana tertera:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan Kami menyelamatkan orang-orang beriman dari azab yang menimpa Ad dan Tsamud, dan orang-orang yang selamat itu adalah orang-orang yang takut kepada Allah dan bertakwa kepadaNya.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

18. Dan Kami menyelamatkan orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasul-rasul-Nya. Mereka bertakwa kepada Allah dengan melaksanakan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya. Kami menyelamatkan mereka dari azab yang menimpa kaum mereka.


Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

18. وَنَجَّيْنَا الَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَكَانُوا۟ يَتَّقُونَ (Dan Kami selamatkan orang-orang yang beriman dan mereka adalah orang-orang yang bertakwa)
Mereka adalah Nabi Shalih dan orang-orang beriman yang bersamanya.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

18. Kami menolong orang-orang mukmin yang bertakwa. Mereka adalah orang shalih dan beriman kepada risalahnya


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

18. “Dan Kami selamatkan oang-oang yang beriman dan mereka adalah orang-orang yang bertakwa.” Maksudnya, kami selamatkan Nabi Shaleh dan orang-orang yang mengikuti beliau dari orang-orang yang beriman yang menghindarkan diri dari syirrik dan maksiat.


An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Fussilat ayat 18: (Dan Kami selamatkan) dari azab itu (orang-orang yang beriman dan mereka adalah orang-orang yang bertakwa.)


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni Nabi Saleh dan para pengikutnya dari kalangan kaum mukmin.

Yakni menjaga dirinya dari syirk dan maksiat.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Fussilat Ayat 18

Setelah menjelaskan azab yang ditimpakan kepada kaum 'ad dan Samud yang mendurhakai nabinya masing-masing, Allah lalu menjelaskan keadaan nabi hud dan nabi saleh beserta para pengikutnya. Allah berfirman, 'dan kami selamatkan kedua nabi itu, nabi hud dan nabi saleh, beserta orang-orang beriman yang menjadi pengikut keduanya karena mereka adalah orang-orang yang senantiasa bertakwa dengan melaksanakan segala yang kami perintahkan dan meninggalkan apa yang kami larang. 19. Ayat-ayat sebelum ini berbicara tentang azab dan siksaan yang ditimpakan kepada kaum pendurhaka ketika mereka masih di dunia, dan mengisyaratkan bahwa siksaan di akhirat jauh lebih dahsyat dan menghinakan. Ayat-ayat berikut menjelaskan bagaimana penggambaran azab akhirat tersebut. Dan ingatkanlah kaum kafir mekah itu, wahai nabi Muhammad, bahwa pada hari kiamat ketika mereka musuh-Musuh Allah itu, seperti kaum 'ad dan 'amud, digiring dengan kasar dan tanpa belas kasihan oleh para malaikat ke dalam neraka lalu mereka dipisah-pisahkan.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Itulah kumpulan penjabaran dari banyak ulama tafsir terhadap kandungan surat Fussilat ayat 18, moga-moga menambah kebaikan untuk ummat. Bantu syi'ar kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Lainnya: Fussilat Ayat 19 Arab-Latin, Fussilat Ayat 20 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Fussilat Ayat 21, Terjemahan Tafsir Fussilat Ayat 22, Isi Kandungan Fussilat Ayat 23, Makna Fussilat Ayat 24

Kategori: Surat Fussilat

Terkait: « | »

Trending: Surat Yasin, Surat Al-Waqiah, Surat Al-Mulk, Surat Al-Kahfi, Ayat Kursi