Surat Fussilat Ayat 3

كِتَٰبٌ فُصِّلَتْ ءَايَٰتُهُۥ قُرْءَانًا عَرَبِيًّا لِّقَوْمٍ يَعْلَمُونَ

Arab-Latin: Kitābun fuṣṣilat āyātuhụ qur`ānan 'arabiyyal liqaumiy ya'lamụn

Terjemah Arti: Kitab yang dijelaskan ayat-ayatnya, yakni bacaan dalam bahasa Arab, untuk kaum yang mengetahui,

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Fussilat Ayat 3

Terdokumentasi berbagai penjelasan dari para mufassirin terhadap kandungan surat Fussilat ayat 3, sebagiannya sebagaimana berikut:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Sebuah kitab yang ayat-ayatnya dijelaskan dengan sempurna, serta makna-makna dan hukum-hukumnya diterangkan dengan baik, yang merupakan bacaan dalam bahasa Arab yang mudah untuk dipahami bagi kaum yang mengetahui bahasa Arab.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

3. Suatu kitab yang ayat-ayatnya dijelaskan dengan penjelasan paling jelas dan paling sempurna, dijadikan Al-Qur`ān dengan bahasa Arab bagi kaum yang mengetahui, karena mereka adalah orang-orang yang mengambil manfaat dari makna-maknanya dan kandungannya yang merupakan petunjuk menuju kebenaran.


Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

3-4. Ia merupakan kitab yang ayat-ayat dan hukum-hukumnya dijelaskan dengan sejelas-jelasnya, dan ia menggunakan bahasa Arab yang fasih dengan makna-maknanya yang mudah difahami dan lafazh-lafazhnya yang jelas dan sempurna bagi orang-orang yang mengetahui bahwa ia mengandung kalam dan hukum terbaik. Ia merupakan pemberi kabar gembira bagi orang-orang beriman berupa surga-surga yang penuh dengan kenikmatan, dan pemberi peringatan bagi orang-orang kafir berupa azab neraka. Akan tetapi kebanyakan hamba berpaling darinya, mereka tidak mendengarkannya dengan menghayati petunjuk dan hukum yang dikandungnya.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

3. كِتٰبٌ فُصِّلَتْ ءَايٰتُهُۥ (Kitab yang dijelaskan ayat-ayatnya)
Yakni dijelaskan antara hukum halal dan haramnya, ketaatan dan kemaksiatan, dan dijadikan maknanya jelas dan mudah dipahami.

قُرْءَانًا عَرَبِيًّا(yakni bacaan dalam bahasa Arab)
Yakni ayat-ayatnya dijelaskan dengan bahasa Arab, yakni dengan bahasa orang-orang Arab, agar menjadi peringatan bagi mereka, serta sebagai hujjah dan nikmat untuk mereka.

لِّقَوْمٍ يَعْلَمُونَ (untuk kaum yang mengetahui)
Yakni mengetahui bahwa al-Qur’an diturunkan oleh Allah, dan kaum yang meyakini hal itu.
Adapun orang yang tidak meyakininya maka tidak ada baginya kenikmatan, namun ia telah tertimpa kebutaan.


Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

3. Al-Qur’an ini adalah kitab yang hukum-hukum halal-haramnya dijelaskan dan makna-maknanya diterangkan supaya kamu bisa memahaminya dengan mudah dan gampang. Keberadaan Al-Qur’an yang menggunakan bahasa Arab dalam lafadz dan susunannya itu merupakan pengingat dan hujjah bagi mereka, yaitu kaum yang mengetahui kekuasaanNya


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

3. kemudian Allah menyanjung al-qur’an ini dengan kesempurnaan penjelasan, seraya berfirman, ”yang dijelaskan ayat-ayatnya,” artinya, yang dijelaskan segala sesuatu dari macam-macamnya satu-persatu. Ini mengharuskan penjelasan yang sempurna dan pembedaan antara segala sesuatu serta pemilahan hal-hal yang sesungguhnya, ”yakni bacaan dalam bahasa Arah,” maksudnya, dengan bahasa yang fasih, bahasa yang paling sempurna. Ayat-ayatnya dijelaskan dan dijadikan dalam bahasa arab, “untuk kaum yang mengetahui,” maksudnya, supaya maknanya jelas bagi mereka sebagimana lafaznya, supaya petunjuknya jelas (dapat dipisahkan) dari kesesatan dan yang bengkok dari yang lurus. Adapun orang-orang yang bodoh yang petunjuk malah makin membuat mereka sesat, dan penjelasan makin membuat mereka buta, maka al-kalam (al-qur’an) ini tidak dimaksudkan untuk mereka, dan “ sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka juga tidak akan beriman,” (al-baqarah:6)


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Fussilat ayat 3: (Kitab) lafal ayat ini menjadi Khabar Mubtada (yang dijelaskan ayat-ayatnya) maksudnya, dijelaskan di dalamnya hukumhukum, kisah-kisah dan nasihat-nasihat (yakni bacaan dalam bahasa Arab) lafal Qur-aanan berikut sifatnya menjadi Haal atau kata keterangan keadaan dari lafal Kitaabun (untuk kaum) berta'alluq kepada lafal Fushshilat (yang mengetahui) artinya, bagi mereka yang mengerti, yaitu orang-orang Arab.


Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Selanjutnya Allah memuji kitab-Nya karena begitu jelasnya.

Dengan hukum-hukum, kisah-kisah dan nasihat-nasihat. Syaikh As Sa’diy, menafsirkan kata “fushshilat” dengan dipisahkan segala sesuatu secara sendiri-sendiri. Hal ini menunjukkan penjelasannya yang sempurna, pemisahan antara yang satu dengan yang lain, serta memisahkan berbagai hakikat.

Yakni dengan bahasa Arab yang fasih lagi sempurna.

Maksudnya, agar jelas bagi mereka maknanya sebagaimana jelas lafaznya dan agar jelas petunjuk dari yang sesat. Adapun orang-orang yang jahil (tidak mengetahui), maka petunjuk tidaklah menambah mereka selain kesesatan dan penjelasan tidaklah menambah bagi mereka selain kebutaan, maka ayat ini tidaklah diarahkan untuk mereka, karena sama saja bagi mereka baik engkau berikan peringatan atau tidak, mereka tidak juga akan beriman.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Fussilat Ayat 3

Kitab itu adalah Al-Qur'an yang dalam ayat-ayatnya dijelaskan semua yang diperlukan oleh manusia untuk meraih kebahagiaan hidup dunia-wi dan ukhrawi, bacaan yang mulia dalam bahasa arab, sebagai petunjuk untuk kaum yang mau dan berpotensi mengetahui. 4. Al-qur'an itu adalah kitab yang membawa berita gembira bagi orang-orang yang beriman dan beramal saleh, dan peringatan bagi orang-orang yang membuat kerusakan di muka bumi, tetapi sangat disayang-kan karena kebanyakan dari mereka orang-orang yang membuat kerusakan itu berpaling dari petunjuk-Nya serta hal itulah yang membuat mereka tidak mendengarkan yakni tidak menyambut berita gembira dan per-ingatan itu.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Itulah sekumpulan penafsiran dari banyak mufassirun berkaitan makna surat Fussilat ayat 3, moga-moga membawa faidah untuk kita. Bantu dakwah kami dengan memberikan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Lainnya: Fussilat Ayat 4 Arab-Latin, Fussilat Ayat 5 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Fussilat Ayat 6, Terjemahan Tafsir Fussilat Ayat 7, Isi Kandungan Fussilat Ayat 8, Makna Fussilat Ayat 9

Kategori: Surat Fussilat

Terkait: « | »

Trending: Surat Yasin, Surat Al-Waqiah, Surat Al-Mulk, Surat Al-Kahfi, Ayat Kursi