Surat Al-Mu’min Ayat 45

فَوَقَىٰهُ ٱللَّهُ سَيِّـَٔاتِ مَا مَكَرُوا۟ ۖ وَحَاقَ بِـَٔالِ فِرْعَوْنَ سُوٓءُ ٱلْعَذَابِ

Arab-Latin: Fa waqāhullāhu sayyi`āti mā makarụ wa ḥāqa bi`āli fir'auna sū`ul-'ażāb

Terjemah Arti: Maka Allah memeliharanya dari kejahatan tipu daya mereka, dan Fir'aun beserta kaumnya dikepung oleh azab yang amat buruk.

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Al-Mu’min Ayat 45

Ditemukan aneka ragam penafsiran dari para mufassir berkaitan makna surat Al-Mu’min ayat 45, sebagiannya sebagaimana tertera:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Maka Allah melindungi laki-laki beriman lagi diberi taufik itu dari siksa yang ditimpakan oleh Fir’aun dan bala tentaranya, sebaliknya Fir’aun dan bala tentaranya ditimpa azab terburuk di mana Allah menenggelamkan mereka semuanya.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

45. Maka Allah menjaganya dari keburukan makar kaumnya manakala mereka hendak membunuhnya. Lalu azab penenggelaman menimpa kaum Firaun. Allah menenggelamkannya dan seluruh bala tentaranya di dunia.


Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

45-46. Dan berkat nasehat ini, dia terlindungi dari siksaan Allah yang menimpa Fir’aun dan kaumnya akibat tipu daya mereka. Mereka dibinasakan dengan tenggelam di laut; kemudian mereka akan mendapatkan azab di alam kubur, neraka akan ditampakkan kepada mereka setiap pagi dan petang hingga hari kiamat. Dan ketika hari kiamat telah datang, Allah akan menyuruh para malaikat: “Masukkanlah kaum Fir’aun ke dalam neraka yang memiliki azab yang sangat berat.”


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

45. فَوَقَىٰهُ اللهُ سَيِّـَٔاتِ مَا مَكَرُوا۟ ۖ (Maka Allah memeliharanya dari kejahatan tipu daya mereka)
Yakni Allah melindunginya dari rencana buruk yang mereka timpakan kepadanya.

وَحَاقَ بِـَٔالِ فِرْعَوْنَ سُوٓءُ الْعَذَابِ(dan Fir’aun beserta kaumnya dikepung oleh azab yang amat buruk)
Yakni azab buruk mengepung dan menimpa mereka. Mereka telah diazab di dunia dengan ditenggelamkan ke laut, dan mereka akan diazab di akhirat dengan api neraka.


Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

45. Lalu Allah memelihara dan menjaganya dari tipu daya mereka dan keburukan sesuatu yang mereka inginkan. Lalu azab yang buruk turun dan meliputi Fir’aun dan pasukan-pasukannya dengan menenggelamkan mereka di dunia dan memasukkan mereka ke neraka saat berada di akhirat


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

45-46. “Maka Allah memeliharanya dari kejahatan tipu daya mereka”. Allah Yang Mahakuat lagi Maha Pengasih memelihara lelaki beriman yang mendapat hidayah itu dari keburukan apa yang telah direncanakan Firaun, dan Allah melindunginya dai rencana Firaun untuk membunuh dan membinasakannya karena ia telah menampakan kepada mereka sikap yang tidak mereka sukai dan ia menampakkan kepada mereka bahwa ia berpihak kepada Nabi Musa, ia mengajak mereka kepada apa yang diserukan oleh Nabi Musa.
Ini adalah pekara yang mereka tidak sanggup melakukannya padahal pada saat itu mereka adalah orang-orang yang berkuasa. Lelaki ini telah membuat mereka sangat marah dan jengkel kepadanya.
Maka dari itu mereka hendak malakukan tipudaya terhadapnya, namun Allah melindunginya dari tipudaya dan rencana jahat mereka. Tipudaya dan rencana jahat mereka berbalik menimpa mereka sendiri. “Dan Firaun beserta kaumnya dikepung oleh azab yang amat buruk.” Allah menenggelamkan mereka semuanya dalam satu pagi hari, dan di alam barzakh kemudian, “kepada mereka ditampakan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya Kiamat (dikatakan kepada malaikat), ‘masukanlah Firaun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras’.” Itulah siksaan dan hukuman yang sangat keji yang ditimpakan terhadap orang-orang yang mendustkan para utusan Allah dan membangkang terhadap perintahNya.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Mu’min ayat 45: (Maka Allah memeliharanya dari kejahatan tipu daya mereka) terhadap dirinya, yaitu mereka merencanakan akan membunuhnya (dan turunlah) menimpa (kepada keluarga Firaun) maksudnya, kepada kaumnya yang mengikutinya (azab yang buruk) yaitu ditenggelamkan.


Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yaitu usaha untuk membunuh orang mukmin tersebut oleh Fir’aun dan kaumnya, karena ia mengemukakan kepada mereka sesuatu yang mereka tidak sukai dan menunjukkan sikap setuju dengan apa yang dibawa Nabi Musa ‘alaihis salam dan yang diserukannya.

Yaitu ditenggelamkan.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Mu’min Ayat 45

Demikianlah dikisahkan bahwa seruan yang disampaikan oleh seorang mukmin yang menyembunyikan keimanannya itu tidak diterima oleh fir'aun dan pengikutnya. Fir'aun bahkan merencanakan suatu perbuatan yang buruk kepadanya, maka Allah memeliharanya dari berbagai maksud buruk dan kejahatan tipu daya yang mereka lakukan itu, sedangkan fir'aun sendiri beserta kaumnya dikepung oleh azab yang sangat buruk. 46. Kepada mereka akan diperlihatkan di alam barzakh azab yang amat buruk, yakni neraka yang diperlihatkan pada setiap pagi dan petang, dan juga pada hari terjadinya kiamat, lalu kepada malaikat diperintahkan, 'masukkanlah fir'aun dan kaumnya ke dalam neraka yang di dalamnya terdapat azab yang sangat keras!'.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikianlah beraneka penjelasan dari berbagai ahli tafsir terkait makna surat Al-Mu’min ayat 45, semoga membawa manfaat untuk kita. Bantulah kemajuan kami dengan mencantumkan backlink ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Lainnya: Al-Mu’min Ayat 46 Arab-Latin, Al-Mu’min Ayat 47 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Al-Mu’min Ayat 48, Terjemahan Tafsir Al-Mu’min Ayat 49, Isi Kandungan Al-Mu’min Ayat 50, Makna Al-Mu’min Ayat 51

Terkait: « | »

Kategori: 040. Al-Mu'min

Artikel: Topik, Serial, Doa Dzikir, Lain-lain, Updates