Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Mu’min Ayat 23

وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا مُوسَىٰ بِآيَاتِنَا وَسُلْطَانٍ مُبِينٍ

Arab-Latin: Wa laqad arsalnā mụsā bi`āyātinā wa sulṭānim mubīn

Terjemah Arti: Dan sesungguhnya telah Kami utus Musa dengan membawa ayat-ayat Kami dan keterangan yang nyata,

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Sungguh Kami telah mengutus Musa dengan membawa ayat-ayat Kami yang agung yang membuktikan kebenaran tugas yang diembannya, dan hujjah yang nyata lagi jelas atas kebenaran dakwahnya serta kebatilan perbuatan kaum di mana Musa diutus kepada mereka.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

23. Kami telah mengutus Musa untuk membawa ayat-ayat sembilan Kami. Sembilan itu adalah mukjizat yang terkenal: yaitu banjir bandang, belalang, kutu, katak, darah, kekeringan panjang, kekurangan buah-buahan, menghanguskan harta, dan berbagai perangai hati. Kami mengutus itu semua dengan hujjah yang sangat jelas. Kami jadikan beberapa dari mereka menjadi tangan dan tongkat sebagai pengganti dari dua ayat Kami yang terakhir

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

(Dan sesungguhnya telah Kami utus Musa dengan membawa ayat-ayat Kami dan keterangan yang nyata) bukti yang jelas dan tampak.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Yakni ayat-ayat Kami yang besar yang menunjukkan kebenaran apa yang Beliau bawa dan batilnya apa yang dipegang oleh kaumnya yang menentang, yaitu syirk dan perbuatan maksiat lainnya.

Yakni hujjah yang nyata yang menguasai hati sehingga menjadikannya tunduk, seperti tongkatnya yang berubah menjadi ular, tangan yang bercahaya, dsb. dimana dengannya Allah Subhaanahu wa Ta'aala menguatkan Musa dan menguatkan kebenaran yang diserukannya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Salah satu bukti dari kebesaran Allah adalah diutusnya nabi musa. Dan sungguh, kami telah mengutus nabi musa dengan membawa ayat-ayat kami, berupa mukjizat, dan keterangan, serta bukti yang nyata. 24. Ayat-ayat dan bukti-bukti nyata itu ditujukan kepada fir'aun, haman, qarun, dan bala tentara fir'aun. Setelah nabi musa menyampaikan ayat dan bukti-bukti tersebut, lalu mereka semua berkata dengan nada melecehkan, 'musa itu adalah seorang pesihir lagi seorang pendusta yang nyata. '.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Mu’min Ayat 24 Arab-Latin, Surat Al-Mu’min Ayat 25 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Mu’min Ayat 26, Terjemahan Tafsir Surat Al-Mu’min Ayat 27, Isi Kandungan Surat Al-Mu’min Ayat 28, Makna Surat Al-Mu’min Ayat 29

Category: Surat Al-Mu'min

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!