Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Mu’min Ayat 22

ذَٰلِكَ بِأَنَّهُمْ كَانَتْ تَأْتِيهِمْ رُسُلُهُمْ بِالْبَيِّنَاتِ فَكَفَرُوا فَأَخَذَهُمُ اللَّهُ ۚ إِنَّهُ قَوِيٌّ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Arab-Latin: żālika bi`annahum kānat ta`tīhim rusuluhum bil-bayyināti fa kafarụ fa akhażahumullāh, innahụ qawiyyun syadīdul-'iqāb

Terjemah Arti: Yang demiklan itu adalah karena telah datang kepada mereka rasul-rasul mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata lalu mereka kafir; maka Allah mengazab mereka. Sesungguhnya Dia Maha Kuat lagi Maha Keras hukuman-Nya.

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Azab yang menimpa orang-orang yang mendustakan yang telah berlalu itu disebabkan oleh sikap mereka terhadap rasul-rasul mereka yang hadir membawa bukti-bukti yang kuat atas kebenaran dakwah mereka, namun mereka malah kafir kepada utusan tersebut dan mendustakan mereka, maka Allah mengambil mereka semuanya dengan azabNya. Sesungguhnya Allah Mahakuat, tidak seorang pun mengalahkanNya, juga Mahakeras hukumanNya bagi siapa yang kafir dan bermaksiat kepadaNya.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

22. Azab itu adalah sebab dari pengingkaran dan kekufuran mereka terhadap ajaran rasul. Padahal para rasul sudah menyampaikan hujjah yang sangat jelas disertai dengan berbagai mukjizat yang menakjubkan. Sehingga kemudian mereka dibinasakan Allah sebab dosa-dosa mereka. Sungguh Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, tidak ada yang dapat mengalahkan-Nya, dan hukuman-Nya sangat keras bagi yang durhaka pada-Nya.

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

(Yang demikian itu adalah karena telah datang kepada mereka rasul-rasul mereka dengan membawa bukti-bukti) yakni mukjizat-mukjizat yang tampak (lalu mereka kafir; maka Allah mengazab mereka. Sesungguhnya Dia Maha Kuat lagi Maha Keras hukuman-Nya.)

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Yaitu mukjizat, hukum-hukum, dan ajaran-ajaran yang dibawanya.

Ternyata kekuatan mereka tidak ada apa-apanya di hadapan kekuatan Allah, seperti halnya kaum ‘Aad yang sampai berkata, “Siapakah yang lebih hebat kekuatannya daripada kami?” Lalu Allah mengirimkan angin yang melemahkan kekuatan mereka dan menghancurkan mereka sehancur-hancurnya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Yang demikian itu, yakni azab yang mereka terima adalah karena se-sungguhnya rasul-rasul telah datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, berupa mukjizat dan hukum-hukum dari Allah, lalu mereka ingkar kepada para rasul itu; maka Allah mengazab mereka. Sungguh, dia mahakuat, lagi mahakeras hukuman-Nya. 23. Salah satu bukti dari kebesaran Allah adalah diutusnya nabi musa. Dan sungguh, kami telah mengutus nabi musa dengan membawa ayat-ayat kami, berupa mukjizat, dan keterangan, serta bukti yang nyata.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Mu’min Ayat 23 Arab-Latin, Surat Al-Mu’min Ayat 24 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Mu’min Ayat 25, Terjemahan Tafsir Surat Al-Mu’min Ayat 26, Isi Kandungan Surat Al-Mu’min Ayat 27, Makna Surat Al-Mu’min Ayat 28

Category: Surat Al-Mu'min

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!