Surat Al-Mu’min Ayat 6

وَكَذَٰلِكَ حَقَّتْ كَلِمَتُ رَبِّكَ عَلَى ٱلَّذِينَ كَفَرُوٓا۟ أَنَّهُمْ أَصْحَٰبُ ٱلنَّارِ

Arab-Latin: Wa każālika ḥaqqat kalimatu rabbika 'alallażīna kafarū annahum aṣ-ḥābun-nār

Terjemah Arti: Dan demikianlah telah pasti berlaku ketetapan azab Tuhanmu terhadap orang-orang kafir, karena sesungguhnya mereka adalah penghuni neraka.

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Al-Mu’min Ayat 6

Didapati pelbagai penafsiran dari kalangan mufassirin berkaitan makna surat Al-Mu’min ayat 6, di antaranya seperti tercantum:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Sebagaimana hukumanKu benar-benar telah menimpa umat-umat terdahulu yang mendustakan para RasulNya, maka ketetapanKu pasti berlaku pula atas orang-orang kafir bahwa mereka adalah penduduk neraka.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

6. Sebagaimana Allah menghukum dengan membinasakan umat-umat yang mendustakan, telah pasti (berlaku) kalimat Rabbmu -wahai Rasul- atas orang-orang yang kafir bahwa mereka adalah para penghuni Neraka.


Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

6. Hai Rasulullah, sebagaimana Kami telah membinasakan orang-orang yang mendustakan para rasul sebelummu, maka orang-orang kafir ini juga layak mendapatkan azab. Demikianlah ketetapan azab atas kaummu yang mendustakan, mereka adalah penghuni nereka yang kekal.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

6. وَكَذٰلِكَ حَقَّتْ كَلِمَتُ رَبِّكَ عَلَى الَّذِينَ كَفَرُوٓا۟ (Dan demikianlah telah pasti berlaku ketetapan azab Tuhanmu terhadap orang-orang kafir)
Yakni sebagaimana telah berlaku ketetapan azab bagi umat-umat yang mendustakan rasul mereka, maka berlaku pulalah ketetapan azab itu bagi orang-orang yang mendustakanmu, membantahmu dengan batil, dan berkumpul untuk mengalahkanmu hai Muhammad.

أَنَّهُمْ أَصْحٰبُ النَّارِ(karena sesungguhnya mereka adalah penghuni neraka)
Dan ketetapan itu yaitu bahwa mereka berhak mendapatkan neraka.


Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

6. Ketetapan Tuhanmu pasti terjadi, yaitu kebinasaan dan janji-Nya memesukkan orang kafir uamt terdahulu ke dalam neraka. Itu juga berlaku bagi orang kafir dari kaum, yang ditunjukkan pada kalimat: “annahum mustahiqquu annara”, bahwa mereka akan menerima azab neraka.


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

6. “Dan demikianlah, telah pasti berlakuk ketetapan azab Rabbmu terhadap orang-orang kafir,” maksudnya, sebagaimana ketetapan itu telah ditetapkan terhadap orang-orang terdahulu, maka demikian pula ketetapan kesesatan telah dipastikan terhadap mereka, yang karenanya azab ditimpakan kepada mereka. Maka dari itu dikatakan “sesungguhnya mereka adalah penghuni neraka”.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Mu’min ayat 6: (Dan demikianlah telah pasti berlaku ketetapan azab Rabbmu) sebagaimana yang telah diungkapkan-Nya dalam firman yang lain, yaitu, "Sesungguhnya akan Aku penuhi neraka Jahanam itu..." (Q.S. As-Sajdah, 13) (terhadap orang-orang kafir, karena sesungguhnya mereka adalah penghuni neraka) lafal Annahum Ashhaabun Naari merupakan Badal dari lafal Kalimatu Rabbika.


Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Sebagaimana berlaku ketetapan Allah Subhaanahu wa Ta'aala terhadap generasi terdahulu yang mendustakan, maka berlaku pula terhadap mereka yang mendustakan sekarang ini.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Mu’min Ayat 6

Dan sebagaimana telah dijatuhkan sanksi kepada umat terdahulu yang durhaka, demikianlah juga telah pasti berlaku ketetapan tuhanmu dalam bentuk azab yang pedih terhadap orang-orang kafir dari umatmu, wahai nabi Muhammad, yaitu sesungguhnya mereka, orang-orang musyrik mekah, itu adalah penghuni neraka. 7. Pada ayat-ayat yang lalu telah digambarkan bagaimana bentuk permusuhan yang dilakukan oleh orang-orang kafir terhadap para rasul dan orang-orang beriman. Maka, untuk mengimbangi hal itu, ayat-ayat berikut menggambarkan bagaimana bentuk kasih sayang para malaikat terhadap para rasul dan orang-orang beriman. Ketahuilah bahwa malaikat-malaikat yang memikul 'arsy dan juga malaikat yang berada di sekelilingnya, bertasbih dengan memuji tuhannya, dan mereka semua senantiasa beriman kepada-Nya, serta memohonkan ampunan untuk orang-orang yang beriman seraya bermohon, 'ya tuhan kami, rahmat dan ilmu yang ada pada-Mu sangatlah luas, dan meliputi segala sesuatu. Maka, atas perkenan-Mu, ya Allah, berilah ampunan kepada orang-orang yang bertobat kembali ke jalan-Mu dan orang yang sejak awal telah mengikuti jalan agama-Mu, dan peliharalah mereka dari azab dan siksa neraka yang apinya menyala-Nyala.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikian beberapa penjabaran dari beragam mufassir terhadap kandungan surat Al-Mu’min ayat 6, moga-moga membawa faidah untuk kita semua. Bantu syi'ar kami dengan mencantumkan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Lainnya: Al-Mu’min Ayat 7 Arab-Latin, Al-Mu’min Ayat 8 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Al-Mu’min Ayat 9, Terjemahan Tafsir Al-Mu’min Ayat 10, Isi Kandungan Al-Mu’min Ayat 11, Makna Al-Mu’min Ayat 12

Terkait: « | »

Kategori: 040. Al-Mu'min

Artikel: Topik, Serial, Doa Dzikir, Lain-lain, Updates