Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Shad Ayat 79

قَالَ رَبِّ فَأَنْظِرْنِي إِلَىٰ يَوْمِ يُبْعَثُونَ

Arab-Latin: Qāla rabbi fa anẓirnī ilā yaumi yub'aṡụn

Terjemah Arti: Iblis berkata: "Ya Tuhanku, beri tangguhlah aku sampai hari mereka dibangkitkan".

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Iblis berkata “wahai tuhanku tundalah ajalku, jangan mematikanku sampai makhluk-makhluk di bangkitkan dari kubur mereka. ”

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

79. Iblis berkata, “Berilah aku tangguh, jangan mematikanku hingga hari Engkau membangkitkan hamba-hamba-Mu.”

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh di bawah asuhan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

79. iblis menjawab: tangguhkanlah aku, dan janganlah Engkau mencabut kepemimpinanku sampai tiba hari kebangkitan, dimana para keturunan dibangkitkan dari kematiannya.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

(Iblis berkata, "Ya Rabbku! Berilah aku tenggang waktu sampai hari mereka dibangkitkan") sampai manusia dibangkitkan.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Hal ini karena kedengkiannya dan kerasnya permusuhannya kepada Adam dan keturunannya agar ia dapat menyesatkan manusia yang telah ditaqdirkan Allah akan sesat.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


77-79. Mengetahui kedurhakaan iblis, Allah mengusirnya seraya berfirman, 'kalau begitu, keluarlah kamu dari surga! sesungguhnya kamu adalah makhluk yang terkutuk, terusir dari rahmat-ku, dan terlarang dari surga-ku. Dan sungguh, kutukan-ku tetap berlaku atasmu sampai hari pembalas-an, hari ketika seluruh perbuatan diperhitungkan dan dibalas. ' iblis berkata seraya memohon, 'ya tuhanku, karena engkau telah menjadikan aku makhluk-Mu yang terlaknat, maka tangguhkanlah kematianku dan izinkanlah aku hidup sampai pada hari mereka dibangkitkan supaya aku bisa menggoda mereka sepanjang hayat. '80-81. Allah berfirman, 'maka sesungguhnya kamu, wahai iblis, termasuk golongan yang diberi penangguhan. Aku akan memanjangkan umurmu dan menunda kematianmu sampai pada hari yang telah ditentukan waktunya, yaitu hari kiamat. ' dengan penundaan ini Allah bermaksud memberi cobaan kepada hamba-Nya untuk menguji siapa yang menaati perintah Allah dan siapa yang mengikuti langkah iblis.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Shad Ayat 80 Arab-Latin, Surat Shad Ayat 81 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Shad Ayat 82, Terjemahan Tafsir Surat Shad Ayat 83, Isi Kandungan Surat Shad Ayat 84, Makna Surat Shad Ayat 85

Category: Surat Shad

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!