Surat Shad Ayat 3

Belajar Quran Online

كَمْ أَهْلَكْنَا مِنْ قَبْلِهِمْ مِنْ قَرْنٍ فَنَادَوْا وَلَاتَ حِينَ مَنَاصٍ

Arab-Latin: Kam ahlaknā ming qablihim ming qarnin fa nādaw wa lāta ḥīna manāṣ

Terjemah Arti: Betapa banyaknya umat sebelum mereka yang telah Kami binasakan, lalu mereka meminta tolong padahal (waktu itu) bukanlah saat untuk lari melepaskan diri.

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

kami telah membinasakan banyak umat sebelum orang-oang musyrik tersebut, lalu mereka berteriak meminta pertolongan dan mengikrarkan diri bertaubat, padahal waktu tersebut bukanlah waktu yang diterimanya taubat, bukan pula waktu untuk selamat dan berlari dari apa yang menimpa mereka.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

3. Betapa banyak, atau Kami telah membinasakan orang-orang banyak sebelum kalian atau umat terdahulu. Lalu mereka meminta tolong, padahal waktu itu bukan lagi saatnya meminta pertolongan dan keselamatan. Inilah janji atas kekufuran dan kesombongan mereka atas Alquran. Laat tersusun atas huruf La nafi yang bermakna laisa (tidak/bukan) dan bersambung atas ta’, seperti pada kata rabbatu rajulin aslinya rabbun dan tsammata aslinya tsamma

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Di ayat ini Allah mengancam mereka dengan menyebutkan pembinasaan-Nya terhadap umat-umat tedahulu yang mendustakan para rasul, di mana ketika azab dan kebinasaan datang kepada mereka, mereka berteriak meminta tolong agar dihindarkan azab itu dari mereka, padahal ketika itu bukan lagi waktu untuk melarikan diri. Oleh karena itu, hendaknya mereka (orang-orang kafir) takut jika tetap sombong lagi memusuhi, bahwa mereka akan ditimpa azab seperti yang menimpa umat-umat sebelum mereka.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Kami telah mengingatkan melalui nabi Muhammad betapa banyak umat sebelum mereka yang telah kami binasakan akibat kesombongan dan keingkaran terhadap utusan Allah, lalu mereka meminta tolong pada saat azab itu datang, padahal waktu itu bukanlah saat yang tepat untuk meminta pertolongan dan mereka tidak bisa lari melepaskan diri dari siksa itu (lihat pula: surah g'fir/40: 84). 4. Kami utus nabi Muhammad kepada penduduk mekah dan mereka yang ingkar merasa heran karena mereka kedatangan seorang rasul pemberi peringatan yang tidak lain berasal dari kalangan mereka sendiri; dan karena keingkaran yang begitu dalam kepada rasulullah, orang-orang kafir berkata, 'orang ini adalah penyihir yang banyak berdusta. ' mereka berkata demikian karena apa yang disampaikan oleh nabi tidak sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Tafsir Ringkas Kemenag

Related: Surat Shad Ayat 4 Arab-Latin, Surat Shad Ayat 5 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Shad Ayat 6, Terjemahan Tafsir Surat Shad Ayat 7, Isi Kandungan Surat Shad Ayat 8, Makna Surat Shad Ayat 9

Baca Quran Online