Surat As-Saffat Ayat 120

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

سَلَٰمٌ عَلَىٰ مُوسَىٰ وَهَٰرُونَ

Arab-Latin: Salāmun 'alā mụsā wa hārụn

Artinya: (yaitu): "Kesejahteraan dilimpahkan atas Musa dan Harun".

« As-Saffat 119As-Saffat 121 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Penting Berkaitan Dengan Surat As-Saffat Ayat 120

Paragraf di atas merupakan Surat As-Saffat Ayat 120 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam hikmah penting dari ayat ini. Didapatkan bermacam penafsiran dari beragam ahli tafsir mengenai makna surat As-Saffat ayat 120, di antaranya seperti terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

120-122 sebagai penghormatan pada musa dan harun dari sisi Allah, pujian dan doa kebaikan untuk mereka berdua agar selamat dari segala aib, sebagaimana Kami membalas mereka dengan kebaiakan, Kami juga membalas orang-orang yang berbuat baik dari hamba-hamba Kami yang mengikhlaskan diri bagi Kami dengan membenarkan, beriman, dan beramal. sesungguhnya musa dan harun termasuk hamba-hamba Kami yang mendalam imannya


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

120. Sebagai penghormatan yang baik dari Allah kepada keduanya, sanjungan bagi keduanya dan doa keselamatan bagi keduanya dari segala hal yang tidak diharapkan.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

119-120. Kami abadikan pujian baik bagi Musa dan Harun dari umat-umat selanjutnya. Salam dari Kami dan orang-orang mukmin bagi keduanya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Semoga kesejahteraan atas Musa dan Harun”


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

114-122. Allah mengingatkan karuniaNya kepada dua hamba dan kedua rasulNya, yaitu Nabi Musa dan Nabi Harun, keduanya adalah putra Imran. Yaitu karunia berupa kenabian, kerasulan, dan berdakwah kepada Allah, serta keselamatan keduanya dan kaumnya, dari mush mereka, yaitu Firaun beserta kemenanngan mereka atasnya, hingga Allah menenggelamkannya sedangkan mereka melihatnya. Dan juga diturunkannya al-Kitab yang menjelaskan, yaitu Taurat yang di dalamnya terdapat aturan-aturan, nasihat-nasihat, dan penjelasan tentang segala sesuatu, dan bahwa sesungguhnya Allah telah membimbing mereka berdua kepada jalan yang lurus, yaitu dengan menetapkan satu agama untuk mereka yang penuh dengan aturan-aturan (hukum), syariat-syariat yang bijak yang dapat mengantarkan kepada Allah, dan Allah juga membimbing mereka berdua untuk mengamalkannya.
“Dan Kami abadikan untuk keduanya di kalangan orang-orang yang datang kemudian, (yaitu) ‘Kesejahteraan dilimpahkan atas Musa dan Harun’.” Maksudnya, Kami telah mengabadikan untuk mereka berdua pujian yang baik dan ucapan selamat di kalangan orang-orang yang datang kemudian, dan lebih-lebih di kalangan orang-orang yang terdahulu.
“SEsungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya keduanya termasuk hamba-hamba Kami yang beriman.”


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 114-122
Allah SWT menyebutkan tentang nikmat yang Dia berikan kepada nabi Musa dan nabi Harun, berupa kenabian dan keselamatan bersama dengan orang-orang yang beriman kepada keduanya dari kekejaman Fir'aun dan kaumnya, yang sebelumnya Fir'aun menindas mereka dengan kejam, membunuh anak-anak lelaki mereka, dan membiarkan hidup anak-anak perempuan mereka, dan mereka dipaksa untuk melakukan pekerjaan berat dan hina. Kemudian Allah SWT menolong mereka atas Fir'aun dan kaumnya, dan membuat mereka senang, lalu memenangkan mereka atas Fir'aun dan kaumnya. dan mereka bisa merebut tanah dan harta Fir'aun dan kaumnya, serta merebut semua yang telah dikumpulkan oleh Fir'aun dan kaumnya selama hidupnya. Kemudian Allah SWT menurunkan kepada nabi Musa, kitab yang agung, jelas, gamblang, dan terang, yaituTaurat, sebagaimana Allah SWT berfirman: (Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Musa dan Harun Kitab Taurat dan penerangan) (Surah Al-Anbiya: 48) dan di sini Allah SWT berfirman: (Dan Kami berikan kepada keduanya kitab yang sangat jelas (117) Dan Kami tunjuki keduanya ke jalan yang lurus (118)) yaitu dalam semua ucapan dan perbuatan (Dan Kami abadikan untuk keduanya (pujian yang baik) di kalangan orang-orang yang datang kemudian (119))
yaitu, Kami sisakan bagi keduanya setelah keduanya sebutan dan pujian yang baik. Kemudian dijelaskan dengan firmanNya: ( (yaitu)- "Kesejahteraan dilimpahkan atas Musa dan Harun (120) Sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik (121) Sesungguhnya keduanya termasuk hamba-hamba Kami yang beriman (122))


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat As-Saffat ayat 120: Allah berkata : Berikan shalawat dan pujian bagi keduanya di awal dan di akhir.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat As-Saffat Ayat 120

115-120. Selain itu, kami beri mereka enam kenikmatan lain. Kami selamatkan keduanya dan kaumnya dari fir'aun yang menindas, memperbudak, dan membunuh bayi laki-laki mereka agar keturunan me-reka punah. Dan kami tolong mereka dari kejaran fir'aun dan tentaranya sehingga jadilah mereka orang-orang yang menang, selamat, dan kembali ke negeri asal mereka dengan merdeka. 121-122. Demikianlah kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, rela berkorban, dan sabar dalam memperjuangkan ajaran tauhid. Karena keteguhan dan kesabaran mereka, sungguh keduanya termasuk hamba-hamba kami yang beriman dengan tulus.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah berbagai penafsiran dari kalangan ahli tafsir mengenai isi dan arti surat As-Saffat ayat 120 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan bagi kita bersama. Dukung perjuangan kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Cukup Sering Dikunjungi

Baca berbagai konten yang cukup sering dikunjungi, seperti surat/ayat: Yunus, Al-‘Ankabut 57, Yunus 40, Ali ‘Imran 31, Al-Hujurat 6, Ad-Dhuha 3. Serta Bersyukur, Al-Bayyinah 5, Al-Isra 27, Luqman, Al-A’raf 26, Ali ‘Imran 14.

  1. Yunus
  2. Al-‘Ankabut 57
  3. Yunus 40
  4. Ali ‘Imran 31
  5. Al-Hujurat 6
  6. Ad-Dhuha 3
  7. Bersyukur
  8. Al-Bayyinah 5
  9. Al-Isra 27
  10. Luqman
  11. Al-A’raf 26
  12. Ali ‘Imran 14

Pencarian: wawasoinal insana biwalidaihi, surah at taubah ayat 51, surah syifa, alfatiha dan artinya, rum ayat 21

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: