Surat As-Saffat Ayat 121

إِنَّا كَذَٰلِكَ نَجْزِى ٱلْمُحْسِنِينَ

Arab-Latin: Innā każālika najzil-muḥsinīn

Artinya: Sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.

« As-Saffat 120As-Saffat 122 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Kandungan Mendalam Berkaitan Dengan Surat As-Saffat Ayat 121

Paragraf di atas merupakan Surat As-Saffat Ayat 121 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam kandungan mendalam dari ayat ini. Terdapat aneka ragam penafsiran dari kalangan ahli tafsir terhadap kandungan surat As-Saffat ayat 121, di antaranya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

120-122 sebagai penghormatan pada musa dan harun dari sisi Allah, pujian dan doa kebaikan untuk mereka berdua agar selamat dari segala aib, sebagaimana Kami membalas mereka dengan kebaiakan, Kami juga membalas orang-orang yang berbuat baik dari hamba-hamba Kami yang mengikhlaskan diri bagi Kami dengan membenarkan, beriman, dan beramal. sesungguhnya musa dan harun termasuk hamba-hamba Kami yang mendalam imannya


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

121. Sebagaimana Kami membalas Musa dan Harun dengan balasan yang baik ini, Kami juga membalas orang-orang yang berbuat baik.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

121-122. Seperti halnya balasan yang baik itu, Kami juga akan membalas orang-orang yang baik dan taat kepada Allah SWT. Sesungguhnya mereka berdua (Musa dan Harun) termasuk hamba-hamba Kami yang beriman dan ikhlas)


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat kebaikan


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

114-122. Allah mengingatkan karuniaNya kepada dua hamba dan kedua rasulNya, yaitu Nabi Musa dan Nabi Harun, keduanya adalah putra Imran. Yaitu karunia berupa kenabian, kerasulan, dan berdakwah kepada Allah, serta keselamatan keduanya dan kaumnya, dari mush mereka, yaitu Firaun beserta kemenanngan mereka atasnya, hingga Allah menenggelamkannya sedangkan mereka melihatnya. Dan juga diturunkannya al-Kitab yang menjelaskan, yaitu Taurat yang di dalamnya terdapat aturan-aturan, nasihat-nasihat, dan penjelasan tentang segala sesuatu, dan bahwa sesungguhnya Allah telah membimbing mereka berdua kepada jalan yang lurus, yaitu dengan menetapkan satu agama untuk mereka yang penuh dengan aturan-aturan (hukum), syariat-syariat yang bijak yang dapat mengantarkan kepada Allah, dan Allah juga membimbing mereka berdua untuk mengamalkannya.
“Dan Kami abadikan untuk keduanya di kalangan orang-orang yang datang kemudian, (yaitu) ‘Kesejahteraan dilimpahkan atas Musa dan Harun’.” Maksudnya, Kami telah mengabadikan untuk mereka berdua pujian yang baik dan ucapan selamat di kalangan orang-orang yang datang kemudian, dan lebih-lebih di kalangan orang-orang yang terdahulu.
“SEsungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya keduanya termasuk hamba-hamba Kami yang beriman.”


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 114-122
Allah SWT menyebutkan tentang nikmat yang Dia berikan kepada nabi Musa dan nabi Harun, berupa kenabian dan keselamatan bersama dengan orang-orang yang beriman kepada keduanya dari kekejaman Fir'aun dan kaumnya, yang sebelumnya Fir'aun menindas mereka dengan kejam, membunuh anak-anak lelaki mereka, dan membiarkan hidup anak-anak perempuan mereka, dan mereka dipaksa untuk melakukan pekerjaan berat dan hina. Kemudian Allah SWT menolong mereka atas Fir'aun dan kaumnya, dan membuat mereka senang, lalu memenangkan mereka atas Fir'aun dan kaumnya. dan mereka bisa merebut tanah dan harta Fir'aun dan kaumnya, serta merebut semua yang telah dikumpulkan oleh Fir'aun dan kaumnya selama hidupnya. Kemudian Allah SWT menurunkan kepada nabi Musa, kitab yang agung, jelas, gamblang, dan terang, yaituTaurat, sebagaimana Allah SWT berfirman: (Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Musa dan Harun Kitab Taurat dan penerangan) (Surah Al-Anbiya: 48) dan di sini Allah SWT berfirman: (Dan Kami berikan kepada keduanya kitab yang sangat jelas (117) Dan Kami tunjuki keduanya ke jalan yang lurus (118)) yaitu dalam semua ucapan dan perbuatan (Dan Kami abadikan untuk keduanya (pujian yang baik) di kalangan orang-orang yang datang kemudian (119))
yaitu, Kami sisakan bagi keduanya setelah keduanya sebutan dan pujian yang baik. Kemudian dijelaskan dengan firmanNya: ( (yaitu)- "Kesejahteraan dilimpahkan atas Musa dan Harun (120) Sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik (121) Sesungguhnya keduanya termasuk hamba-hamba Kami yang beriman (122))


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat As-Saffat ayat 121: Allah mengabarkan dengan balasan yang semisal dengan Musa dan Harun ini, Kami juga akan berikan balasan yang serupa bagi siapa yang baik dalam keimanan dan ketakwaan. Ini adalah kabar gembira bagi orang-orang yang beriman.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat As-Saffat Ayat 121

121-122. Demikianlah kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, rela berkorban, dan sabar dalam memperjuangkan ajaran tauhid. Karena keteguhan dan kesabaran mereka, sungguh keduanya termasuk hamba-hamba kami yang beriman dengan tulus


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikianlah bermacam penjabaran dari kalangan pakar tafsir berkaitan makna dan arti surat As-Saffat ayat 121 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat bagi kita. Bantu syi'ar kami dengan mencantumkan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Tersering Dicari

Baca ratusan halaman yang tersering dicari, seperti surat/ayat: Ali ‘Imran 31, Al-Bayyinah 5, Luqman, Yunus 40, Bersyukur, Ali ‘Imran 14. Ada juga Ad-Dhuha 3, Al-Isra 27, Yunus, Al-A’raf 26, Al-‘Ankabut 57, Al-Hujurat 6.

  1. Ali ‘Imran 31
  2. Al-Bayyinah 5
  3. Luqman
  4. Yunus 40
  5. Bersyukur
  6. Ali ‘Imran 14
  7. Ad-Dhuha 3
  8. Al-Isra 27
  9. Yunus
  10. Al-A’raf 26
  11. Al-‘Ankabut 57
  12. Al-Hujurat 6

Pencarian: surat al imran 110, surat al maidah 90, surah al baqarah ayat 42, al araf ayat 2, surah al baqarah ayat 106

Bantu Kami

Setiap bulan TafsirWeb melayani 1.000.000+ kaum muslimin yang ingin membaca al-Quran dan tafsirnya secara gratis. Tentu semuanya membutuhkan biaya tersendiri.

Tolong bantu kami meneruskan layanan ini dengan membeli buku digital Jalan Rezeki Berlimpah yang ditulis oleh team TafsirWeb (format PDF, 100 halaman).

Dapatkan panduan dari al-Qur'an dan as-sunnah untuk meraih rezeki berkah berlimpah, dapatkan pahala membantu keberlangsungan kami, Insya Allah.