Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat As-Saffat Ayat 99

وَقَالَ إِنِّي ذَاهِبٌ إِلَىٰ رَبِّي سَيَهْدِينِ

Arab-Latin: Wa qāla innī żāhibun ilā rabbī sayahdīn

Terjemah Arti: Dan Ibrahim berkata: "Sesungguhnya aku pergi menghadap kepada Tuhanku, dan Dia akan memberi petunjuk kepadaku.

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

99-100 Ibrahim berkata ”sesunggunya aku berhiijrah kepada tuhanku dari negeri kaumku ke tempat dimana aku bisa beribadah kepada tuhanku. Sesungguhya dia akan menunjukan kebaikan kepadaku dalam agama dan duniawiku. wahi tuhanku, berilah aku anak yang shalih.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

99. Ibrahim berkata, “Sesungguhnya aku berhijrah kepada Rabbku meninggalkan negeri kaumku agar aku bisa beribadah kepada-Nya, Rabbku akan menunjukkanku kepada jalan kebaikan di dunia dan di Akhirat.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh di bawah asuhan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

99. Ibrahim berkata: “Sesungguhnya aku pergi ke tempat yang diperintahkan oleh Tuhanku, yaitu Syam. Sesungguhnya Dia akan membimbingku menuju tempat yang mengandung kebenaran agamaku, memungkinkan aku untuk menyembahNya dan memperoleh sesuatu yang diridhaiNya”

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Setelah Allah meyelamatkan Ibrahim dari musuh-musuhnya, Ibrahim berkata : Sesungguhnya aku adalah orang yang melakukan perjalanan dari negeri kaumku muju kepada apa yang Tuhanku perintahkan untuk menampakkan syiar-syiar agamaku dengan kebebasan, dan Tuhanku akan memberikan kepadaku petunjuk untuk kebaikan agama dan diriku. Maka Allah memberikan petunjuk untuk menuju ke negeri Syam yang penuh berkah.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Setelah keluar dari api itu dan setelah menegakkan hujjah kepada mereka.

Maksudnya, berhijrah kepada-Nya dari negeri kafir menuju negeri, di mana Beliau dapat beribadah kepada Allah dan berdakwah, yaitu Syam. Beliau lakukan hijrah setelah melihat bahwa kaumnya tidak dapat lagi diharapkan keimanannya dan tidak melihat kebaikan pada mereka.

Yakni menunjukkan aku kepada sesuatu yang di sana terdapat kebaikan bagiku baik bagi agamaku maupun duniaku.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Nabi ibrahim selamat dari upaya pembunuhan oleh kaumnya, dan dia berkata, 'sesungguhnya aku harus pergi berhijrah menuju tempat yang memungkinkan aku mendekatkan diri kepada tuhanku dan mengajak umatku menuju tauhid. Dia pasti akan memberi petunjuk kepadaku dan orang-orang yang mengikuti jalan kebenaran. Ayat ini menganjurkan berhijrah dari suatu tempat ketika dakwah dan pengamalan agama mendapat tekanan dan penindasan. 100. Setelah menjelaskan dialog nabi ibrahim dengan kaumnya yang ingkar, pada ayat berikut Allah beralih mengisahkan dialog nabi ibrahim dengan putranya, isma'il, tentang perintah Allah. Dia berdoa kepada Allah, 'ya tuhanku, anugerahkanlah kepadaku seorang anak yang termasuk golongan orang yang saleh dan taat menjalankan perintah-Mu dan membela agama-Mu. '.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat As-Saffat Ayat 100 Arab-Latin, Surat As-Saffat Ayat 101 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat As-Saffat Ayat 102, Terjemahan Tafsir Surat As-Saffat Ayat 103, Isi Kandungan Surat As-Saffat Ayat 104, Makna Surat As-Saffat Ayat 105

Category: Surat As-Saffat

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!

Surat Shaffat Ayat 99 Tafsir Aswaja