Surat Yasin Ayat 72

ูˆูŽุฐูŽู„ู‘ูŽู„ู’ู†ูŽูฐู‡ูŽุง ู„ูŽู‡ูู…ู’ ููŽู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ุฑูŽูƒููˆุจูู‡ูู…ู’ ูˆูŽู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ูŠูŽุฃู’ูƒูู„ููˆู†ูŽ

Arab-Latin: Wa ลผallalnฤhฤ lahum fa min-hฤ rakแปฅbuhum wa min-hฤ ya`kulแปฅn

Artinya: Dan Kami tundukkan binatang-binatang itu untuk mereka; maka sebahagiannya menjadi tunggangan mereka dan sebahagiannya mereka makan.

ยซ Yasin 71 โœต Yasin 73 ยป

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Hikmah Menarik Tentang Surat Yasin Ayat 72

Paragraf di atas merupakan Surat Yasin Ayat 72 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada pelbagai hikmah menarik dari ayat ini. Terdapat pelbagai penafsiran dari para ulama tafsir terkait makna surat Yasin ayat 72, di antaranya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan Kami menundukannya untuk mereka, sehingga diantara ternak-ternak itu ada yang mereka kendarai dalam perjalanan, ada yang mereka gunakan untuk membawa beban, dan ada yang mereka makan dagingnya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

72. Dan Kami jadikan hewan-hewan itu tunduk kepada mereka; sebagiannya dapat mereka pakai sebagai tunggangan dan untuk memuat barang-barang berat mereka, dan sebagian lainnya dapat mereka makan dagingnya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

72. Kami menundukkan hewan-hewan tersebut bagi mereka sehingga hewan-hewan tersebut tunduk kepada mereka. Mereka mengendarai punggung sebagiannya dan meletakkan barang-barang mereka di atasnya serta mereka juga makan daging sebagian lainnya.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

72. ูˆูŽุฐูŽู„ูŽู‘ู„ู’ู†ูฐู‡ูŽุง ู„ูŽู‡ูู…ู’ (Dan Kami tundukkan binatang-binatang itu untuk mereka)
Yakni Kami menjadikannya tuntuk terhadap mereka, mentaati sesuai manfaat yang mereka inginkan bahkan ketika akan disembelih atau diberikan kepada anak kecil pasti ia akan tetap mentaatinya atau jika ditakut-takutinya pasti ia akan takut.

ููŽู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ุฑูŽูƒููˆุจูู‡ูู…ู’ (maka sebahagiannya menjadi tunggangan mereka)
Yakni sebagian menjadi hewan tunggangan yang mereka tunggangi.

ูˆูŽู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ูŠูŽุฃู’ูƒูู„ููˆู†ูŽ (dan sebahagiannya mereka makan)
Yakni daging dan susunya.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

72. Kami juga menjadikan hewan ternak itu jinak, tunduk, tidak liar dan tidak menolak kehendak mereka sampai disembelih. Sebagian di antaranya ada yang menjadi kendaraan mereka dan sisanya ada yang mereka makan dagingnya.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Kami menundukkannya} menundukkannya {untuk mereka. Sebagian di antaranya menjadi tunggangan mereka dan sebagian lain mereka makan


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

71-73. Allah memerintahkan hamba-hambaNya untuk memperhatikan (merenungkan) kepada apa yang ditundukkan dan dipatuhkan oleh Allah kepada mereka, yaitu hewan ternak dan menjadikan mereka dapat memilkinya, dan hewan-hewan itu patuh kepada mereka pada setiap perintah yang mereka kehendaki; dan bahwa sesungguhnya Allah menciptakan banyak manfaat pada hewan-hewan ternak itu untuk mereka, seperti untuk mengangkut mereka, mengangkut barang-barang bawaan, harta benda dan barang-barang dagangan mereka dari satu tempat ketempat lain, dan mereka juga dapat mengkonsumsi binatang-binatang ternak tersebut. Dan juga manfaat untuk kehangatan badan, dan dari kulit dan bulunya dapat dijadikan perabot dan alat-alat untuk kesenangan hingga waktu yang telah ditentukan. Dan padanya terdapat manfaat sebagai perhiasan dan keindahan dan berbagai manfaat lainnya yang sudah kita saksikan. โ€œmaka mengapakah mereka tidak bersyukur,โ€ kepada Allah yang telah mengaruniakan nikmat-nikmat tersebut dan tulus beribadah hanya kepadaNya, serta tidak menikmatinya dengan cara yang kosong dari ibrah dan fikrah (pelajaran dan penghayatan)?


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 71-73
Allah SWT menyebutkan nikmat yang Dia berikan kepada ciptaanNya berupa binatang-binatang ternak yang Dia tundukkan bagi mereka (lalu mereka menguasainya) Qatadah berkata bahwa maknanya adalah mereka dapat menaklukkannya, yaitu Dia menjadikan mereka bisa menaklukkannya sehingga binatang ternak itu jinak bagi mereka dan tidak liar. Bahkan seandainya anak kecil datang mendekati unta, tentu anak kecil itu dapat membuatnya merundukkan tubuhnya, atau membuatnya berdiri atau menggiringnya, dan unta itu akan jinak dan mengikuti apa yang dikehendakinya. Demikian juga seandainya sekumpulan ternak unta terdiri dari seratus ekor atau lebih, maka semuanya berjalan sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh anak itu.
Firman Allah SWT: (maka sebagiannya menjadi tunggangan mereka dan sebagiannya mereka makan) yaitu di antara binatang ternak itu ada yang dapat mereka kendarai dan angkutan barang dalam perjalanan mereka menuju ke berbagai daerah (dan sebagiannya mereka makan) Jika mereka menghendaki, mereka boleh saja menyembelihnya dan memakan dagingnya (Dan mereka memperoleh padanya manfaat) yaitu dari bulunya menjadi alat-alat rumah tangga dan perhiasan sampai waktu tertentu (dan minuman) yaitu dari air susunya dan air kencingnya bagi orang yang mau beraubat dengannya (Maka mengapakah mereka tidak bersyukur?) yaitu, mengapa mereka tidak mengesakan Dzat yang Maha Pencipta dan menundukkan itu, bahkan mereka menyekutukanNya dengan yang lain?


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Yasin ayat 72: Allah menjadikan binatang-binatang ternak ini bagi kalian, yang di anatara darinya untuk dijadikan tunggangan ketika safar, kemudian untuk dijadikan hewan pembawa beban-beban berat, dan di antaranya lagi ada yang dipergunakan sebagai penjaga dan di antaranya lagi dijadikan untuk dikonsumsi.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yasin Ayat 72

Dan tidak hanya menciptakan hewan-hewan itu, kami pun menundukkannya untuk mereka, lalu sebagiannya mereka manfaatkan untuk menjadi tunggangan dan alat angkut mereka serta barang-barang me-reka, dan sebagian dari hewan-hewan itu kami ciptakan untuk mereka makan dagingnya. 73. Dan mereka dapat pula memperoleh berbagai manfaat berupa bahan pakaian dan minuman darinya, yakni dari hewan-hewan tersebut (lihat pula: surah an-na'l/16: 80). Maka, mengapa mereka tidak bersyukur kepada Allah yang telah menyediakan itu semua untuk keperluan me-reka'.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Itulah sekumpulan penjabaran dari beragam pakar tafsir terhadap isi dan arti surat Yasin ayat 72 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan bagi ummat. Dukung dakwah kami dengan memberi tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Cukup Sering Dikaji

Kaji banyak konten yang cukup sering dikaji, seperti surat/ayat: Al-Falaq, An-Naba, Al-A’la, Al-Fatihah, Adh-Dhuha, Al-Isra 32. Ada juga Do’a Setelah Adzan, Al-Hujurat 13, Seribu Dinar, Al-Kafirun, Al-Qadr, Yusuf 28.

  1. Al-Falaq
  2. An-Naba
  3. Al-A’la
  4. Al-Fatihah
  5. Adh-Dhuha
  6. Al-Isra 32
  7. Do’a Setelah Adzan
  8. Al-Hujurat 13
  9. Seribu Dinar
  10. Al-Kafirun
  11. Al-Qadr
  12. Yusuf 28

Pencarian: al mulk 1-10, asrofu artinya, surah al ashr latin dan artinya, surat al an am ayat 103, surah ad dhuha beserta artinya

Bantu Kami

Setiap bulan TafsirWeb melayani 1.000.000+ kaum muslimin yang ingin membaca al-Quran dan tafsirnya secara gratis. Tentu semuanya membutuhkan biaya tersendiri.

Tolong bantu kami meneruskan layanan ini dengan membeli buku digital Jalan Rezeki Berlimpah yang ditulis oleh team TafsirWeb (format PDF, 100 halaman).

Dapatkan panduan dari al-Qur'an dan as-sunnah untuk meraih rezeki berkah berlimpah, dapatkan pahala membantu keberlangsungan kami, Insya Allah.