Surat Yasin Ayat 73

وَلَهُمْ فِيهَا مَنَٰفِعُ وَمَشَارِبُ ۖ أَفَلَا يَشْكُرُونَ

Arab-Latin: Wa lahum fīhā manāfi'u wa masyārib, a fa lā yasykurụn

Artinya: Dan mereka memperoleh padanya manfaat-manfaat dan minuman. Maka mengapakah mereka tidak bersyukur?

« Yasin 72Yasin 74 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Berharga Mengenai Surat Yasin Ayat 73

Paragraf di atas merupakan Surat Yasin Ayat 73 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam pelajaran berharga dari ayat ini. Didapati aneka ragam penjelasan dari beragam ahli ilmu terhadap isi surat Yasin ayat 73, misalnya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Mereka juga mendapatkan manfaat-manfaaat lain yang bisa mereka petik, seperti manfaat wol, bulu dan rambut sebagai peralatan dan pakaian dan lain-lainnya, dan mereka juga minum susunya. Maka mengapa mereka tidak bersyukur kepada Allah yang telah memberikan nikmat-nikmat ini kepada mereka dengan mengikhlaskan ibadah hanya kepadaNya?


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

73. Dan Kami menjadikan padanya berbagai manfaat lain; mereka dapat memanfaatkan bulu dan rambutnya sebagai peralatan, kain, dan lain sebagainya. Mereka juga dapat meminum air susunya untuk menghilangkan dahaga dan mengembalikan kekuatan mereka. Tidakkah mereka bersyukur kepada Allah atas segala kenikmatan ini yang mereka dapatkan tanpa harus bersusah payah, sehingga mereka beriman dan mengesakan-Nya, dan menggunakan segala kenikmatan dari-Nya untuk hal yang Dia ridhai?


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

73. Mereka juga mendapatkan manfaat-manfaat lain selain mengendarai dan memakan dagingnya, seperti bulunya, rambutnya, kulitnya dan harganya. Darinya mereka membuat permadani dan pakaian. Mereka juga bisa meminum dari susunya. Mengapa mereka tidak bersyukur kepada Allah yang telah memberi mereka nikmat-nikmat tersebut dan selainnya.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

73. وَلَهُمْ فِيهَا مَنٰفِعُ (Dan mereka memperoleh padanya manfaat-manfaat)
Berupa bulu, wol, dan rambut hewan-hewan itu; serta sebagai alat angkut dan bekerja di kebun.

وَمَشَارِبُ ۖ( dan minuman)
Yakni mereka meminum darinya susu segar.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

73. Dan bagi mereka dalam hewan ternak ini terdapat banyak manfaat seperti woolnya, bulunya, rambutnya, pemberian beban di atasnya dan lain-lain serta minuman dari susunya. Apakah mereka tidak bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah melalui hewan ternak itu sehingga mereka mau beriman?!


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Padanya terdapat berbagai manfaat dan minuman untuk mereka. Apakah mereka tidak bersyukur


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

71-73. Allah memerintahkan hamba-hambaNya untuk memperhatikan (merenungkan) kepada apa yang ditundukkan dan dipatuhkan oleh Allah kepada mereka, yaitu hewan ternak dan menjadikan mereka dapat memilkinya, dan hewan-hewan itu patuh kepada mereka pada setiap perintah yang mereka kehendaki; dan bahwa sesungguhnya Allah menciptakan banyak manfaat pada hewan-hewan ternak itu untuk mereka, seperti untuk mengangkut mereka, mengangkut barang-barang bawaan, harta benda dan barang-barang dagangan mereka dari satu tempat ketempat lain, dan mereka juga dapat mengkonsumsi binatang-binatang ternak tersebut. Dan juga manfaat untuk kehangatan badan, dan dari kulit dan bulunya dapat dijadikan perabot dan alat-alat untuk kesenangan hingga waktu yang telah ditentukan. Dan padanya terdapat manfaat sebagai perhiasan dan keindahan dan berbagai manfaat lainnya yang sudah kita saksikan. “maka mengapakah mereka tidak bersyukur,” kepada Allah yang telah mengaruniakan nikmat-nikmat tersebut dan tulus beribadah hanya kepadaNya, serta tidak menikmatinya dengan cara yang kosong dari ibrah dan fikrah (pelajaran dan penghayatan)?


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 71-73
Allah SWT menyebutkan nikmat yang Dia berikan kepada ciptaanNya berupa binatang-binatang ternak yang Dia tundukkan bagi mereka (lalu mereka menguasainya) Qatadah berkata bahwa maknanya adalah mereka dapat menaklukkannya, yaitu Dia menjadikan mereka bisa menaklukkannya sehingga binatang ternak itu jinak bagi mereka dan tidak liar. Bahkan seandainya anak kecil datang mendekati unta, tentu anak kecil itu dapat membuatnya merundukkan tubuhnya, atau membuatnya berdiri atau menggiringnya, dan unta itu akan jinak dan mengikuti apa yang dikehendakinya. Demikian juga seandainya sekumpulan ternak unta terdiri dari seratus ekor atau lebih, maka semuanya berjalan sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh anak itu.
Firman Allah SWT: (maka sebagiannya menjadi tunggangan mereka dan sebagiannya mereka makan) yaitu di antara binatang ternak itu ada yang dapat mereka kendarai dan angkutan barang dalam perjalanan mereka menuju ke berbagai daerah (dan sebagiannya mereka makan) Jika mereka menghendaki, mereka boleh saja menyembelihnya dan memakan dagingnya (Dan mereka memperoleh padanya manfaat) yaitu dari bulunya menjadi alat-alat rumah tangga dan perhiasan sampai waktu tertentu (dan minuman) yaitu dari air susunya dan air kencingnya bagi orang yang mau beraubat dengannya (Maka mengapakah mereka tidak bersyukur?) yaitu, mengapa mereka tidak mengesakan Dzat yang Maha Pencipta dan menundukkan itu, bahkan mereka menyekutukanNya dengan yang lain?


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Yasin ayat 73: Allah jug menjadikan hewan-hewan ini dengan manfaat yang lain yang kalian bisa manfaatkan, maka tidakkah rasa syukur itu diberikan kepada Yang Memberi Kenikmatan ?


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Seperti bulunya, kulitnya dan rambutnya.

Seperti susunya.

Kepada yang memberikan nikmat itu, yaitu Allah Subhaanahu wa Ta'aala dengan beriman dan beribadah hanya kepada-Nya dan tidak hanya bersenang-senang saja tanpa mengambil pelajaran daripadanya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yasin Ayat 73

Dan mereka dapat pula memperoleh berbagai manfaat berupa bahan pakaian dan minuman darinya, yakni dari hewan-hewan tersebut (lihat pula: surah an-na'l/16: 80). Maka, mengapa mereka tidak bersyukur kepada Allah yang telah menyediakan itu semua untuk keperluan me-reka'74. Dan alih-alih bersyukur atas manfaat yang orang-orang kafir itu dapatkan dari hewan-hewan tersebut, mereka justru kufur dan meng-ambil sesembahan selain Allah. Mereka menjadikan berhala atau benda-benda lain yang dianggap memiliki kekuatan sebagai sesembahan agar keinginan mereka terwujud dan mereka mendapat pertolongan darinya.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikian kumpulan penjabaran dari para ulama tafsir mengenai isi dan arti surat Yasin ayat 73 (arab-latin dan artinya), moga-moga berfaidah untuk kita bersama. Bantulah usaha kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Cukup Banyak Dibaca

Kami memiliki ratusan materi yang cukup banyak dibaca, seperti surat/ayat: Al-Qadr, Al-Isra 32, Adh-Dhuha, Yusuf 28, Al-Hujurat 13, Al-A’la. Ada pula An-Naba, Al-Fatihah, Seribu Dinar, Al-Kafirun, Do’a Setelah Adzan, Al-Falaq.

  1. Al-Qadr
  2. Al-Isra 32
  3. Adh-Dhuha
  4. Yusuf 28
  5. Al-Hujurat 13
  6. Al-A’la
  7. An-Naba
  8. Al-Fatihah
  9. Seribu Dinar
  10. Al-Kafirun
  11. Do’a Setelah Adzan
  12. Al-Falaq

Pencarian: surah ad dhuha beserta artinya, surah alhujurat ayat 12, an nas dan artinya, al baqarah ayat 90, ali imran 144

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
✅ Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
 
✅ Klik *tafsirweb.com/pahala* lalu kirim informasi ini ke 5 group lainnya untuk dapat pahala jariyah

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini 👉 pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti 👉 klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: