Surat Yasin Ayat 73

وَلَهُمْ فِيهَا مَنَٰفِعُ وَمَشَارِبُ ۖ أَفَلَا يَشْكُرُونَ

Arab-Latin: Wa lahum fīhā manāfi'u wa masyārib, a fa lā yasykurụn

Terjemah Arti: Dan mereka memperoleh padanya manfaat-manfaat dan minuman. Maka mengapakah mereka tidak bersyukur?

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Yasin Ayat 73

Ditemukan sekumpulan penjelasan dari beragam mufassirun berkaitan kandungan surat Yasin ayat 73, antara lain seperti berikut:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Mereka juga mendapatkan manfaat-manfaaat lain yang bisa mereka petik, seperti manfaat wol, bulu dan rambut sebagai peralatan dan pakaian dan lain-lainnya, dan mereka juga minum susunya. Maka mengapa mereka tidak bersyukur kepada Allah yang telah memberikan nikmat-nikmat ini kepada mereka dengan mengikhlaskan ibadah hanya kepadaNya?


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

73. Mereka juga mendapatkan manfaat-manfaat lain selain mengendarai dan memakan dagingnya, seperti bulunya, rambutnya, kulitnya dan harganya. Darinya mereka membuat permadani dan pakaian. Mereka juga bisa meminum dari susunya. Mengapa mereka tidak bersyukur kepada Allah yang telah memberi mereka nikmat-nikmat tersebut dan selainnya.


Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

73. Dan Kami menjadikan padanya berbagai manfaat lain; mereka dapat memanfaatkan bulu dan rambutnya sebagai peralatan, kain, dan lain sebagainya. Mereka juga dapat meminum air susunya untuk menghilangkan dahaga dan mengembalikan kekuatan mereka. Tidakkah mereka bersyukur kepada Allah atas segala kenikmatan ini yang mereka dapatkan tanpa harus bersusah payah, sehingga mereka beriman dan mengesakan-Nya, dan menggunakan segala kenikmatan dari-Nya untuk hal yang Dia ridhai?


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

73. وَلَهُمْ فِيهَا مَنٰفِعُ (Dan mereka memperoleh padanya manfaat-manfaat)
Berupa bulu, wol, dan rambut hewan-hewan itu; serta sebagai alat angkut dan bekerja di kebun.

وَمَشَارِبُ ۖ( dan minuman)
Yakni mereka meminum darinya susu segar.


Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

73. Dan bagi mereka dalam hewan ternak ini terdapat banyak manfaat seperti woolnya, bulunya, rambutnya, pemberian beban di atasnya dan lain-lain serta minuman dari susunya. Apakah mereka tidak bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah melalui hewan ternak itu sehingga mereka mau beriman?!


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

71-73. Allah memerintahkan hamba-hambaNya untuk memperhatikan (merenungkan) kepada apa yang ditundukkan dan dipatuhkan oleh Allah kepada mereka, yaitu hewan ternak dan menjadikan mereka dapat memilkinya, dan hewan-hewan itu patuh kepada mereka pada setiap perintah yang mereka kehendaki; dan bahwa sesungguhnya Allah menciptakan banyak manfaat pada hewan-hewan ternak itu untuk mereka, seperti untuk mengangkut mereka, mengangkut barang-barang bawaan, harta benda dan barang-barang dagangan mereka dari satu tempat ketempat lain, dan mereka juga dapat mengkonsumsi binatang-binatang ternak tersebut. Dan juga manfaat untuk kehangatan badan, dan dari kulit dan bulunya dapat dijadikan perabot dan alat-alat untuk kesenangan hingga waktu yang telah ditentukan. Dan padanya terdapat manfaat sebagai perhiasan dan keindahan dan berbagai manfaat lainnya yang sudah kita saksikan. “maka mengapakah mereka tidak bersyukur,” kepada Allah yang telah mengaruniakan nikmat-nikmat tersebut dan tulus beribadah hanya kepadaNya, serta tidak menikmatinya dengan cara yang kosong dari ibrah dan fikrah (pelajaran dan penghayatan)?


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Yasin ayat 73: Allah jug menjadikan hewan-hewan ini dengan manfaat yang lain yang kalian bisa manfaatkan, maka tidakkah rasa syukur itu diberikan kepada Yang Memberi Kenikmatan ?


Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Seperti bulunya, kulitnya dan rambutnya.

Seperti susunya.

Kepada yang memberikan nikmat itu, yaitu Allah Subhaanahu wa Ta'aala dengan beriman dan beribadah hanya kepada-Nya dan tidak hanya bersenang-senang saja tanpa mengambil pelajaran daripadanya.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yasin Ayat 73

Dan mereka dapat pula memperoleh berbagai manfaat berupa bahan pakaian dan minuman darinya, yakni dari hewan-hewan tersebut (lihat pula: surah an-na'l/16: 80). Maka, mengapa mereka tidak bersyukur kepada Allah yang telah menyediakan itu semua untuk keperluan me-reka'74. Dan alih-alih bersyukur atas manfaat yang orang-orang kafir itu dapatkan dari hewan-hewan tersebut, mereka justru kufur dan meng-ambil sesembahan selain Allah. Mereka menjadikan berhala atau benda-benda lain yang dianggap memiliki kekuatan sebagai sesembahan agar keinginan mereka terwujud dan mereka mendapat pertolongan darinya.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikianlah berbagai penjabaran dari beragam ulama terhadap makna surat Yasin ayat 73, semoga menambah kebaikan bagi ummat. Support usaha kami dengan memberikan hyperlink menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Lainnya: Yasin Ayat 74 Arab-Latin, Yasin Ayat 75 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Yasin Ayat 76, Terjemahan Tafsir Yasin Ayat 77, Isi Kandungan Yasin Ayat 78, Makna Yasin Ayat 79

Kategori: Surat Yaa Siin

Terkait: « | »

Trending: Surat Yasin, Surat Al-Waqiah, Surat Al-Mulk, Surat Al-Kahfi, Ayat Kursi