Surat Yasin Ayat 71

أَوَلَمْ يَرَوْا۟ أَنَّا خَلَقْنَا لَهُم مِّمَّا عَمِلَتْ أَيْدِينَآ أَنْعَٰمًا فَهُمْ لَهَا مَٰلِكُونَ

Arab-Latin: A wa lam yarau annā khalaqnā lahum mimmā 'amilat aidīnā an'āman fa hum lahā mālikụn

Artinya: Dan apakah mereka tidak melihat bahwa sesungguhnya Kami telah menciptakan binatang ternak untuk mereka yaitu sebahagian dari apa yang telah Kami ciptakan dengan kekuasaan Kami sendiri, lalu mereka menguasainya?

« Yasin 70Yasin 72 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Kandungan Berharga Terkait Dengan Surat Yasin Ayat 71

Paragraf di atas merupakan Surat Yasin Ayat 71 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada kumpulan kandungan berharga dari ayat ini. Ditemukan kumpulan penjelasan dari para ulama berkaitan isi surat Yasin ayat 71, di antaranya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Apakah para makhluk tidak melihat bahwa Kami menciptakan ternak-ternak untuk mereka, Kami menundukannya untuk mereka, lalu mereka bisa mengendalikan ternak-ternak itu?


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

71. Tidakkah manusia melihat bahwa Kami menciptakan bagi mereka berbagai jenis hewan ternak, seperti unta, sapi, kambing, dan lain sebagainya. Dan Kami jadikan hewan-hewan itu dalam kuasa mereka, mereka dapat mengarahkannya sesuai apa yang mereka kehendaki.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

71. Apakah mereka tidak melihat bahwa Kami menciptakan untuk mereka hewan ternak, mereka menguasai hewan-hewan tersebut, mereka menggunakannya untuk kemaslahatan mereka.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

71. أَوَلَمْ يَرَوْا۟ أَنَّا خَلَقْنَا لَهُم مِّمَّا عَمِلَتْ أَيْدِينَآ أَنْعٰمًا (Dan apakah mereka tidak melihat bahwa sesungguhnya Kami telah menciptakan binatang ternak untuk mereka yaitu sebahagian dari apa yang telah Kami ciptakan dengan kekuasaan Kami sendiri)
Ataukah mereka tidak berfikir dan menghayati bahwa Kami ciptakan bagi mereka sapi, kambing, dan unta tanpa bantuan seorangpun atau sekutu.

فَهُمْ لَهَا مٰلِكُونَ (lalu mereka menguasainya)
Yakni mereka dapat mengendalikan dan mengaturnya, mereka dapat mengarahkannya sesuai keinginan mereka; seandainya Kami menciptakannya sebagai hewan liar niscaya ia akan lari dari mereka dan tidak akan mampu mengendalikannya.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

Apa hikmah di balik penyebutan ternak dalam ayat ini? Al-Qasimi berkata: “Rahasia dalam memilih nikmat ini, dan mengingatkannya akan nikmat ini, adalah bahwa ini adalah sumber kehidupan orang-orang Arab dan dasar penghidupan mereka. Sebab dari padanyalah makanan mereka, minuman mereka, pakaian mereka, perabotan mereka, tenda-tenda mereka, kendaraan mereka, dan unta-unta mereka. Seandainya bukan karena kemurahan Yang Maha Kuasa atas mereka dengan menundukkannya kepada mereka, niscaya tidak akan ada gunanya bagi mereka. ”


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

71. Apakah orang-orang musyrik itu tidak mengetahui (Istifham berfungsi untuk menginformasikan) bahwa Aku telah menciptakan bagi mereka hewan-hewan ternak (yaitu unta, sapi dan kambing). Lalu mereka memiliki, mengendalikan dan mengaturnya sesuai kehendak mereka?!


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Apakah mereka tidak mengetahui bahwa Kami telah menciptakan untuk mereka hewan-hewan ternak dari ciptaan tangan Kami, lalu mereka menjadi pemiliknya


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

71-73. Allah memerintahkan hamba-hambaNya untuk memperhatikan (merenungkan) kepada apa yang ditundukkan dan dipatuhkan oleh Allah kepada mereka, yaitu hewan ternak dan menjadikan mereka dapat memilkinya, dan hewan-hewan itu patuh kepada mereka pada setiap perintah yang mereka kehendaki; dan bahwa sesungguhnya Allah menciptakan banyak manfaat pada hewan-hewan ternak itu untuk mereka, seperti untuk mengangkut mereka, mengangkut barang-barang bawaan, harta benda dan barang-barang dagangan mereka dari satu tempat ketempat lain, dan mereka juga dapat mengkonsumsi binatang-binatang ternak tersebut. Dan juga manfaat untuk kehangatan badan, dan dari kulit dan bulunya dapat dijadikan perabot dan alat-alat untuk kesenangan hingga waktu yang telah ditentukan. Dan padanya terdapat manfaat sebagai perhiasan dan keindahan dan berbagai manfaat lainnya yang sudah kita saksikan. “maka mengapakah mereka tidak bersyukur,” kepada Allah yang telah mengaruniakan nikmat-nikmat tersebut dan tulus beribadah hanya kepadaNya, serta tidak menikmatinya dengan cara yang kosong dari ibrah dan fikrah (pelajaran dan penghayatan)?


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 71-73
Allah SWT menyebutkan nikmat yang Dia berikan kepada ciptaanNya berupa binatang-binatang ternak yang Dia tundukkan bagi mereka (lalu mereka menguasainya) Qatadah berkata bahwa maknanya adalah mereka dapat menaklukkannya, yaitu Dia menjadikan mereka bisa menaklukkannya sehingga binatang ternak itu jinak bagi mereka dan tidak liar. Bahkan seandainya anak kecil datang mendekati unta, tentu anak kecil itu dapat membuatnya merundukkan tubuhnya, atau membuatnya berdiri atau menggiringnya, dan unta itu akan jinak dan mengikuti apa yang dikehendakinya. Demikian juga seandainya sekumpulan ternak unta terdiri dari seratus ekor atau lebih, maka semuanya berjalan sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh anak itu.
Firman Allah SWT: (maka sebagiannya menjadi tunggangan mereka dan sebagiannya mereka makan) yaitu di antara binatang ternak itu ada yang dapat mereka kendarai dan angkutan barang dalam perjalanan mereka menuju ke berbagai daerah (dan sebagiannya mereka makan) Jika mereka menghendaki, mereka boleh saja menyembelihnya dan memakan dagingnya (Dan mereka memperoleh padanya manfaat) yaitu dari bulunya menjadi alat-alat rumah tangga dan perhiasan sampai waktu tertentu (dan minuman) yaitu dari air susunya dan air kencingnya bagi orang yang mau beraubat dengannya (Maka mengapakah mereka tidak bersyukur?) yaitu, mengapa mereka tidak mengesakan Dzat yang Maha Pencipta dan menundukkan itu, bahkan mereka menyekutukanNya dengan yang lain?


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Yasin ayat 71: Allah memerintahkan hamba-Nya untuk melihat apa yang menetap atas kenikmatan-kenikmatan yang beraneka ragam, Allah berkata: Tidakkah kalian melihat kekuasaan Allah yang bahwasanya Allah menciptakan kenikmatan-kenikmatan ini karena sebab diri-diri kalian. Kemudian Allah yang memiliki dan berkuasa atas kalian sebagaimana yang Allah kehendaki.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Allah Subhaanahu wa Ta'aala memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk memperhatikan makhluk yang Allah tundukkan untuk mereka seperti halnya hewan ternak, Dia menjadikan mereka memilikinya, selalu taat memenuhi apa yang mereka inginkan, Dia juga menjadikan di dalamnya berbagai manfaat yang banyak untuk mereka seperti dapat membawa mereka, membawa beban berat milik mereka serta perlengkapan mereka dari tempat yang satu ke tempat yang lain, dan mereka juga dapat memakannya, dapat memanfaatkan kulitnya untuk menghangatkan badan, demikian pula memanfaatkan kulitnya dan bulunya sebagai perlengkapan rumah tangga atau sebagai kesenangan sampai waktu yang ditentukan, dan manfaat lainnya yang diperoleh dari hewan tersebut.

Yaitu unta, sapi dan kambing.

Yakni Kami menciptakannya sendiri tanpa ada yang membantu.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yasin Ayat 71

Kami telah memberi peringatan kepada orang-orang kafir itu. Dan tidakkah mereka melihat bahwa kami telah menciptakan hewan ternak untuk mereka seperti unta, sapi, dan kambing, yaitu sebagian dari apa yang telah kami ciptakan dengan kekuasaan kami, lalu mereka menguasainya untuk memperoleh manfaat darinya sedemikian rupa' seharusnya me-reka mensyukuri hal tersebut, bukan mengingkarinya. 72. Dan tidak hanya menciptakan hewan-hewan itu, kami pun menundukkannya untuk mereka, lalu sebagiannya mereka manfaatkan untuk menjadi tunggangan dan alat angkut mereka serta barang-barang me-reka, dan sebagian dari hewan-hewan itu kami ciptakan untuk mereka makan dagingnya.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Itulah aneka ragam penafsiran dari banyak mufassirun terhadap isi dan arti surat Yasin ayat 71 (arab-latin dan artinya), moga-moga bermanfaat bagi kita semua. Dukunglah syi'ar kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Cukup Sering Dibaca

Tersedia ratusan halaman yang cukup sering dibaca, seperti surat/ayat: Yusuf 28, Al-Fatihah, Seribu Dinar, Al-Isra 32, Adh-Dhuha, An-Naba. Juga Al-Kafirun, Al-A’la, Al-Qadr, Do’a Setelah Adzan, Al-Falaq, Al-Hujurat 13.

  1. Yusuf 28
  2. Al-Fatihah
  3. Seribu Dinar
  4. Al-Isra 32
  5. Adh-Dhuha
  6. An-Naba
  7. Al-Kafirun
  8. Al-A’la
  9. Al-Qadr
  10. Do’a Setelah Adzan
  11. Al-Falaq
  12. Al-Hujurat 13

Pencarian: walau anna quranan, quran surat ar rahman, surah wadduha, al baqarah ayat 27, surat al mudatsir

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
✅ Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
 
✅ Klik *tafsirweb.com/pahala* lalu kirim informasi ini ke 5 group lainnya untuk dapat pahala jariyah

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini 👉 pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti 👉 klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: