Surat Yasin Ayat 19

قَالُوا۟ طَٰٓئِرُكُم مَّعَكُمْ ۚ أَئِن ذُكِّرْتُم ۚ بَلْ أَنتُمْ قَوْمٌ مُّسْرِفُونَ

Arab-Latin: Qālụ ṭā`irukum ma'akum, a in żukkirtum, bal antum qaumum musrifụn

Artinya: Utusan-utusan itu berkata: "Kemalangan kamu adalah karena kamu sendiri. Apakah jika kamu diberi peringatan (kamu bernasib malang)? Sebenarnya kamu adalah kaum yang melampui batas".

« Yasin 18Yasin 20 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Hikmah Mendalam Terkait Dengan Surat Yasin Ayat 19

Paragraf di atas merupakan Surat Yasin Ayat 19 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam hikmah mendalam dari ayat ini. Terdokumentasikan bermacam penjabaran dari berbagai mufassirin terhadap isi surat Yasin ayat 19, antara lain seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Para utusan itu berkata, “Pesimistis kalian dan amal perbuatan kalian berupa syirik dan keburukan adalah karena kalian sendiri dan itu tertolak atas kalian. Apakah bila kalian diingatkan dengan sesuatu yang mengandung kebaikan bagi kalian, kalian merasa pesimis dan kalian mengancam kami dengan rajam dan siksaan? Sebaliknya kalian adalah suatu kaum yang sudah terbiasa melampaui batas dan berbuat maksiat dan mendustakan.”


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

19. Maka para rasul menjawab dengan penuh peringatan: “Kesialan kalian tidak akan terlepas dari diri kalian, karena amal perbuatan kalianlah yang akan menyeret kalian kepada kebinasaan. Apakah seperti ini kalian membalas nasehat dan peringatan?! Sungguh kalian adalah kaum yang tenggelam dalam kemewahan, dan melawan setiap orang yang menghalangi kalian dari hawa nafsu kalian.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

19. Para Rasul menjawab mereka, “Kesialan selalu menempel pada diri kalian karena kalian kafir kepada Allah dan menolak mengikuti para Rasul-Nya. Apakah kalian merasa sial manakala kami mengingatkan kalian kepada Allah? Justru kalian adalah kaum yang berlebih-lebihan dalam mempraktikkan kekufuran dan kemaksiatan.”


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

19. قَالُوا۟ طٰٓئِرُكُم مَّعَكُمْ ۚ (Utusan-utusan itu berkata: “Kemalangan kamu adalah karena kamu sendiri)
Yakni kesialan kalian adalah karena diri kalian sendiri yang selalu menyertai kalian akibat mendustakan kami, sehingga sebab kesialan itu adalah kalian dan bukan kami.

أَئِن ذُكِّرْتُم ۚ( Apakah jika kamu diberi peringatan (kamu bernasib malang)?)
Yakni apakah akibat kami ingatkan kalian dengan Allah, kemudian kalian menganggap kami sebagai kesialan bagi kalian?

بَلْ أَنتُمْ قَوْمٌ مُّسْرِفُونَ(Sebenarnya kamu adalah kaum yang melampui batas)
Yakni sangat keterlaluan dalam melawan kebenaran.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

19. Para utusan itu berkata: “Kemalangan yang menyertai kalian itu karena kekufuran dan pendustaan kalian. Apakah jika kami mengingatkan kalian tentang Allah, kalian beranggapan bahwa kemalangan akan berlaku atas kalian, lalu kalian mengancam akan membunuh kami?” Yang dimaksud itu adalah pertanyaan ejekan, bahkan kalian adalah kaum yang melampaui batas dalam kesyirikan dan kemaksiatan. {Bal} adalah huruf yang berfungsi untuk berpindah dari satu kalam ke kalam lainnya


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Mereka berkata,“Kemalangan kalian itu karena kalian sendiri} kesialan kalian itu bersama kalian karena kekufuran kalian dan pendustaan kalian terhadap para rasul {Apakah karena kalian diberi peringatan} karena kalian diberi pelajaran tentang Allah kalian menjadi sial dan kufur {Sebenarnya kalian adalah kaum yang melampaui batas} melampaui batas-batas ketentuan Allah


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

19. Para rasul itu berkata kepada mereka, “Kemalanganmu itu adalah karena kamu sendiri,” yaitu syirik dan kejahatan yang ada pada kalian yang berakibat pada terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, berupa bencana dan dicabutnya hal-hal yang dicintai dan nikmat. “Apakah jika kamu diberi peringatan,” yakni, karena kami mengingatkan kalian kepada apa yang di situ terdapat kebaikan dan nasib baik kalian, maka kalian mengatakan kepada kami apa yang telah kalian katakana? “Sebenarnya kamu adalah kaum yang berlebihan,” melampaui batas dan sombong dalam bicara. Maka seruan mereka (para rasul itu) tidak menambah selain mereka semakin jauh dan semakin sombong.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 18-19
Maka pada saat itu juga penduduk negeri itu berkata kepada mereka: (Sesungguhnya kami bernasib malang karena kamu) yaitu, kami tidak melihat pada wajah kalian kebaikan bagi kehidupan kami.
Qatadah berkata bahwa mereka berkata,"Jika kami ditimpa keburukan, maka sesungguhnya hal itu karena adanya kalian"
Mujahid berkata bahwa mereka berkata,"Tidak ada seorang pun yang seperti kalian masuk ke sebuah negeri, melainkan penduduknya diazab" (sesungguhnya jika kamu tidak berhenti (menyeru kami), niscaya kami akan merajam kamu)
Qatadah berkata yaitu dengan batu
(dan kamu pasti akan mendapat siksa yang pedih dari kami) yaitu hukuman keras. Maka para utusan mereka berkata kepada mereka: (Kemalangan kamu itu adalah karena ulah kamu sendiri) yaitu kembali kepada kalian sendiri. Sebagaimana firmanNya tentang kaum Fir'aun: (Kemudian apabila datang kepada mereka kemakmuran, mereka berkata, "Ini adalah karena (usaha) kami.” Dan jika mereka ditimpa kesusahan, mereka lemparkan sebab kesialan itu kepada Musa dan orang-orang yang besertanya. Ketahuilah, sesungguhnya kesialan mereka itu adalah ketetapan dari Allah) (Surah Al-A'raf: 131)
Qatadah dan Wahb bin Munabbih berkata, yaitu yakni amal perbuatan kalian. Allah SWT berfirman: (Dan jika mereka memperoleh kebaikan, mereka mengatakan, "Ini adalah dari sisi Allah.” Dan kalau mereka ditimpa sesuatu bencana, mereka mengatakan, "Ini (datangnya) dari sisi kamu (Muhammad)” Katakanlah, "Semuanya (datang) dari sisi Allah.” Maka mengapa orang-orang itu (orang munafik) hampir-hampir tidak memahami pembicaraan sedikit pun) (Surah An-Nisa: 78) Firman Allah SWT: (Apakah jika kamu diberi peringatan (kamu bernasib malang)? Sebenarnya kamu adalah kaum yang melampaui batas) yaitu karena kami memberikan peringatan kepada kalian dan memerintahkan kepada kalian agar mengesakan Allah dan memurnikan penyembahan hanya kepadaNya, lalu kalian membalas kami dengan ucapan ini, dan kalian mengancam dan menindas kami. Bahkan kalian adalah kaum yang melampaui batas.
Qatadah berkata bahwa sesungguhnya kami peringatkan kalian tentang azab Allah, lalu kalian menimpakan kesialan kalian kepada kami, (sebenarnya kalian ini adalah kaum yang melampaui batas)


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Yasin ayat 19: Para Rasul berkata kepada mereka : Sesungguhnya datangnya kesengsaraan kepada kalian karena sebab kekufuran kalian dan pengingkaran kalian. Apakah kalian menghinakan kami dan mengancam kami karena kami mengingatkan dan memperingatkan kalian?! Sungguh kalian adalah kaum yang sombong, yang melanggar aturan Allah dengan kekufuran dan pengingkaran.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni karena kekafiranmu, perbuatan syirkmu dan karena maksiatmu, di mana perbuatan itu menghendaki datangnya sesuatu yang tidak diinginkan, siksa dan tercabutnya hal yang dicintai dan nikmat.

Dengan sesuatu yang terdapat kebaikan bagimu dan keuntungan untukmu.

Seruan tiga orang utusan itu tidak menambah mereka selain menambah mereka jauh dan menyombongkan diri.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yasin Ayat 19

Mereka, yakni ketiga utusan itu, berkata, 'kemalangan kamu itu adalah karena perbuatan buruk kamu sendiri. Kamu bernasib buruk akibat keengganan kamu menerima ajakan kami. Apakah karena kamu diberi peringatan, lalu kamu menuduh kami sebagai penyebab kemalangan itu' tuduhan kamu sama sekali tidak benar! sebenarnya kamu adalah kaum yang melampaui batas dalam kedurhakaan sehingga mengakibatkan penderitaan yang kamu sebut sebagai nasib sial. '20-21. Berita kedatangan ketiga utusan tersebut menyebar ke pelosok negeri. Dan datanglah dari ujung kota seorang laki-laki yang telah beriman kepada risalah nabi isa, konon bernama 'ab'b bin m's' an-najj'r, dengan bergegas. Dia berkata untuk menasihati penduduk negeri itu, 'wahai kaumku! percaya dan ikutilah utusan-utusan itu karena mereka benar-benar utusan Allah. Ikutilah orang yang tidak meminta imbalan apa pun kepadamu atas dakwah mereka itu; dan mereka adalah orang-orang yang mendapat petunjuk dari Allah. Ayat ini menegaskan pentingnya ketulusan dalam menjalankan setiap aktivitas dan tidak mengharapkan apalagi meminta imbalan materi.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikian variasi penjabaran dari banyak ulama tafsir terhadap kandungan dan arti surat Yasin ayat 19 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa manfaat bagi kita semua. Support perjuangan kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Paling Sering Dibaca

Tersedia ratusan materi yang paling sering dibaca, seperti surat/ayat: Al-Bayyinah, Alhamdulillah, Al-Fil, Yusuf 4, Al-Fath, Al-Insyirah. Juga Al-Baqarah 183, Inna Lillahi, Ali ‘Imran 159, Al-‘Alaq, Al-Ma’un, At-Tin.

  1. Al-Bayyinah
  2. Alhamdulillah
  3. Al-Fil
  4. Yusuf 4
  5. Al-Fath
  6. Al-Insyirah
  7. Al-Baqarah 183
  8. Inna Lillahi
  9. Ali ‘Imran 159
  10. Al-‘Alaq
  11. Al-Ma’un
  12. At-Tin

Pencarian: al baqarah ayat 285 latin, an abasa, as sajdah ayat 5, surat 10 ayat 13, wasjud waqtarib

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
✅ Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
 
✅ Klik *tafsirweb.com/pahala* lalu kirim informasi ini ke 5 group lainnya untuk dapat pahala jariyah

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini 👉 pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti 👉 klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: