Quran Surat Yasin Ayat 14

إِذْ أَرْسَلْنَآ إِلَيْهِمُ ٱثْنَيْنِ فَكَذَّبُوهُمَا فَعَزَّزْنَا بِثَالِثٍ فَقَالُوٓا۟ إِنَّآ إِلَيْكُم مُّرْسَلُونَ

Arab-Latin: Iż arsalnā ilaihimuṡnaini fa każżabụhumā fa 'azzaznā biṡāliṡin fa qālū innā ilaikum mursalụn

Terjemah Arti: (yaitu) ketika Kami mengutus kepada mereka dua orang utusan, lalu mereka mendustakan keduanya; kemudian Kami kuatkan dengan (utusan) yang ketiga, maka ketiga utusan itu berkata: "Sesungguhnya kami adalah orang-orang di utus kepadamu".

Tafsir Quran Surat Yasin Ayat 14

13-14. Dan buatlah (wahai Rasul) sebuah perumpamaan bagi orang-orang musyrik dari kaummu yang menolak dakwahmu, agar mereka bisa mengambil pelajaran darinya, yaitu kisah penduduk sebuah desa, tatkala para utusan datang kepada mereka, yaitu tatkala Kami mengutus dua orang Rasul kepada mereka untuk berdakwah kepada mereka untuk beriman kepada Allah dan meninggalkan ibadah kepada selainNya, maka penduduk desa itu mendustakan kedua utusan tersebut, maka Kami menguatkan keduanya dengan utusan ketiga, maka ketiga utusan tersebut berkata kepada penduduk kampong tersebut, “Wahai kaum, sesungguhnya kami ini diutus kepada kalian.”

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

14. Manakala Kami mengutus pertama kali kepada mereka dua orang rasul untuk mengajak mereka kepada Tauhid dan penyembahan kepada Allah, lalu mereka mendustakan keduanya, lalu Kami mendukung dua rasul itu dengan rasul yang ketiga. Maka ketiga rasul itu berkata kepada penduduk negeri, "Sesungguhnya kami bertiga ini adalah utusan Allah kepada kalian untuk mengajak kalian agar mentauhidkan Allah dan mengikuti syariat-Nya."

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

14. إِذْ أَرْسَلْنَآ إِلَيْهِمُ اثْنَيْنِ ((yaitu) ketika Kami mengutus kepada mereka dua orang utusan)
Sebab Isa mengutus mereka berdua atas perintah Allah.

فَكَذَّبُوهُمَا(lalu mereka mendustakan keduanya)
Yakni mendustakan risalah yang mereka bawa. Dikatakan bahwa mereka memukuli dan memenjarakan keduanya.

فَعَزَّزْنَا بِثَالِثٍ(kemudian Kami kuatkan dengan (utusan) yang ketiga)
Yakni Kami kuatkan dan kokohkan keduanya dengan urusan ketiga.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

14. Ketika Kami mengutus untuk mereka dua orang. Isa mengutus mereka berdua atas perintah Allah, namun mereka mendustakan risalah keduanya. Kemudian Kami menguatkan keduanya dengan utusan ketiga dan mereka berkata kepada penduduk negeri itu: “Sesungguhnya kami diutus oleh Tuhan untuk kalian untuk mengajak kalian mengesakan Allah dan menaatiNya”

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

Allah menjelaskan bahwasanya Dia memerintahkan Isa sebagai utusan yang diutus kepada negeri ini, yaitu berdakwah kepada keimanan diketahui ketauhidan. Akan tetapi mereka mendustakan utusan-utusan Allah dan bertambah kesesatan mereka yang diiringi dengan penolakan.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

14. “Yaitu ketika Kami mengutus kepada mereka dua orang utusan, lalu mereka mendustakan keduanya; kemudian Kami kuatkan dengan ketiga.” Maksudnya, Kami perkuat keduanya dengan orang ketiga, sehingga mereka menjadi tiga orang utusan, sebagai bentuk perhatian Allah kepada mereka dan sebagai penegakkan hujjah dengan berdatangannya para rasul (utusan) itu kepada mereka secara bergantian, “maka mereka berkata,” kepada mereka (orang-orang musyrik itu) “Sesungguhnya kami adalah orang-orang yang diutus kepadamu.”

Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

Ini menunjukkan perhatian besar dari Allah kepada mereka dan penegakkan hujjah dengan berturt-turutnya para utusan.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Ceritakanlah ketika kami mengutus kepada mereka dua orang utusan untuk menyeru mereka agar bertauhid dan beriman kepada risalah kenabian serta hari kebangkitan, lalu mereka mendustakan keduanya; kemudian kami kuatkan mereka berdua dengan utusan yang ketiga, maka ketiga utusan itu berkata, 'sungguh, kami adalah orang-orang yang diutus kepada kamu. '15. Penduduk negeri itu mengabaikan dakwah ketiga utusan tersebut. Mereka menjawab, 'kamu bertiga ini hanyalah manusia seperti kami; tidak ada kelebihan apa pun pada diri kamu atas kami, dan Allah yang maha pengasih sama sekali tidak menurunkan sesuatu apa pun berupa perintah maupun larangan; kamu hanyalah pendusta belaka dalam pengakuan kamu sebagai utusan tuhan. '.

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Lainnya: Yasin Ayat 15 Arab-Latin, Yasin Ayat 16 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Yasin Ayat 17, Terjemahan Tafsir Yasin Ayat 18, Isi Kandungan Yasin Ayat 19, Makna Yasin Ayat 20

Terkait: « | »

Kategori: 036. Yaa Siin

Trending: Surat Yasin, Surat Al-Waqiah, Surat Al-Mulk, Surat Al-Kahfi, Ayat Kursi