Surat Al-‘Ankabut Ayat 44

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

خَلَقَ ٱللَّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ بِٱلْحَقِّ ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَةً لِّلْمُؤْمِنِينَ

Arab-Latin: Khalaqallāhus-samāwāti wal-arḍa bil-ḥaqq, inna fī żālika la`āyatal lil-mu`minīn

Artinya: Allah menciptakan langit dan bumi dengan hak. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang-orang mukmin.

« Al-'Ankabut 43Al-'Ankabut 45 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Berharga Terkait Dengan Surat Al-‘Ankabut Ayat 44

Paragraf di atas merupakan Surat Al-‘Ankabut Ayat 44 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada pelbagai pelajaran berharga dari ayat ini. Didapatkan pelbagai penjelasan dari banyak ahli tafsir berkaitan isi surat Al-‘Ankabut ayat 44, antara lain sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Allah menciptakan langit dan bumi dengan asas keadilan dan keseimbangan. Sesungguhnya dalam penciptaanNya tersebut benar-benar terkandung bukti yang besar atas KuasaNya dan keberhakanNya sebagai satu-satunya yang berhak disembah. Dalam ayat ini Allah menyebutkan “orang-orang yang beriman” secara khusus, karena merekalah yang mengambil manfaat dari hal itu.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

44. Allah menyampaikan kepada orang-orang beriman bahwa Dia yang menciptakan langit dan bumi dengan teratur, segala sesuatunya dengan perhitungan. Keduanya adalah tanda yang jelas atas keesaaan dan kekuasaan Allah, dan hendaklah mereka menghayati besarnya penciptaan langit dan bumi.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

44. Allah -Subḥānahu wa Ta'ālā- menciptakan langit dan menciptakan bumi dengan hak, Dia tidak menciptakannya dengan batil, tidak pula menciptakannya dengan sia-sia. Sesungguhnya dalam penciptaan itu benar-benar terdapat tanda-tanda yang nyata atas kekuasaan Allah bagi orang-orang yang beriman, karena orang-orang yang beriman lah yang mau berdalil dengan makhluk Allah atas kekuasaan Żat Yang Maha Pencipta. Adapun orang-orang kafir, mereka itu melalui tanda-tanda yang ada di ufuk maupun yang ada pada diri mereka sendiri tidak mampu membuat perhatian mereka tergugah atas keagungan Sang Pencipta dan kekuasaan-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

44. خَلَقَ اللهُ السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضَ بِالْحَقِّ ۚ (Allah menciptakan langit dan bumi dengan hak)
Yakni dengan keadilan untuk menjaga kemaslahatan hamba-hamba-Nya.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

44. Allah menciptakan langit dan bumi secara adil dan penuh perlindungan terhadap para hamba(Nya) dengan penuh hikmah dan tidak sia-sia. Dalam penciptaan keduanya (langit dan bumi) Dia tidak dibantu siapa pun. Sesungguhnya dalam penciptaan itu ada petunjuk atas keesaan Allah dan kekuasaanNya kepada orang-orang mukmin karena mereka adalah orang-orang yang mengambil manfaat dari hal itu untuk menambah keimanan bukan untuk kekufuran. Yang dimaksud dengan firmanNya {bil haqqi} yaitu mengandung hikmah yang luhur sebagaimana yang disebutkan


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

44. Maksudnya Dia-lah Allah Yang Esa, Yang menciptakan langit dengan keluhuran, ketinggian, keluasan, dan keindahannya, dan segala sesuatu yang ada di dalamnya seperti matahari, bulan, bintang-bintang dan para malaikat, dan bumi beserta segala apa yang ada padanya seperti gunung-gunung, lautan, daratan, gurun, pohon-pohon dan lain-lain. Semua itu Dia ciptakan dengan benar. Maksudnya, Dia tidak menciptakannya dengan sia-sia atau tidak berguna, atau tidak bermanfaat. Sesungguhnya Dia menciptakannya agar perintah dan syariatnya tegak, dan agar kenikmatannya terhadap segenap hambaNya menjadi sempurna, serta agar mereka melihat bagian dari kebijaksanaanNya, kemahaperkasaanNya dan kemahakuasaanNya, sesuatu yang menunjukkan bahwa sesungguhnya hanya Dia-lah sembahan mereka, Dia-lah yang berhak mereka cintai dan Dia-lah tuhan mereka.
“Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang-orang Mukmin,” sesuai dengan banyaknya tuntutan keimanan, jika seorang yang beriman merenungkannya, niscaya ia dapat melihatnya dengan mata kepala.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 44-45
Allah SWT berfirman seraya memberitahukan tentang kekuasaanNya yang Maha Agung, bahwa Dia telah menciptakan langit dan bumi dengan benar, yaitu bukan sia-sia dan untuk main-main (supaya tiap-tiap diri itu dibalas dengan apa yang ia usahakan) (Surah Thaha: 15) dan (supaya Dia memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat jahat terhadap apa yang telah mereka kerjakan dan memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik dengan pahala yang lebih baik (surga)) (Surah An-Najm: 31)
Firman Allah SWT: (Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang-orang yang mukmin) yaitu untuk bukti yang jelas bahwa hanya Allahlah yang menciptakan, mengatur dan menjadi Tuhan
Kemudian Allah SWT berfirman seraya memerintahkan kepada RasulNya dan orang-orang mukmin untuk membaca Al-Qur'an dan menyampaikannya kepada manusia (dan dirikanlah shalat, sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan munkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (salat) adalah lebih besar (keutamaannya daripada ibadah-ibadah yang lain)) yaitu bahwa shalat itu mengandung dua hikmah, yaitu mencegah perbuatan keji dan perbuatan munkar. yaitu membuatnya gigih untuk menghindari hal itu.
SHalat juga mengandung tindakan mengingat Allah yang merupakan rukun terbesar, Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Dan sesungguhnya mengingat Allah (salat) adalah lebih besar) yaitu lebih agung pahalanya daripada yang pertama (Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan) yaitu Allah mengetahui semua perbuatan dan ucapan kalian
Ali bin Abi Thalhah meriwayatkan dari Ibnu Abbas tentang firmanNya: (Dan sesungguhnya mengingat Allah (salat) adalah lebih besar) dia berkata bahwa maknanya adalah sungguh Allah mengingat para hambaNya itu lebih besar daripada mereka mengingat­Nya. Demikian juga diriwayatkan oleh Mujahid dan lainnya


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-‘Ankabut ayat 44: Ketahuilah bahwasanya Allah sendirilah dalam penciptaan langit dan bumi dengan keadilan-Nya dan menurut bagiannya masing-masing, pada keterangan ini terdapat petunjuk dan tanda-tanda yang jelas atas hikmah-Nya dan kuasa-Nya serta Allah mengajarkan kepada manusia. Dan tidaklah mengambil manfaat dari permisalan tanda-tanda ini kecuali hanyalah orang-orang yang beriman yang mereka membenarkan Allah dan rasul-Nya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Maksudnya, Allah Subhaanahu wa Ta'aala sendiri yang menciptakan langit dengan keadaannya yang tinggi, luas, indah dan apa yang ada di sana seperti matahari, bulan, bintang, malaikat, dll. demikian pula Allah sendiri yang menciptakan bumi dan apa yang ada di sana seperti gunung-gunung, lautan, daratan, padang sahara, pepohonan dan lain-lain. Dia menjadikan semua itu bukanlah untuk main-main, melainkan dengan penuh hikmah, agar perintah dan syari’at-Nya tegak, agar nikmat-Nya kepada hamba-hamba-Nya semakin sempurna, dan agar mereka mengetahui kebijaksanaan-Nya, keperkasaan-Nya, dan pengaturan-Nya, di mana hal itu menunjukkan keesaan-Nya, keberhakan-Nya untuk disembah, dan dicintai oleh semua makhluk-Nya.

Bisa juga maksudnya, terdapat tanda yang menerangkan tuntutan keimanan jika seorang mukmin mau memikirkannya.

Disebutkan “orang-orang yang beriman” secara khusus karena hanya mereka yang dapat mengambil manfaat daripadanya, berbeda dengan orang-orang kafir.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-‘Ankabut Ayat 44

-.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah beragam penjabaran dari beragam ahli ilmu terhadap kandungan dan arti surat Al-‘Ankabut ayat 44 (arab-latin dan artinya), semoga bermanfaat bagi kita bersama. Support usaha kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Tersering Dicari

Kami memiliki berbagai halaman yang tersering dicari, seperti surat/ayat: Az-Zariyat 56, Ali ‘Imran 133, Al-Jumu’ah 9, Al-Ahzab 21, Ar-Ra’d, Al-Baqarah 2. Ada juga Al-Infithar, Al-Isra 23-24, Al-Isra 1, Al-Baqarah 30, Ali ‘Imran 134, Al-Baqarah 186.

  1. Az-Zariyat 56
  2. Ali ‘Imran 133
  3. Al-Jumu’ah 9
  4. Al-Ahzab 21
  5. Ar-Ra’d
  6. Al-Baqarah 2
  7. Al-Infithar
  8. Al-Isra 23-24
  9. Al-Isra 1
  10. Al-Baqarah 30
  11. Ali ‘Imran 134
  12. Al-Baqarah 186

Pencarian: ayat kursi al baqarah ayat berapa, surat al luqman ayat 16-19, surat al-baqarah ayat 5, arti surat al hujurat ayat 12 dan 13, surat ar rum ayat 20-21

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: