Surat Al-‘Ankabut Ayat 31


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

وَلَمَّا جَاءَتْ رُسُلُنَا إِبْرَاهِيمَ بِالْبُشْرَىٰ قَالُوا إِنَّا مُهْلِكُو أَهْلِ هَٰذِهِ الْقَرْيَةِ ۖ إِنَّ أَهْلَهَا كَانُوا ظَالِمِينَ

Arab-Latin: Wa lammā jā`at rusulunā ibrāhīma bil-busyrā qālū innā muhlikū ahli hāżihil-qaryah, inna ahlahā kānụ ẓālimīn

Terjemah Arti: Dan tatkala utusan Kami (para malaikat) datang kepada Ibrahim membawa kabar gembira, mereka mengatakan: "Sesungguhnya kami akan menghancurkan penduduk negeri (Sodom) ini; sesungguhnya penduduknya adalah orang-orang yang zalim".

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Dan tatkala para malaikat mendatangi Ibrahim dengan membawa berita gembira dari Allah dengan kelahiran Ishaq dan setelah Ishaq, kelahiran putranya Ya’qub. Para malaikat berkata kepada Ibrahim, “Sesungguhnya kami akan menghancurkan penduduk negeri kaum Luth ini, yaitu Sodom. Sesungguhnya penduduk negeri itu adalah orang-orang yang menzhalimi diri mereka sendiri dengan bermaksiat kepada Allah.”

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

31. Dan ketika Malaikat yang Kami utus datang kepada Ibrahim untuk memberinya kabar gembira dengan kelahiran Isḥāq, lalu kemudian disusul dengan kelahiran Ya'qūb, mereka berkata kepadanya, “Sesungguhnya kami akan menghancurkan penduduk negeri Sadūm, negeri kaum Lūṭ. Sesungguhnya penduduknya adalah orang-orang yang zalim karena perbuatan keji yang mereka lakukan.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

31. وَلَمَّا جَآءَتْ رُسُلُنَآ إِبْرٰهِيمَ بِالْبُشْرَىٰ (Dan tatkala utusan Kami (para malaikat) datang kepada Ibrahim membawa kabar gembira)
Yakni kabar gembira tentang kelahiran anaknya yang bernama Ishaq dan kelahiran cucunya yang bernama Ya’qub.

قَالُوٓا۟ إِنَّا مُهْلِكُوٓا۟ أَهْلِ هٰذِهِ الْقَرْيَةِ ۖ( mereka mengatakan: “Sesungguhnya kami akan menghancurkan penduduk negeri ini)
Yakni mereka mengatakan kepada Ibrahim perkataan ini.
Dan yang dimaksud dengan negeri di sini ialah negeri Sodom yang dihuni oleh kaum Luth.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

31. Dan ketika para malaikat utusan Kami datang kepada Ibrahim dengan membawa kabar baik tentang kelahiran Ishaq dan Ya’kub setelahnya, mereka berkata kepadanya: “Sesungguhnya kami akan menghancurkan penduduk kota Luth, yaitu kota Sodom. Sesungguhnya penduduknya menzalimi diri sendiri dengan berbuat maksiat serta mengingkari dan mendustakan utusan mereka”

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Allah mengabarkan bahwasanya para malaikat datang membawa kabar gembira kepada Ibrahim dengan kabar akan diberikan anak keturunan yang shalih, di mana para malaikat tersebut membawa kabar akan datangnya anak keturunan yaitu Ishaq dan Ya’qub, mereka para malaikat berkata : Sungguh kami akan membinasakan penduduk kaum Luth, karena mereka melanggar akan batasan-batasan Allah, dan mereka dzalim terhadap diri-diri mereka dengan kesyirikan , kekejian dan maksiat.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

-.

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Related: Surat Al-‘Ankabut Ayat 32 Arab-Latin, Surat Al-‘Ankabut Ayat 33 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-‘Ankabut Ayat 34, Terjemahan Tafsir Surat Al-‘Ankabut Ayat 35, Isi Kandungan Surat Al-‘Ankabut Ayat 36, Makna Surat Al-‘Ankabut Ayat 37

Category: Surat Al-'Ankabut


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!