Surat Al-‘Ankabut Ayat 28


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

وَلُوطًا إِذْ قَالَ لِقَوْمِهِ إِنَّكُمْ لَتَأْتُونَ الْفَاحِشَةَ مَا سَبَقَكُمْ بِهَا مِنْ أَحَدٍ مِنَ الْعَالَمِينَ

Arab-Latin: Wa lụṭan iż qāla liqaumihī innakum lata`tụnal-fāḥisyata mā sabaqakum bihā min aḥadim minal-'ālamīn

Terjemah Arti: Dan (ingatlah) ketika Luth berkata pepada kaumnya: "Sesungguhnya kamu benar-benar mengerjakan perbuatan yang amat keji yang belum pernah dikerjakan oleh seorangpun dari umat-umat sebelum kamu".

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

28-29. Dan ingatlah (wahai rasul) Luth ketika ia berkata kepada kaumnya, “Sesungguhnya kalian benar-benar telah mengerjakan perbuatan yang amat buruk. Tidak ada seorang pun yang mendahului kalian dengan perbuatan itu dari umat-umat sebelumnya. Apakah pantas kalian mendatangi sesama lelaki melalui dubur-duubur mereka dan kalian menghambat perjalanan orang-orang musafir dengan perbuatan keji kalian tersebut, serta melakukan perbuatan-perbuatan mungkar di tempat-tempat perkumpulan kalian seperti mengolok-olok manusia, melempari orang yang melintas dan mengganggu mereka dengan ucapan-ucapan dan perbuatan-perbuatan yang tidak sopan?” dalam ayat ini terdapat pemberitahuan tidak bolehnya orang-orang berkumpul-kumpul dalam kemungkaran yang dilarang oleh Allah dan RasulNya. Maka tidak ada jawaban dari kaum Luth kepadanya selain berkata, “Datangkanlah kepada kami siksaan Allah bila kamu termasuk orang-orang yang jujur dalam perkataan yang kamu ucapkan lagi dapat mewujudkan apa yang kamu ancamkan itu.”

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

28. Dan ingatlah -wahai Rasul- akan Nabi Lūṭ ketika dia berkata kepada kaumnya, “Sesungguhnya kalian melakukan dosa yang sangat buruk yang tidak pernah ada seorang pun di alam semesta ini yang melakukannya sebelum kalian, maka kalian adalah orang yang menggagas dosa yang tertolak oleh fitrah yang lurus.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

28. وَلُوطًا إِذْ قَالَ لِقَوْمِهِۦٓ إِنَّكُمْ لَتَأْتُونَ الْفٰحِشَةَ (Dan (ingatlah) ketika Luth berkata pepada kaumnya: “Sesungguhnya kamu benar-benar mengerjakan perbuatan yang amat keji)
Makna (الفاحشة) adalah sifat yang benar-benar buruk.

مَا سَبَقَكُم بِهَا مِنْ أَحَدٍ مِّنَ الْعٰلَمِينَ(yang belum pernah dikerjakan oleh seorangpun dari umat-umat sebelum kamu”)
Yakni tidak ada yang pernah melakukan perbuatan itu sebelumnya.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

28. Wahai Nabi, ingatlah juga Luth AS saat berkata kepada kaumnya: ”Sesungguhnya kalian mempraktekkan perbuatan buruk yang dibenci oleh orang-orang normal yaitu homo seksual, yaitu mendatangi dubur para lelaki. Belum ada satupun orang sebelum kalian yang melakukannya"

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Katakan wahai Nabi Allah kepada kaummu kisah tentang Luth bersama dengan kaumnya, di mana Luth berkata kepada kaumnya : Sungguh kalian telah melakukan perbuatan keji yang menjijikkan yang belum pernah dilakukan seorang manusia pun sebelum kalian.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Luth adalah anak saudara Ibrahim.

Kaum Luth di samping melakukan perbuatan syirk juga mengerjakan perbuatan keji, menyamun dan melakukan perbuatan munkar di majlis mereka, maka Luth menasehati mereka tentang perkara ini dan menerangkan keburukannya serta menerangkan akibat dari perbuatan itu, namun mereka tidak berhenti dan sadar.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

-.

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Related: Surat Al-‘Ankabut Ayat 29 Arab-Latin, Surat Al-‘Ankabut Ayat 30 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-‘Ankabut Ayat 31, Terjemahan Tafsir Surat Al-‘Ankabut Ayat 32, Isi Kandungan Surat Al-‘Ankabut Ayat 33, Makna Surat Al-‘Ankabut Ayat 34

Category: Surat Al-'Ankabut


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!