Surat Al-‘Ankabut Ayat 15


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

فَأَنْجَيْنَاهُ وَأَصْحَابَ السَّفِينَةِ وَجَعَلْنَاهَا آيَةً لِلْعَالَمِينَ

Arab-Latin: Fa anjaināhu wa aṣ-hābas-safīnati wa ja'alnāhā āyatal lil-'ālamīn

Terjemah Arti: Maka Kami selamatkan Nuh dan penumpang-penumpang bahtera itu dan Kami jadikan peristiwa itu pelajaran bagi semua umat manusia.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Maka Kami menyelamatkan Nuh dan orang-orang yang mengikutinya dari orang-orang yang bersamanya di dalam perahu. Dan Kami menjadikan

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

15. Maka Kami selamatkan Nuh dan orang-orang beriman yang bersamanya di dalam bahtera dari kebinasaan dengan tenggelam dan Kami jadikan bahtera itu sebagai pelajaran bagi manusia agar mereka mengambil hikmah darinya.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

15. فَأَنجَيْنٰهُ وَأَصْحٰبَ السَّفِينَةِ (Maka Kami selamatkan Nuh dan penumpang-penumpang bahtera itu)
Yakni Kami selamatkan Nuh dan keluarga serta keluarganya yang berada di atas perahu bersamanya. Namun terdapat perselisihan pendapat tentang jumlah mereka.

وَجَعَلْنٰهَآ (dan Kami jadikan peristiwa itu)
Yakni Kami jadikan perahu itu.

ءَايَةً لِّلْعٰلَمِينَ (pelajaran bagi semua umat manusia)
Yakni pelajaran besar bagi mereka. Perahu itu tetap berada di atas bukit Judiy dalam waktu yang lama.
Pendapat lain mengatakan maknanya adalah Kami jadikan peristiwa itu, atau keselamatan mereka itu, atau penenggelaman itu, sebagai pelajaran bagi mereka.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

15. Dan Kami selamatkan Nuh dan orang yang ikut bersamanya menaiki perahu, yaitu anak-anak dan para pengikutnya yang mukmin. Jumlah mereka adalah 80 orang atau bahkan lebih sedikit. Dan Kami jadikan perahu itu sebagai pelajaran dan nasehat bagi seluruh orang berilmu yang hidup setelah mereka

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Allah mengabarkan bahwasanya Dia menyelamatkan Nuh dan yang beriman bersamanya dengan menaiki kapal dari tenggelam dan kebinasaan, dan Allah jadikan kisah Nuh sebagai tanda dan pelajaran bagi seluruh alam yang mengambil pelajaran dari kisah tersebut.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Yakni, bahwa barang siapa mendurhakai utusan-Nya, maka mereka akan mendapatkan kebinasaan, dan bahwa orang-orang mukmin akan Allah bukakan jalan keluar bagi mereka dari setiap kecemasan dan membukakan jalan keluar dari setiap kesempitan.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Maka untuk mewujudkan janji kami selamatkan nuh dan orang-orang yang berada di kapal itu bersamanya, dan kami jadikan peristiwa itu sebagai pelajaran bagi semua manusia, terutama yang datang kemudian. 16. Selain nabi nuh, rasul pertama, nabi ibrahim juga mengalami hal yang sama. Dan ingatlah wahai rasul, kisah nabi ibrahim, ketika dia berkata kepada kaumnya, 'sembahlah dan patuhilah Allah dalam segala hal yang diperintahkan-Nya dengan penuh keikhlasan dan bertakwalah kepada-Nya dengan menghindari segala sesuatu yang dapat mendatangkannya siksa-Nya. Yang demikian itu, yakni kepatuhan dan ketakwaan, lebih baik bagimu daripada kekufuran, jika kamu mengetahui apa yang baik dan buruk bagimu.

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Related: Surat Al-‘Ankabut Ayat 16 Arab-Latin, Surat Al-‘Ankabut Ayat 17 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-‘Ankabut Ayat 18, Terjemahan Tafsir Surat Al-‘Ankabut Ayat 19, Isi Kandungan Surat Al-‘Ankabut Ayat 20, Makna Surat Al-‘Ankabut Ayat 21

Category: Surat Al-'Ankabut


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!