Daftar Isi > Al-Qashash > Al-Qashash 2

Surat Al-Qashash Ayat 2

تِلْكَ ءَايَٰتُ ٱلْكِتَٰبِ ٱلْمُبِينِ

Arab-Latin: Tilka āyātul-kitābil-mubīn

Artinya: Ini adalah ayat-ayat Kitab (Al Quran) yang nyata (dari Allah).

« Al-Qashash 1Al-Qashash 3 »

GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Pelajaran Menarik Tentang Surat Al-Qashash Ayat 2

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Qashash Ayat 2 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran menarik dari ayat ini. Terdokumentasi kumpulan penafsiran dari beragam ulama tafsir terhadap isi surat Al-Qashash ayat 2, sebagiannya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Ini adalah ayat-ayat al-Qur’an yang Aku turunkan kepadamu (wahai Rasul) untuk menjelaskan setiap yang dibutuhkan oleh hamba-hamba di dunia dan akhirat mereka.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

2. Ini adalah ayat-ayat Al-Qur`ān yang sangat jelas.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

2. Hai Rasulullah, al-Qur’an yang Kami wahyukan kepadamu memiliki kedudukan yang tinggi, ia mengandung ayat-ayat yang jelas dan mengandung kebahagiaan manusia di dunia dan di akhirat bagi orang yang menghayati dan mengamalkannya.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

2. Ini adalah ayat-ayat Al Quran yang nyata, jelas kebenarannya, bersih dari kesalahan, dan mengandung hukum-hukum dan syariat


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Itulah ayat-ayat kitab yang jelas


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

2. “Ini,” ayat-ayat yang berhak dimuliakan dan diagungkan, “adalah ayat-ayat al-Kitab (al-Quran) yang menjelaskan,” bagi segala perkara yang dibutuhkan oleh manusia, seperti mengenal Rabb mereka, mengenal hak-hakNya, mengenal para WaliNya dan musuh-musuhNya, mengenal peristiwa-peristiwa dan hari-hariNya, mengenal pahala perbuatan dan balasan orang-orang yang beramal. Jadi, al-Quran ini telah menjelaskan semua itu dengan sejelas –jelasnya, menampakannya kepada manusia serta menerangkannya.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Qashash ayat 2: Surat ini dimulai dengan dengan firman-Nya تِلكَ isyarat kebesaran ayat Al Qur’an yang mulia ini di mana Allah menurunkannya kepada Nabi-Nya ﷺ, dan isyarat bahwa ayat ini menjelaskan secara gamblang hukum-hukum Allah, syariat-syariat-Nya, perintah-perintahnya, larangan-larangan-nya, urusan-urusan dunia dan akhirat.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni menjelaskan mana yang hak dan mana yang batil, menjelaskan segala yang dibutuhkan hamba, seperti kebutuhan mengenal Tuhannya, mengenal hak-hak-Nya, mengenal siapa wali-Nya dan siapa musuh-Nya, mengenal peristiwa-peristiwa besar dan mengenal pembalasan terhadap amal. Termasuk di antara sekian yang dijelaskan Al Qur’an adalah kisah Musa bersama Fir’aun, di mana Al Qur’an menampilkan kisahnya dan mengulanginya di beberapa tempat, dan pada surah ini diterangkan secara lebih luasnya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Qashash Ayat 2

Ini ayat-ayat kitab Al-Qur'an yang amat mulia dan sangat tinggi kedudukannya, yang sangat jelas kebenarannya dari Allah, dan yang fungsinya menjelaskan segala macam persoalan manusia untuk mencapai kebahagiaannya. 3. Salah satu aspek penjelasannya adalah kami melalui malaikat jibril membacakan yakni menyampaikan kepadamu sebagian yakni beberapa episode dari kisah penting nabi musa dan fir'aun, penguasa mesir pada masanya. Pembacaan dan penyampaian itu dilakukan dengan sebenar-Nya dan sesuai dengan kenyataan untuk dimanfaatkan oleh orang-orang yang beriman dengan cara menarik pelajaran dari kisah tersebut.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Itulah aneka ragam penjelasan dari para ahli tafsir mengenai makna dan arti surat Al-Qashash ayat 2 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan untuk kita. Dukunglah syi'ar kami dengan mencantumkan hyperlink ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Alhamdulillaah, kini semakin mudah membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik link yang berwarna biru, pilih surat dan ayat yg mau dibaca, maka akan keluar tafsir lengkapnya.
 
*Klik » tafsirweb.com/start*
 
Dapatkan pahala jariyah dengan share info berharga ini

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: