Surat An-Naml Ayat 83

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ูˆูŽูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ู†ูŽุญู’ุดูุฑู ู…ูู† ูƒูู„ู‘ู ุฃูู…ู‘ูŽุฉู ููŽูˆู’ุฌู‹ุง ู…ู‘ูู…ู‘ูŽู† ูŠููƒูŽุฐู‘ูุจู ุจูู€ู”ูŽุงูŠูŽูฐุชูู†ูŽุง ููŽู‡ูู…ู’ ูŠููˆุฒูŽุนููˆู†ูŽ

Arab-Latin: Wa yauma naแธฅsyuru ming kulli ummatin faujam mim may yukaลผลผibu bi`ฤyฤtinฤ fa hum yแปฅza'แปฅn

Artinya: Dan (ingatlah) hari (ketika) Kami kumpulkan dari tiap-tiap umat segolongan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami, lalu mereka dibagi-bagi (dalam kelompok-kelompok).

ยซ An-Naml 82 โœต An-Naml 84 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Mendalam Mengenai Surat An-Naml Ayat 83

Paragraf di atas merupakan Surat An-Naml Ayat 83 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka kandungan mendalam dari ayat ini. Terdokumentasikan beraneka penafsiran dari banyak pakar tafsir berkaitan kandungan surat An-Naml ayat 83, misalnya sebagaimana tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Pada Hari kami menghimpun dari tiap-tiap umat segolongan orang yang mendustakan dalil-dalil dan hujjah-hujjah Kami, dimana barisan pertama dari mereka ditahan hingga orang-orang yang terakhir dari mereka supaya mereka semua dapat bergabung menjadi satu. Kemudian mereka digiring menuju proses perhitungan amal perbuatan.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

83. Hai Muhammad, ingatlah ketika dibangkitkan golongan orang-orang durhaka, yaitu para pemimpin orang-orang sesat yang secara terang-terangan menentang dan berpaling dari syariat Allah; mereka yang pertama-tama menghadap Tuhan mereka dan menyaksikan kengerian azab, mereka akan mendapat kehinaan; kemudian mereka akan digiring dan dikumpulkan dengan golongan mereka yang lain dalam keadaan yang menghinakan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

83. Ingatlah -wahai Rasul- suatu hari saat Kami mengumpulkan dari setiap umat sekelompok dari pembesar-pembesar mereka yang telah mendustakan ayat-ayat Kami, dari mulai awal hingga akhir dari mereka yang membantah, kemudian mereka digiring menuju perhitungan amal.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

83. ููŽู‡ูู…ู’ ูŠููˆุฒูŽุนููˆู†ูŽ(lalu mereka dibagi-bagi)
Yakni ingatlah Hai Muhammad, hari ketika Kami mengumpulkan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dari setiap umat, sehingga ketika itu orang yang terdahulu dari mereka akan berbantah dengan orang yang datang di generasi selanjutnya.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

83. Ingatlah wahai Nabi, hari ketika Kami kumpulkan golongan tiap-tiap umat yaitu orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami baik berupa kitab maupun rasul. Lalu mereka dibagi-bagi dalam kelompok-kelompok. Kemudian mereka diseret menuju tempat perkumpulan


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Pada hari (ketika) Kami mengumpulkan} mengumpulkan {segolongan} satu golongan {dari setiap umat, yaitu orang yang mendustakan ayat-ayat Kami, lalu mereka dibagi-bagi} mereka didorong dan digiring menuju tempat hisab


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

83. Allah mengabarkan tentang keadaan orang-orang yang mendustakan di suatu tempat pemberhentian pada Hari Kiamat, dan bahwasanya Allah akan menghimpun mereka dan setiap umat akan dikumpulkan secara bergelombang dan berkelompok, โ€œdari orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami, lalu mereka dibagi-bagi,โ€ dikumpulkan dari yang terdahulu kepada yang terakhir, dan yang terakhir kepada yang terdahulu, agar pertanyaan, cercaan dan makian meliputi mereka semua.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 83-86
Allah SWT berfirman seraya memberitahukan tentang hari kiamat dan pengumpulan orang-orang zalim dari kalangan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Allah dan rasul-rasulNya di hadapan Allah SWT agar Dia meminta pertanggungjawaban mereka terhadap apa yang telah mereka kerjakan selama di dunia, untuk mengecam, menghina, merendahkan dan meremehkan. Jadi Allah SWT berfirman: (Dan (ingatlah) hari (ketika) Kami kumpulkan dari tiap-tiap umat segolongan) yaitu setiap umat dan generasi segolongan manusia, yaitu secara bersamaan: (orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami) sebagaimana Allah SWT berfirman: ((kepada malaikat diperintahkan), "Kumpulkanlah orang-orang yang zalim beserta teman sejawat mereka") (Surah Ash-Shaffat: 22) dan (dan apabila roh-roh dipertemukan (dengan tubuh) (7)) (Surah At-Takwir). Dan firmanNya (lalu mereka dibagi-bagi (dalam kelompok-kelompok)) Ibnu Abbas berkata bahwa maknannya adalah mereka didorong
(Hingga apabila mereka datang) mereka dihentikan di hadapan Allah SWT di tempat pertanggungjawaban (Allah berfirman, "Apakah kalian telah mendustakan ayat-ayat-Ku, padahal ilmu kalian tidak meliputinya, atau apakah yang telah kalian kerjakan?") Maka mereka ditanyai tentang keyakinan dan amal perbuatan mereka, dan pastinya mereka bukan termasuk orang-orang yang berbahagia. Mereka seperti digambarkan oleh Allah SWT dalam firmanNya: (Dan ia tidak mau membenarkan (Rasul dan Al-Qur'an) dan tidak mau mengerjakan shalat (31) tetapi ia mendustakan (Rasul) dan berpaling (dari kebenaran) (32)) (Surah Al-Qiyamah) Maka pada saat itu ditegakkan hujjah atas mereka dan mereka tidak mempunyai alasan yang. Sebagamana Allah SWT berfirman: (Ini adalah hari yang mereka tidak dapat berbicara (pada hari itu) (35) dan tidak diizinkan kepada mereka minta uzur sehingga mereka (dapat) minta uzur (36)) (Surah Al-Mursalat) Demikian juga Allah berfirman di sini (Dan jatuhlah perkataan (azab) atas mereka disebabkan kezaliman mereka, maka mereka tidak dapat berkata (apa-apa) (85)) yaitu mereka dibungkam dan tidak dapat menjawab, karena selama di dunia mereka adalah orang-orang yang berbuat zalim terhadap diri sendiri. Dan sekarang mereka telah sampai di hadapan Tuhan Yang mengetahui perkara yang ghaib dan yang nyata yang tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi dariNya.
Kemudian Allah SWT mengingatkan atas kekuasaanNya yang sempurna, pengaruhNya yang agung, dan kedudukanNya Yang Maha Tinggi yang harus ditaati dan dipatuhi perintah-perintahNya, dan dibenarkan kebenaran yang disampaikan oleh nabi-nabiNya tanpa ditentang. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Apakah mereka tidak memperhatikan, bahwa sesungguhnya Kami telah menjadikan malam supaya mereka beristirahat padanya) yaitu di malam yang gelap, agar mereka dapat beristirahat dan jiwa mereka menjadi tenang serta tubuh mereka diam untuk beristirahat dari kelelahan dan kepayahannya dia siang harinya (dan siang yang menerangi) yaitu terang benderang yang menjadi sebab bagi mereka untuk bekerja, mencari penghidupan, bepergian, berniaga, dan lain-lain yang menjadi keperluan mereka (Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman)


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat An-Naml ayat 83: Allah kemudian menutup surat ini dengan sebagian keadaan-keadaan hari kebangkitan dan kengeriannya serta kedahsyatannya. Pada hari itu berubah bumi, pada hari itu Allah mengumpulkan seluruh umat dengan satu jamaah yang mereka mengingkari ayat-ayat Allah dan dalil-dalil dari-Nya yang nyata. Kemudian mereka berdiri di hadapan Allah dengan hina dan penuh pengagungan kepada-Nya, mereka tidak saling-mendahului satu sama lain, kemudian mereka berdiri ditempat yang Allah inginkan atas mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Allah Subhaanahu wa Ta'aala memberitahukan keadaan orang-orang yang mendustakan di padang mahsyar, dan bahwa Allah akan mengumpulkan mereka. Dia mengumpulkan dari setiap umat satu golongan di antara mereka yang mendustakan ayat-ayat-Nya, dari yang terdahulu hingga yang datang kemudian, lalu disatukan, agar pertanyaan, cercaan dan celaan merata kepada mereka.

Yaitu para tokohnya yang menjadi panutan.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat An-Naml Ayat 83

Setelah keluar d'bbah, terjadilah kiamat dengan kejadian yang diurai di sini. Dan ingatlah, wahai nabi Muhammad, pada hari ketika kami mengumpulkan dari setiap umat, suka atau tidak suka, segolongan orang yang selalu mendustakan ayat-ayat kami, baik yang terhampar di alam raya maupun yang terbaca dalam kitab suci, lalu mereka dibagi-bagi dalam kelompok-kelompok. Mereka itu adalah para pembesar yang menjadi panutan. Mereka akan digiring di depan pengikut mereka untuk dimintakan pertanggungjawaban dan mendapatkan pembalasan. 84. Hingga apabila mereka datang di tempat yang ditentukan dan berdiri di hadapan Allah untuk diperhitungkan amal perbuatannya, dengan nada mencemooh para pendusta itu, dia Allah berfirman, 'mengapa kamu telah mendustakan ayat-ayat-ku yang telah disampaikan oleh para utusan-ku dan yang telah ku-hamparkan di alam raya, padahal kamu tidak mempunyai pengetahuan tentang itu, karena kamu tidak berpikir dan merenungkannya terlebih dahulu. Atau apakah yang telah kamu kerjakan selama itu, padahal kami tidak menciptakan kamu untuk sesuatu yang sia-sia''.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah beberapa penjelasan dari para mufassirin terhadap isi dan arti surat An-Naml ayat 83 (arab-latin dan artinya), semoga bermanfaat bagi ummat. Dukung syi'ar kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Terbanyak Dikunjungi

Terdapat berbagai materi yang terbanyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Ali ‘Imran 134, Ali ‘Imran 133, Al-Infithar, Al-Isra 1, Al-Baqarah 2, Al-Ahzab 21. Ada juga Az-Zariyat 56, Al-Baqarah 186, Al-Isra 23-24, Al-Baqarah 30, Al-Jumu’ah 9, Ar-Ra’d.

  1. Ali ‘Imran 134
  2. Ali ‘Imran 133
  3. Al-Infithar
  4. Al-Isra 1
  5. Al-Baqarah 2
  6. Al-Ahzab 21
  7. Az-Zariyat 56
  8. Al-Baqarah 186
  9. Al-Isra 23-24
  10. Al-Baqarah 30
  11. Al-Jumu’ah 9
  12. Ar-Ra’d

Pencarian: surat yusuf ayat 4 juz berapa, surat al naml, makna qs ali imran ayat 159, surat taha ayat 39 untuk suami, ya fattah ya razzaq urzuqni

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: