Surat An-Naml Ayat 55

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

أَئِنَّكُمْ لَتَأْتُونَ ٱلرِّجَالَ شَهْوَةً مِّن دُونِ ٱلنِّسَآءِ ۚ بَلْ أَنتُمْ قَوْمٌ تَجْهَلُونَ

Arab-Latin: A innakum lata`tụnar-rijāla syahwatam min dụnin-nisā`, bal antum qaumun taj-halụn

Artinya: "Mengapa kamu mendatangi laki-laki untuk (memenuhi) nafsu(mu), bukan (mendatangi) wanita? Sebenarnya kamu adalah kaum yang tidak mengetahui (akibat perbuatanmu)".

« An-Naml 54An-Naml 56 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Mendalam Mengenai Surat An-Naml Ayat 55

Paragraf di atas merupakan Surat An-Naml Ayat 55 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan hikmah mendalam dari ayat ini. Ada sekumpulan penjabaran dari kalangan mufassir terkait kandungan surat An-Naml ayat 55, antara lain sebagaimana termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

54-55. Dan ingatlah Luth ketika dia berkata kepada kaumnya, “Apakah kalian melakukan tindakan yang paling parah dalam keburukannya, sedang kalian mengetahui keburukannya? Sesungguhnya kalian mendatangi laki-laki melalui dubur-dubur mereka untuk memenuhi syahwat sebagai pengganti kaum wanita. Bahkan kalian adalah kaum yang bodoh terhadap hak Allah yang menjadi kewajiban kalian. Maka kalian menyelisihi perintahNya dengan tindakan tersebut, dan kalian durhaka kepada Rasul kalian dengan perbuatan kalian yang buruk itu yang tidak ada seorang pun dari semua makhluk di alam semesta ini yang pernah mendahului kalian.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

55. "Mengapa kalian mendatangi laki-laki untuk melampiaskan nafsu, bukan mendatangi wanita? Sungguh kalian tidak menginginkan adanya kehormatan dan anak, namun hanya ingin melampiaskan hawa nafsu binatang, bahkan kalian adalah kaum yang jahil terhadap kewajiban kalian berupa iman, kesucian dan sikap jauh dari maksiat.”


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

55. أَئِنَّكُمْ لَتَأْتُونَ الرِّجَالَ شَهْوَةً (Mengapa kamu mendatangi laki-laki untuk (memenuhi) nafsu(mu))
Kalimat ini diulangi untuk menekankan bahwa perbuatan itu sangat buruk dan menerangkan bahwa perbuatan keji itu adalah homoseksual.

مِّن دُونِ النِّسَآءِ ۚ (bukan (mendatangi) wanita?)
Yakni meninggalkan para wanita, padahal mereka-lah yang seharusnya mereka datangi.

بَلْ أَنتُمْ قَوْمٌ تَجْهَلُونَ(Sebenarnya kamu adalah kaum yang tidak mengetahui (akibat perbuatanmu)”)
Yakni tidak mengetahui besarnya siksaan bagi pelaku kemaksiatan ini.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

55. "Mengapa kalian mendatangi laki-laki untuk memenuhi nafsu kalian yang sangat tidak berfaidah, sebab tujuan berhubungan adalah mendapat keturunan bukan hanya untuk memenuhi nafsu, mengapa bukan malah mendatangi wanita yang telah Allah ciptakan untuka kalian melalui jalan menikah? Sebenarnya kamu adalah kaum yang bodoh akibat perbuatanmu, dan hukuman atas perbuatan itu adalah sangat pedih".


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Mengapa kalian mendatangi laki-laki, bukan perempuan, untuk memenuhi syahwat. Kalian adalah kaum yang berbuat kebodohan”


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

55 kemudian Allah menjelaskan kekejian tersebut, seraya berfirman, ”mengapa kamu mendatangani laki-laki untuk (memenuhi) nafsu(mu), bukan (mendatangi) wanita?” maksudnya, bagaimana kalian bisa sampai pada kondisi seperti ini, sehingga nafsu birahi kalian tertuju pada kaum laki-laki dan kepada dubur mereka, yaitu tempat keluarnya tinja, kentut dan kotoran, dan kalian meninggalkan sesuatu yang telah Allah ciptakan untuk kalian pada kaum perempuan, yaitu berupa tempat yang baik yang mana jiwa sudah difitrahkan cenderung kepadanya, sedangkan kalian malah terbalik, kalian menganggap baik sesuatu yang buruk dan menganggap buruk sesuatu yang baik? “sebenarnya kamu adalah kaum yang [berlebih-lebihan],” melampaui batasan-batasan Allah dan sangat lancang terhadap apa-apa yang diharamkanNya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 54-58
Allah SWT memberitahukan tentang hamba dan RasulNya, yaitu nabi Luth bahwa dia memberi peringatan kepada kaumnya atas pembalasan Allah kepada mereka karena mereka mengerjakan perbuatan yang keji yang belum pernah dilakukan seorang manusia pun sebelumnya, yaitu mendatangi laki-laki bukan kaum wanita. Demikian itu merupakan perbuatan keji yang sangat berat, lelaki dengan lelaki, dan wanita dengan wanita. Lalu nabi Luth berkata: (Mengapa kalian mengerjakan perbuatan keji itu, sedangkan kalian melihatnya?) yaitu sebagian dari kalian menyaksikan sebagian yang lain, dan kalian mendatangi orang yang mengajak kalian untuk berbuat kemungkaran (Mengapa kalian mendatangi laki-laki untuk (memenuhi) nafsu (kalian), bukan (mendatangi) wanita? Sebenarnya kalian adalah kaum yang tidak mengetahui (55)) yaitu kalian tidak mengetahui sesuatu, tabiat maupun syariat pun, sebagaimana Allah berfirman di ayat lain: ("Mengapa kalian mendatangi jenis lelaki di antara manusia (165) dan kalian meninggalkan istri-istri yang dijadikan oleh Tuhan kalian untuk kalian, bahkan kalian adalah orang-orang yang melampaui batas" (156)) (Surah As-Syu'ara') (Maka tidak lain jawaban kaumnya melainkan mengatakan, “Usirlah Lut beserta keluarganya dari negeri kalian; karena sesungguhnya mereka itu orang-orang yang (mendakwakan dirinya) bersih" (56)) yaitu, mereka enggan mengerjakan apa yang biasa kalian kerjakan dan tidak menyetujui perbuatan kalian ini. Jadi usirlah mereka dari kalian, sesungguhnya mereka tidak layak untuk bertetangga dengan kalian di negeri kalian. Mereka bertekad melakukan hal itu, lalu Allah membinasakan mereka, (dan bagi orang-orang kafir akan menerima (nasib) yang serupa itu) (Surah Muhammad: 10) Allah SWT berfirman: (Maka Kami selamatkan dia beserta keluarganya, kecuali istrinya. Kami telah menakdirkan dia termasuk orang-orang yang tertinggal (dibinasakan) (57)) yaitu termasuk orang-orang yang dibinasakan bersama kaumnya, karena dia mendukung mereka dalam agama dan tata cara mereka, yaitu setuju dengan perbuatan buruk mereka. Dia juga yang memberitahukan kepada kaumnya tentang kedatangan tamu-tamu nabi Luth agar mereka mendatanginya. bukan berarti bahwa dia mengerjakan perbuatan keji, sebagai penghormatan terhadap nabi Luth bukan terhadap istrinya.
Firman Allah: (Dan Kami turunkan hujan atas mereka) yaitu hujan batu dari tanah yang dibakar dengan bertubi-tubi (yang diberi tanda oleh Tuhanmu, dan negeri itu tiadalah jauh dari orang-orang yang zalim) (Surah Hud: 83) Oleh karena itu Allah berfirman: (maka amat buruklah hujan yang ditimpakan atas orang-orang yang diberi peringatan itu) yaitu orang-orang yang telah ditegakkan hujjah terhadap mereka dan telah sampai kepada mereka peringatan, lalu mereka menentang, mendustakan, dan bertekad akan mengusir rasul Allah dari negeri mereka


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat An-Naml ayat 55: Kemudian Luth berkata dengan sangat marah kepada mereka, karena sebab buruknya tindakan mereka : Apakah kalian akan menyelisihi fitrah kalian di mana Allah telah berikan fitrah (fitrah yang baik) kepada kalian, dengan menikahi laki-laki dari manusia ?!!, dan kalian mininggalkan apa yang Allah telah muliakan kalian dengan bersenang-senang dengan istri-istri kalian dari perempuan ?!, Bahkan kalian adalah satu kaum yang bodoh dengan kejelekan apa yang telah kalian kerjakan, dan kalian tidak takut akan dahsyatnya adxab di mana akan segera menimpa kalian, karena sebab perbuatan kalian yang buruk.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Maksudnya, mengapa kamu sampai seperti ini keadaannya, syahwatmu tertuju kepada laki-laki, padahal dubur mereka adalah tempat keluar kotoran, dan kamu meninggalkan apa yang Allah ciptakan untukmu, yaitu tempat yang baik dari kaum wanita? Kamu anggap baik perbuatan buruk dan kamu anggap buruk perbuatan baik.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat An-Naml Ayat 55

Mengapa kamu mendatangi laki-laki untuk memenuhi syahwat-Mu, bukan mendatangi perempuan yang diciptakan oleh Allah untuk kamu sekalian' bukankah apa yang kamu lakukan adalah betul-betul bertentangan dengan fitrah manusia, bahkan binatang sekali pun tidak melakukannya. Sungguh, kamu adalah kaum yang tidak mengetahui akan akibat perbuatanmu. "[]56. Teguran nabi lut tidak digubris sedikit pun oleh kaumnya, bahkan mereka menganggapnya sebagai teguran yang tidak wajar untukditanggapi, karena itu jawaban kaumnya tidak lain hanya dengan mengatakan kepada sesama yang durhaka, 'usirlah lut dan keluarganya yakni pengikut-pengikutnya dari negeri tempat tinggalmu; sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang terus menerus menganggap dirinya suci sehingga tidak sudi ikut bersama kita. '.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah pelbagai penjelasan dari banyak ahli tafsir terhadap makna dan arti surat An-Naml ayat 55 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa faidah bagi kita. Dukung dakwah kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Tersering Dicari

Kaji ratusan halaman yang tersering dicari, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 30, Al-Baqarah 2, Ar-Ra’d, Al-Infithar, Al-Baqarah 186, Ali ‘Imran 134. Termasuk Az-Zariyat 56, Al-Ahzab 21, Al-Isra 23-24, Ali ‘Imran 133, Al-Isra 1, Al-Jumu’ah 9.

  1. Al-Baqarah 30
  2. Al-Baqarah 2
  3. Ar-Ra’d
  4. Al-Infithar
  5. Al-Baqarah 186
  6. Ali ‘Imran 134
  7. Az-Zariyat 56
  8. Al-Ahzab 21
  9. Al-Isra 23-24
  10. Ali ‘Imran 133
  11. Al-Isra 1
  12. Al-Jumu’ah 9

Pencarian: surat thaha ayat 39 beserta artinya, al jumuah ayat 9 10, surat ali imran 110, arti surat al-furqon ayat 63, at thalaq ayat 2 dan 3

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: