Surat An-Naml Ayat 49

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

قَالُوا۟ تَقَاسَمُوا۟ بِٱللَّهِ لَنُبَيِّتَنَّهُۥ وَأَهْلَهُۥ ثُمَّ لَنَقُولَنَّ لِوَلِيِّهِۦ مَا شَهِدْنَا مَهْلِكَ أَهْلِهِۦ وَإِنَّا لَصَٰدِقُونَ

Arab-Latin: Qālụ taqāsamụ billāhi lanubayyitannahụ wa ahlahụ ṡumma lanaqụlanna liwaliyyihī mā syahidnā mahlika ahlihī wa innā laṣādiqụn

Artinya: Mereka berkata: "Bersumpahlah kamu dengan nama Allah, bahwa kita sungguh-sungguh akan menyerangnya dengan tiba-tiba beserta keluarganya di malam hari, kemudian kita katakan kepada warisnya (bahwa) kita tidak menyaksikan kematian keluarganya itu, dan sesungguhnya kita adalah orang-orang yang benar".

« An-Naml 48An-Naml 50 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Penting Terkait Dengan Surat An-Naml Ayat 49

Paragraf di atas merupakan Surat An-Naml Ayat 49 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan pelajaran penting dari ayat ini. Terdapat sekumpulan penjabaran dari beragam ahli ilmu berkaitan isi surat An-Naml ayat 49, misalnya sebagaimana di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Sembilan orang itu, sebagian dari mereka berkata kepada sebagian yang lain, “Mari kita saling bersumpah dengan Nama Allah, dengan cara tiap-tiap orang bersumpah di hadapan kawan-kawannya, ‘Kami benar-benar akan mendatangi Shaleh di malam hari, lalu kami akan membunuhnya dan menghabisi keluarganya’, kemudian kita akan berkata kepada ahli waris korban dari kerabatnya, ‘Kami tidak ikut serta dalam pembunuhan mereka, dan kami jujur dalam ucapan yang kami sampaikan’.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

49. Mereka saling berkata, "Bersumpahlah setiap dari kalian kepada Allah, bahwa kita sungguh-sungguh akan mendatanginya dengan tiba-tiba di malam hari, lalu kita membunuh mereka, kemudian kita katakan kepada ahli warisnya bahwa kita tidak menyaksikan kematian Ṣāleḥ dan keluarganya, dan sesungguhnya kita adalah orang-orang yang benar dalam berkata-kata".


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

49. قَالُوا۟ تَقَاسَمُوا۟ بِاللهِ (Mereka berkata: “Bersumpahlah kamu dengan nama Allah)
Sebagian mereka berkata kepada sebagian lainnya: “marilah kita semua saling bersumpah.”

لَنُبَيِّتَنَّهُۥ وَأَهْلَهُۥ(bahwa kita sungguh-sungguh akan menyerangnya dengan tiba-tiba beserta keluarganya di malam hari)
Ini merupakan isi sumpah mereka, yakni sungguh kita akan mendatangi Shalih di malam hari dengan tiba-tiba pada kegelapan malam, kemudian membunuh dia dan keluarganya.

ثُمَّ لَنَقُولَنَّ لِوَلِيِّهِۦ (kemudian kita katakan kepada warisnya)
Yakni kepada kerabatnya yang menuntut balas.

مَا شَهِدْنَا مَهْلِكَ أَهْلِهِۦ (kita tidak menyaksikan kematian keluarganya itu)
Mereka saling bersumpah akan membunuh Nabi Shalih dan keluarganya kemudian mengingkari perbuatan mereka di hadapan para walinya dengan mengatakan “bahkan kami tidak melihat kematiannya” untuk mengecoh para walinya bahwa mereka tidak membunuhnya dan tidak pula menghadiri kematiannya.

وَإِنَّا لَصٰدِقُونَ(dan sesungguhnya kita adalah orang-orang yang benar)
Yakni jujur dalam perkataan kami “kami tidak menyaksikan kematiannya.” Sebab jika mereka membunuhnya di kegelapan malam tentu mereka tidak dapat menyaksikan kematiannya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

49. Mereka berkata kepada sesama mereka: "Bersumpahlah kamu dengan nama Allah, bahwa kita sungguh-sungguh akan menyerangnya dengan tiba-tiba beserta keluarganya pada malam hari, kemudian kita katakan kepada warisnya bahwa kita tidak menyaksikan kematian keluarganya itu. Kita juga tidak tahu siapa yang telah membunuhnya. Sesungguhnya kita adalah orang-orang yang benar".


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Mereka berkata,“Bersumpahlah dengan (nama) Allah} mereka berkata satu sama lain,”bersumpahlah dengan nama Allah {kita pasti akan menyerangnya pada malam hari} Kita akan membunuhnya pada malam hari {bersama keluarganya. Kemudian kita akan mengatakan kepada walinya} wali yang berhubungan darah dengannya {kita tidak menyaksikan} Kita tidak mengetahui {kebinasaan} kematian {keluarganya. Sesungguhnya kita adalah orang-orang yang benar”


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

49 mereka terus dalam kondisi keji tersebut, sehingga karena permusuhan itu “mereka saling bersumpah” di antara mereka; setiap orang bersumpah pada yang lain, “kita sungguh-sungguh akan menyerangnya dengan tiba-tiba beserta keluarganya di malam hari.” Maksudnya, sungguh kami akan membunuh mereka,’ kemudian kami katakan kepada ahli warisnya,” apabila dia menuntut kami dan menuduh kami bahwa kamilah yang telah membunuh mereka. Kita mengingkari hal itu, menafikannya dan kita bersumpah bahwa,”sesungguhnya kami benar-benar jujur,”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 48-53
Allah SWT memberitahukan kejahatan kaum Tsamud dan para pemimpin mereka yang merupakan orang-orang yang mengajak kaumnya menuju kesesatan, kekufuran dan mendustakan Shalih. Akhirnya mendorong mereka kepada keadaan untuk menyembelih unta betina itu, dan mereka berniat untuk membunuh nabi Shalih juga. Mereka berniat membunuhnya di rumah keluarganya di malam hari, lalu mereka membunuhnya dengan diam-diam, kemudian mereka mengatakan kepada para ahli warisnya dari kerabatnya bahwa mereka tidak mengetahui kejadian itu. Maka sesungguhnya mereka akan membenarkan apa yang mereka sampaikan itu bahwa mereka tidak mengetahui apa-apa tentang hal itu. Lalu Allah SWT berfirman: (Dan adalah di kota itu) yaitu kota kaum Tsamud (terdapat sembilan orang laki-laki) yaitu sembilan kelompok (yang membuat kerusakan di muka bumi, dan mereka tidak berbuat kebaikan) yaitu hanya orang yang mewakili perkara kaum Tsamud, karena mereka adalah para pemimpin dan pembesar mereka.
Firman Allah SWT: (Mereka berkata, "Bersumpahlah kalian dengan nama Allah, bahwa kita sungguh-sungguh akan menyerangnya dengan tiba-tiba beserta keluarganya di malam hari”) yaitu mereka saling bersumpah dan berjanji untuk membunuh nabi Shalih dan orang-orang yang mereka jumpai bersamanya di malam hari dengan sembunyi-sembunyi. Maka Allah membalas tipu daya mereka dan menjadikan mereka sendiri yang terjerumus ke dalam perangkap mereka.
Mujahid berkata bahwa mereka saling bersumpah dan berjanji untuk membinasakan nabi Shalih. Lalu mereka tidak bisa sampai kepada nabi Shalih sampai mereka binasa dan seluruh kaum mereka.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat An-Naml ayat 49: Allah mengabarkan bahwa sembilan laki-laki itu saling bersepakat di antara mereka, masing-masing bersumpah untuk datang kepada Shalih pada waktu malam dan membunuhnya dan juga keluarganya, kemudian mereka berkata kepada ahli waris Shalih : Demi Allah kami tidaklah menjadi saksi atas pembunuhan mereka (Shalih dan keluarganya), tidak juga hadir di sana. Mereka bersumpah agar dianggap sebagai orang-orang yang jujur atas ucapan mereka.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Antara sesama mereka.

Sehingga kita tidak mengetahui siapa yang membunuh mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat An-Naml Ayat 49

Mereka, sembilan orang tersebut, berkata kepada teman-temannya tentang niat jahat mereka, 'bersumpahlah kamu dengan nama Allah, bahwa kita pasti akan menyerang dia yaitu nabi saleh bersama keluarganya secara tiba-tiba pada malam hari, dan membunuhi mereka, kemudian untuk menutupi kasus ini, kita akan mengatakan kepada ahli warisnya bahwa kita tidak menyaksikan kebinasaan keluarganya itu, apalagi menyaksikan terbunuhnya saleh. Dan sungguh, kita orang yang benar. ' demikianlah perilaku orang jahat. Mereka melakukan tipu daya dalam melaksanakan kejahatan, kemudian mereka lepas tangan terhadap apa yang telah mereka lakukan secara licik, agar terkesan mereka adalah orang baik-baik. 50. Allah menceritakan tentang perilaku jahat mereka. Dan mereka membuat tipu daya terhadap nabi saleh dan keluarganya dan kami pun menyusun tipu daya dengan menghancurkan mereka, sebagai balasan atas tipu daya mereka sedang mereka tidak menyadari atas balasan atas tipu daya mereka itu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian variasi penafsiran dari para mufassirun mengenai kandungan dan arti surat An-Naml ayat 49 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah untuk kita semua. Bantulah dakwah kami dengan mencantumkan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Terbanyak Dicari

Kaji banyak topik yang terbanyak dicari, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 30, Al-Isra 23-24, Ali ‘Imran 134, Al-Infithar, Az-Zariyat 56, Ar-Ra’d. Termasuk Al-Ahzab 21, Ali ‘Imran 133, Al-Baqarah 2, Al-Isra 1, Al-Jumu’ah 9, Al-Baqarah 186.

  1. Al-Baqarah 30
  2. Al-Isra 23-24
  3. Ali ‘Imran 134
  4. Al-Infithar
  5. Az-Zariyat 56
  6. Ar-Ra’d
  7. Al-Ahzab 21
  8. Ali ‘Imran 133
  9. Al-Baqarah 2
  10. Al-Isra 1
  11. Al-Jumu’ah 9
  12. Al-Baqarah 186

Pencarian: surat yasin ayat 58-59, quran surah annur ayat 2, surat at-tin dan terjemahannya, surah albaqarah ayat 3, juz paling sedikit dalam al qur'an selain juz 30

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: