Surat An-Naml Ayat 48


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

وَكَانَ فِي الْمَدِينَةِ تِسْعَةُ رَهْطٍ يُفْسِدُونَ فِي الْأَرْضِ وَلَا يُصْلِحُونَ

Arab-Latin: Wa kāna fil-madīnati tis'atu rahṭiy yufsidụna fil-arḍi wa lā yuṣliḥụn

Terjemah Arti: Dan adalah di kota itu sembilan orang laki-laki yang membuat kerusakan di muka bumi, dan mereka tidak berbuat kebaikan.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Sebelumnya di kota Shaleh – yaitu al-Hijr yang terletak barat laut dari jazirah Arab- terdapat Sembilan orang laki-laki. Karakter mereka adalah melakukan perusakan di muka bumi tanpa diselingi sedikit pun unsur perbaikan.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

48. Dan dahulu di kota Hijr itu ada sembilan orang laki-laki yang membuat kerusakan di muka bumi dengan melakukan kekufuran dan maksiat, dan mereka tidak berbuat kebaikan di dalamnya dengan iman dan amal saleh.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

48. وَكَانَ فِى الْمَدِينَةِ (Dan adalah di kota itu)
Yakni kota yang ditinggali oleh Nabi Shalih, yaitu kota Hijr.

تِسْعَةُ رَهْطٍ(sembilan orang laki-laki)
Yakni sembilan lelaki dari keturunan orang-orang terpandang. Sembilan orang ini adalah orang-orang yang bertanggungjawab atas penyembelihan unta betina yang merupakan mukjizat Nabi Shalih.

يُفْسِدُونَ فِى الْأَرْضِ وَلَا يُصْلِحُونَ (yang membuat kerusakan di muka bumi, dan mereka tidak berbuat kebaikan)
Yakni kebiasaan mereka adalah merusak.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

48. Di kota Shaleh yaitu al hijr ada sembilan orang laki-laki dari anak para petinggi yang membuat kerusakan di muka bumi, dan mereka tidak berbuat kebaikan. Mereka telah sepakat untuk membunuh Shaleh dan menyembelih unta-unta.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Allah mengabarkan bahwa Shalih bertempat di kota hijr yaitu sebuah kota yang terdapat Sembilan laki-laki yang merusak bumi dan sabotase, dan tidak ada sedikitpun di antara mereka yang menginginkan kebaikan selamanya.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Menurut ahli tafsir yang dimaksud dengan kota ini ialah kota kaum Tsamud Yaitu kota Al Hijr.

Dengan perbuatan maksiat. Sifat mereka mengadakan kerusakan di bumi, dan tidak ada maksud untuk mengadakan perbaikan. Mereka telah siap memusuhi Saleh dan mencela agamanya serta mengajak kaumnya agar bersikap sama seperti mereka.

Dengan melakukan ketaatan.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Pada ayat-ayat berikut ini diceritakan tentang negeri kaum 'amud yang senantiasa bermaksiat. Negeri tersebut ialah al-hijr, yang terletak di selatan madinah. Dan di kota itu ada sembilan orang laki-laki yang dari waktu ke waktu selalu berbuat kerusakan di bumi, yaitu segala macam kemaksiatan. Mereka tidak melakukan perbaikan terhadap diri mereka sendiri dengan beriman dan bertakwa. 49. Mereka, sembilan orang tersebut, berkata kepada teman-temannya tentang niat jahat mereka, 'bersumpahlah kamu dengan nama Allah, bahwa kita pasti akan menyerang dia yaitu nabi saleh bersama keluarganya secara tiba-tiba pada malam hari, dan membunuhi mereka, kemudian untuk menutupi kasus ini, kita akan mengatakan kepada ahli warisnya bahwa kita tidak menyaksikan kebinasaan keluarganya itu, apalagi menyaksikan terbunuhnya saleh. Dan sungguh, kita orang yang benar. ' demikianlah perilaku orang jahat. Mereka melakukan tipu daya dalam melaksanakan kejahatan, kemudian mereka lepas tangan terhadap apa yang telah mereka lakukan secara licik, agar terkesan mereka adalah orang baik-baik.

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Related: Surat An-Naml Ayat 49 Arab-Latin, Surat An-Naml Ayat 50 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat An-Naml Ayat 51, Terjemahan Tafsir Surat An-Naml Ayat 52, Isi Kandungan Surat An-Naml Ayat 53, Makna Surat An-Naml Ayat 54

Category: Surat An-Naml


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!