Surat An-Naml Ayat 48

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ููู‰ ูฑู„ู’ู…ูŽุฏููŠู†ูŽุฉู ุชูุณู’ุนูŽุฉู ุฑูŽู‡ู’ุทู ูŠููู’ุณูุฏููˆู†ูŽ ููู‰ ูฑู„ู’ุฃูŽุฑู’ุถู ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูุตู’ู„ูุญููˆู†ูŽ

Arab-Latin: Wa kฤna fil-madฤซnati tis'atu rahแนญiy yufsidแปฅna fil-arแธi wa lฤ yuแนฃliแธฅแปฅn

Artinya: Dan adalah di kota itu sembilan orang laki-laki yang membuat kerusakan di muka bumi, dan mereka tidak berbuat kebaikan.

ยซ An-Naml 47 โœต An-Naml 49 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Berharga Berkaitan Surat An-Naml Ayat 48

Paragraf di atas merupakan Surat An-Naml Ayat 48 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam hikmah berharga dari ayat ini. Ada aneka ragam penafsiran dari beragam mufassir mengenai kandungan surat An-Naml ayat 48, sebagiannya sebagaimana termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Sebelumnya di kota Shaleh โ€“ yaitu al-Hijr yang terletak barat laut dari jazirah Arab- terdapat Sembilan orang laki-laki. Karakter mereka adalah melakukan perusakan di muka bumi tanpa diselingi sedikit pun unsur perbaikan.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

48-50. Dan di negeri Nabi Shaleh yaitu Negeri Hijr kaum Tsamud terdapat sembilan orang jahat yang hendak berbuat kerusakan di muka bumi, tidak mempedulikan perbaikan sedikitpun, dan saling bersepakat untuk bersumpah atas nama Allah: โ€œKita akan mendatangi nabi Shalih dan keluarganya yang beriman secara tiba-tiba pada malam hari untuk membunuh mereka semua. Kemudian jika kerabat mereka menuntut kita maka kita akan mengatakan kepadanya, โ€˜Kami tidak ada di tempat pembunuhan dan kami tidak mengetahui siapa apa yang membunuh. Sungguh kami berkata jujur atas apa yang kami katakanโ€™.โ€

Demikianlah mereka menyusun tipu daya, sehingga Allah membalas mereka dengan kehancuran namun mereka tidak menyadarinya. Allah menjadikan kehancuran mereka terdapat dalam tipu daya yang mereka lakukan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

48. Dan dahulu di kota Hijr itu ada sembilan orang laki-laki yang membuat kerusakan di muka bumi dengan melakukan kekufuran dan maksiat, dan mereka tidak berbuat kebaikan di dalamnya dengan iman dan amal saleh.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

48. ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ููู‰ ุงู„ู’ู…ูŽุฏููŠู†ูŽุฉู (Dan adalah di kota itu)
Yakni kota yang ditinggali oleh Nabi Shalih, yaitu kota Hijr.

ุชูุณู’ุนูŽุฉู ุฑูŽู‡ู’ุทู(sembilan orang laki-laki)
Yakni sembilan lelaki dari keturunan orang-orang terpandang. Sembilan orang ini adalah orang-orang yang bertanggungjawab atas penyembelihan unta betina yang merupakan mukjizat Nabi Shalih.

ูŠููู’ุณูุฏููˆู†ูŽ ููู‰ ุงู„ู’ุฃูŽุฑู’ุถู ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูุตู’ู„ูุญููˆู†ูŽ (yang membuat kerusakan di muka bumi, dan mereka tidak berbuat kebaikan)
Yakni kebiasaan mereka adalah merusak.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

{ ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ูููŠ ุงู„ู’ู…ูŽุฏููŠู†ูŽุฉู ุชูุณู’ุนูŽุฉู ุฑูŽู‡ู’ุทู ูŠููู’ุณูุฏููˆู†ูŽ ูููŠ ุงู„ู’ุฃูŽุฑู’ุถู ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูุตู’ู„ูุญููˆู†ูŽ }

"Dan adalah di kota itu sembilan orang laki-laki yang membuat kerusakan di muka bumi, dan mereka tidak berbuat kebaikan."

Walaupun jumlah mereka yang sedikit dibandigkan jumlah keseluruhan penduduk kota tersebut, namun kerusakan yang mereka perbuat menimbulkan kehancuran yang memporak porandakan kota dan penduduknya. Dan pemuda-pemuda itu tidak menginginkan kebaikan untuk mereka; karena ini adalah klaim mereka yang dengannya mereka menipu para provokator, dan seperti itulah kebiasaan perusak disetiap masa dan tempat.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

48. Di kota Shaleh yaitu al hijr ada sembilan orang laki-laki dari anak para petinggi yang membuat kerusakan di muka bumi, dan mereka tidak berbuat kebaikan. Mereka telah sepakat untuk membunuh Shaleh dan menyembelih unta-unta.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Di kota itu} di kota batu itu {ada sembilan orang laki-laki} laki-laki dari anak para pemuka mereka {yang berbuat kerusakan di bumi dan tidak melakukan perbaikan


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

48 โ€œdan pada saat itu di kota itu,โ€ maksudnya, di kota dimana shaleh berada, yaitu kota tempat mayoritas kaumnya, โ€œada Sembilan orang laki-laki yang membuat kerusakan di muka bumi, dan mereka tidak berbuat kebaikan,โ€ maksudnya, tabiโ€™at mereka adalah melakukan pengrusakan di bumi. Mereka tidak mempunyai tujuan dan perbuatan untuk perbaikan. Mereka bersiap-siap untuk menentang shaleh, melecehkan agamanya, dan mengajak kaumnya untuk melakukan hal demikian, sebagaimana dinyatakan oleh Allah,
โ€œmaka bertakwalah kepada Allah dan taatlah kepadaku; dan janganlah kamu menaati perintah orang-orang yang melewati batas, yang membuat kerusakan di muka bumi dan tidak mengadakan perbaikan,โ€ (as-syuara:150-152)


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 48-53
Allah SWT memberitahukan kejahatan kaum Tsamud dan para pemimpin mereka yang merupakan orang-orang yang mengajak kaumnya menuju kesesatan, kekufuran dan mendustakan Shalih. Akhirnya mendorong mereka kepada keadaan untuk menyembelih unta betina itu, dan mereka berniat untuk membunuh nabi Shalih juga. Mereka berniat membunuhnya di rumah keluarganya di malam hari, lalu mereka membunuhnya dengan diam-diam, kemudian mereka mengatakan kepada para ahli warisnya dari kerabatnya bahwa mereka tidak mengetahui kejadian itu. Maka sesungguhnya mereka akan membenarkan apa yang mereka sampaikan itu bahwa mereka tidak mengetahui apa-apa tentang hal itu. Lalu Allah SWT berfirman: (Dan adalah di kota itu) yaitu kota kaum Tsamud (terdapat sembilan orang laki-laki) yaitu sembilan kelompok (yang membuat kerusakan di muka bumi, dan mereka tidak berbuat kebaikan) yaitu hanya orang yang mewakili perkara kaum Tsamud, karena mereka adalah para pemimpin dan pembesar mereka.
Firman Allah SWT: (Mereka berkata, "Bersumpahlah kalian dengan nama Allah, bahwa kita sungguh-sungguh akan menyerangnya dengan tiba-tiba beserta keluarganya di malam hariโ€) yaitu mereka saling bersumpah dan berjanji untuk membunuh nabi Shalih dan orang-orang yang mereka jumpai bersamanya di malam hari dengan sembunyi-sembunyi. Maka Allah membalas tipu daya mereka dan menjadikan mereka sendiri yang terjerumus ke dalam perangkap mereka.
Mujahid berkata bahwa mereka saling bersumpah dan berjanji untuk membinasakan nabi Shalih. Lalu mereka tidak bisa sampai kepada nabi Shalih sampai mereka binasa dan seluruh kaum mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat An-Naml ayat 48: Allah mengabarkan bahwa Shalih bertempat di kota hijr yaitu sebuah kota yang terdapat Sembilan laki-laki yang merusak bumi dan sabotase, dan tidak ada sedikitpun di antara mereka yang menginginkan kebaikan selamanya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Menurut ahli tafsir yang dimaksud dengan kota ini ialah kota kaum Tsamud Yaitu kota Al Hijr.

Dengan perbuatan maksiat. Sifat mereka mengadakan kerusakan di bumi, dan tidak ada maksud untuk mengadakan perbaikan. Mereka telah siap memusuhi Saleh dan mencela agamanya serta mengajak kaumnya agar bersikap sama seperti mereka.

Dengan melakukan ketaatan.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat An-Naml Ayat 48

Pada ayat-ayat berikut ini diceritakan tentang negeri kaum 'amud yang senantiasa bermaksiat. Negeri tersebut ialah al-hijr, yang terletak di selatan madinah. Dan di kota itu ada sembilan orang laki-laki yang dari waktu ke waktu selalu berbuat kerusakan di bumi, yaitu segala macam kemaksiatan. Mereka tidak melakukan perbaikan terhadap diri mereka sendiri dengan beriman dan bertakwa. 49. Mereka, sembilan orang tersebut, berkata kepada teman-temannya tentang niat jahat mereka, 'bersumpahlah kamu dengan nama Allah, bahwa kita pasti akan menyerang dia yaitu nabi saleh bersama keluarganya secara tiba-tiba pada malam hari, dan membunuhi mereka, kemudian untuk menutupi kasus ini, kita akan mengatakan kepada ahli warisnya bahwa kita tidak menyaksikan kebinasaan keluarganya itu, apalagi menyaksikan terbunuhnya saleh. Dan sungguh, kita orang yang benar. ' demikianlah perilaku orang jahat. Mereka melakukan tipu daya dalam melaksanakan kejahatan, kemudian mereka lepas tangan terhadap apa yang telah mereka lakukan secara licik, agar terkesan mereka adalah orang baik-baik.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah aneka ragam penjelasan dari beragam mufassirun terkait makna dan arti surat An-Naml ayat 48 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan bagi kita semua. Sokonglah perjuangan kami dengan memberikan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Paling Sering Dikaji

Baca berbagai topik yang paling sering dikaji, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 2, Al-Ahzab 21, Al-Baqarah 186, Al-Isra 1, Al-Baqarah 30, Ar-Ra’d. Termasuk Al-Infithar, Al-Jumu’ah 9, Az-Zariyat 56, Al-Isra 23-24, Ali ‘Imran 134, Ali ‘Imran 133.

  1. Al-Baqarah 2
  2. Al-Ahzab 21
  3. Al-Baqarah 186
  4. Al-Isra 1
  5. Al-Baqarah 30
  6. Ar-Ra’d
  7. Al-Infithar
  8. Al-Jumu’ah 9
  9. Az-Zariyat 56
  10. Al-Isra 23-24
  11. Ali ‘Imran 134
  12. Ali ‘Imran 133

Pencarian: kandungan surat ar rahman ayat 33, inalillahi wa inalillahi rojiun arab, bacaan surat al insyirah dan artinya, malikinas artinya, quran surah yunus ayat 40

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: