Surat An-Nur Ayat 46

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

لَّقَدْ أَنزَلْنَآ ءَايَٰتٍ مُّبَيِّنَٰتٍ ۚ وَٱللَّهُ يَهْدِى مَن يَشَآءُ إِلَىٰ صِرَٰطٍ مُّسْتَقِيمٍ

Arab-Latin: Laqad anzalnā āyātim mubayyināt, wallāhu yahdī may yasyā`u ilā ṣirāṭim mustaqīm

Artinya: Sesungguhnya Kami telah menurunkan ayat-ayat yang menjelaskan. Dan Allah memimpin siapa yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus.

« An-Nur 45An-Nur 47 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Menarik Mengenai Surat An-Nur Ayat 46

Paragraf di atas merupakan Surat An-Nur Ayat 46 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai tafsir menarik dari ayat ini. Terdokumentasi berbagai penjelasan dari banyak mufassirun terkait kandungan surat An-Nur ayat 46, antara lain seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Sungguh Kami telah menurunkan di dalam al-Qur’an ini petunjuk-petunjuk nyata yang mengarahkan menuju kebenaran. Dan Allah memberikan hidayah dan taufik kepada hamba-hambaNya yang Dia kehendaki menuju jalan yang lurus, yaitu Islam.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

46. Sungguh Kami telah menurunkan bukti-bukti yang jelas yang menunjukkan jalan yang benar. Dan Allah memberi petunjuk bagi siapa yang Dia kehendaki kepada agama Islam dengan taufik-Nya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

46. Sesungguhnya Kami telah menurunkan kepada Muhammad -ṣallallāhu 'alaihi wa sallam- ayat-ayat yang jelas, yang tidak ada keraguan di dalamnya. Dan Allah menuntun siapa yang Dia kehendaki ke jalan yang lurus, jalan yang tidak menyimpang, sehingga mengantarkannya ke Surga.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

46. لَّقَدْ أَنزَلْنَآ ءَايٰتٍ مُّبَيِّنٰتٍ ۚ (Sesungguhnya Kami telah menurunkan ayat-ayat yang menjelaskan)
Dan Kami tidak membiarkan sesuatupun tidak tercantum dalam kitab.

وَاللهُ يَهْدِى مَن يَشَآءُ(Dan Allah memimpin siapa yang dikehendaki-Nya)
Dengan memberinya taufik untuk memikirkan ayat-ayat itu dengan cara yang benar dan memberinya petunjuk untuk merenungkannya dengan sebenar-benarnya.

إِلَىٰ صِرٰطٍ مُّسْتَقِيمٍ(kepada jalan yang lurus)
Yakni jalan lurus yang dapat mengantarkannya kepada kenikmatan surga.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

46. Wahai Nabi, sungguh Kami telah menurunkan dalam Al-Qur’an ini ayat-ayat yang menjelaskan tentang halal, haram, syariat dan hukum-hukum. Allah membantu orang yang dikehendaki agar dapat melihat dengan benar dan belajar dengan benar menuju jalan lurus tanpa ada penyimpangan di dalamnya, seraya dibimbing menuju surga, yaitu dengan agama Islam.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Sungguh, Kami telah menurunkan ayat-ayat yang memberi penjelasan} yang terang yang menjelaskan kepada kebenaran {Allah memberi petunjuk kepada siapa saja yang Dia kehendaki ke jalan yang lurus


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

46 maksudnya, sungguh kami telah merahmati hamba-hamba kami dan menurunkan kepada mereka ayat-ayat yang terang, yaitu begitu jelas petunjuknya tentang seluruh orientasi-orientasi syar’I dan adab-adab yang terpuji serta berbagai pengetahuan yang sarat petunjuk sehingga menjadi jelaslah jalan-jalan tersebut, menjadi jelaslah (perbedaan) antara petunjuk dari kesesatan, dan hidayah dari kesesatan. Tiada tersisa sedikit syubhat pun untuk membatalkan hal yang berkaitan dengannya, sehingga tiada suatu syubhat sekecil apapun (yang dapt dijadiakn pegangan) oleh orang yang ingin merontokkannya dan tidak ada kerancuan bagi pencari kebenaran. Karena ia turun dari Dzat Yang Mahasempurna ilmu, rahmat dan penjelasanNya, tidak ada penjelasan (yang lebih terang) setelah penjelasanNya. Tujuannya, agar binasalah orang yang binasa dengan keterangan yang nyata dan (supaya) tetap hiduplah orang yang hidup dengan bukti yang nyata.
“dan Allah memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendakiNya,” dari kalangan orang-orang yang (sebelumnya) telah diputuskan ketetapan baik baginya dan berpijak benar “kepada jalan yang lurus,” yaitu jalan yang terang (yang pintas) yang menghantarkan kepada Allah dan kepada tempat kemuliaanNya (surga), jalan yang berisi ilmu tentang kebenaran dan pengutamaan serta pengalaman kebenaran. Allah memeratakan keterangan yang sempurna bagi semua makhlukNya dan mengistimewakan dengan (pemberian) hidayah bagi orang-orang yang Dia kehendaki. Inilah karunia dan kebaikanNya. Dan karunia Allah tidak akan terputus. Itulah keadilanNya, memotong hujjah bagi orang yang berdalih. Allah lebih mengetahui di mana meletakkan sumber-sumber kebaikanNya.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Allah SWT menegaskan bahwa Dia telah menurunkan di dalam Al-Qur'an ini hukum, hikmah, perumpamaan-perumpamaan yang jelas dan mengandung pelajaran yang sangat banyak. Dan bahwa Dia membimbing orang-orang yang berakal dan memiliki pandangan hati untuk memahami dan merenungkannya. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Dan Allah memimpin siapa yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus)


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat An-Nur ayat 46: Yakni telah menyayangi hamba-hamba Kami.

Yakni jelas dilalah(maksud)nya yang menunjukkan maksud-maksud syar’i, adab-adab yang terpuji, dan pengetahuan yang baik, sehingga menjadi jelaslah jalan yang harus ditempuh, semakin jelas mana yang hak dan mana yang batil sehingga tidak ada lagi syubhat dan kemusykilan, karena ia turun dari Tuhan yang ilmu-Nya sempurna, rahmat-Nya sempurna dan penjelasan-Nya pun sempurna.

Yaitu mereka yang sudah tecatat sejak dahulu akan memperoleh kebaikan.

Yang menyampaikan seseorang kepada Allah dan kepada tempat istimewa dari-Nya (surga), itulah jalan Islam yang di dalamnya terdapat pengetahuan terhadap yang hak (benar) dan pengamalannya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat An-Nur Ayat 46

Menutup uraian tentang bukti-bukti kekuasaan-Nya pada ayat-ayat yang lalu, Allah menyatakan sebagai berikut, sungguh, kami telah menurunkan baik pada surah ini maupun surah yang lain, ayat-ayat yang memberi penjelasan berupa bukti, hukum, nasihat, dan permisalan yang dibutuhkan oleh manusia untuk kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Dan Allah memberi petunjuk siapa yang dia kehendaki ke jalan yang luas, lurus dan tidak menyimpang. 47. Dan mereka, yakni orang-orang munafik, berkata, 'kami telah beriman kepada Allah yang maha esa dan rasul Muhammad, dan kami menaati perintah dan tuntunan keduanya. ' kemudian sungguh mengherankan, apabila mereka diperintahkan untuk melaksanakan suatu kewajiban maka sebagian dari mereka berpaling setelah ucapan dan pengakuannya itu. Sekali-kali mereka itu bukanlah orang-orang beriman karena keeng-ganan mereka menerima hukum yang ditetapkan oleh rasulullah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah kumpulan penjabaran dari berbagai pakar tafsir terkait kandungan dan arti surat An-Nur ayat 46 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa manfaat untuk kita bersama. Bantu dakwah kami dengan memberikan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Link Cukup Sering Dibaca

Kaji banyak konten yang cukup sering dibaca, seperti surat/ayat: Ath-Thariq, Al-Furqan 63, Al-Baqarah 1-5, Al-Baqarah 155, Al-Hujurat, Ar-Ra’d 28. Termasuk An-Nahl 125, Al-Waqi’ah 35-38, Al-Baqarah 275, As-Sajdah, At-Tahrim 6, At-Taubah 128-129.

  1. Ath-Thariq
  2. Al-Furqan 63
  3. Al-Baqarah 1-5
  4. Al-Baqarah 155
  5. Al-Hujurat
  6. Ar-Ra’d 28
  7. An-Nahl 125
  8. Al-Waqi’ah 35-38
  9. Al-Baqarah 275
  10. As-Sajdah
  11. At-Tahrim 6
  12. At-Taubah 128-129

Pencarian: surat at tin ayat 4 latin, bacaan ayat lima belas, al baqarah 152 dan artinya, tafsir al ahzab 59, surah al ma'un latin

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: