Daftar Isi > Al-Mu'minun > Al-Mu’minun 104

Surat Al-Mu’minun Ayat 104

تَلْفَحُ وُجُوهَهُمُ ٱلنَّارُ وَهُمْ فِيهَا كَٰلِحُونَ

Arab-Latin: Talfaḥu wujụhahumun-nāru wa hum fīhā kāliḥụn

Artinya: Muka mereka dibakar api neraka, dan mereka di dalam neraka itu dalam keadaan cacat.

« Al-Mu'minun 103Al-Mu'minun 105 »

GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Pelajaran Menarik Tentang Surat Al-Mu’minun Ayat 104

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Mu’minun Ayat 104 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran menarik dari ayat ini. Ada kumpulan penjabaran dari banyak ulama terhadap makna surat Al-Mu’minun ayat 104, di antaranya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Api neraka membakar wajah mereka, sedang mereka di dalamnya bermuka masam, bibir-bibir mereka mengelupas dan tampaklah gigi-gigi mereka.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

104. Wajah mereka dibakar oleh api Neraka, dan dalam Neraka itu wajah mereka sangat muram sehingga bibir atas mereka mengkerut ke atas, dan bibir bawah mereka mengkerut ke bawah.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

104. تَلْفَحُ وُجُوهَهُمُ النَّارُ (Muka mereka dibakar api neraka)
Makna (الفلح) adalah pembakaran. Allah mengkhususkan penyebutan wajah karena ia adalah anggota badan yang paling terhormat.

وَهُمْ فِيهَا كٰلِحُونَ(dan mereka di dalam neraka itu dalam keadaan cacat)
Makna (الكالح) adalah orang yang telah mengerut dua bibirnya sehingga giginya nampak akibat rasa letih dan rasa sakit.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

104. Muka mereka dibakar api neraka, wajah mereka sangat menyedihkan di dalamnya, gigi mereka sampai terlihat meringis karena terbakar dalam keadaan cacat.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{api neraka dan mereka di sana dalam keadaan sangat menyeramkan} buruk dimana lisan mereka mengerut, lalu tampaklah gigi mereka karena nyala api yang dahsyat


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

104 Berikutnya, Allah memberitahukan tentang buruknya tempat kesudahan orang-orang kafir. Allah berfirman, ”Muka mereka dibakar api neraka,” maksudnya, api neraka menutupi mereka dari segala penjuru, sehingga mendera anggota-anggota tubuh mereka yang mulia, dan kobarannya mengoyak-ngoyak wajah mereka “dan mereka di dalam neraka itu dalam keadaan cacat,” rona-rona muka mereka masam dan bibir-bibir mereka menyusut kering, karena dahsyatnya keadaan yang mengitari mereka dan beratnya kejadian yang mereka hadapi.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Mu’minun ayat 104: Yakni api neraka mengelilingi mereka, sampai membakar anggota tubuh yang paling mulia, yaitu muka.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Mu’minun Ayat 104

102-104. Di hadapan Allah setiap individu akan diperiksa dan ditimbang amalnya, maka barangsiapa berat timbangan kebaikan-Nya, mereka itulah orang-orang yang beruntung. Dan sebaliknya, barang siapa ringan timbangan kebaikan-Nya, maka mereka itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri karena gagal meraih keberuntungan dan membuat mereka kekal di dalam neraka jahanam. Wajah mereka, demikian juga anggota tubuh yang lain, dibakar api neraka, dan mereka di neraka dalam keadaan muram dengan bibir yang cacat sehingga kondisi mereka amat miris. 105. Seiring dengan siksa lahiriah itu, mereka juga mendapat kecaman dari Allah yang membuat batin mereka merana. Kepada mereka dikatakan, 'bukankah ayat-ayat-ku telah dibacakan kepadamu, tetapi kamu selalu mendustakannya''.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Itulah beragam penjelasan dari banyak ahli tafsir terhadap makna dan arti surat Al-Mu’minun ayat 104 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan bagi kita bersama. Sokong perjuangan kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Alhamdulillaah, kini semakin mudah membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik link yang berwarna biru, pilih surat dan ayat yg mau dibaca, maka akan keluar tafsir lengkapnya.
 
*Klik » tafsirweb.com/start*
 
Dapatkan pahala jariyah dengan share info berharga ini

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: