Daftar Isi > Al-Mu'minun > Al-Mu’minun 85

Surat Al-Mu’minun Ayat 85

سَيَقُولُونَ لِلَّهِ ۚ قُلْ أَفَلَا تَذَكَّرُونَ

Arab-Latin: Sayaqụlụna lillāh, qul a fa lā tażakkarụn

Artinya: Mereka akan menjawab: "Kepunyaan Allah". Katakanlah: "Maka apakah kamu tidak ingat?"

« Al-Mu'minun 84Al-Mu'minun 86 »

GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Pelajaran Menarik Tentang Surat Al-Mu’minun Ayat 85

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Mu’minun Ayat 85 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran menarik dari ayat ini. Didapatkan sekumpulan penjabaran dari banyak mufassirin berkaitan isi surat Al-Mu’minun ayat 85, misalnya seperti di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Mereka pasti akan mengakui bahwa itu milik Allah. Dia-lah Penciptanya dan Pemiliknya. Katakanlah kepada mereka, “Tidakkah memikirkan melalui fakta tersebut bahwa Dia Mahakuasa untuk membangkitkan dan menghidupkan kembali?”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

85. Mereka akan menjawab, "Bumi beserta semua yang ada di dalamnya adalah milik Allah," Maka katakanlah kepada mereka, "Apakah kalian tidak memikirkan bahwa Żat yang memiliki bumi beserta semua yang ada di dalamnya Mahakuasa untuk menghidupkan kalian kembali setelah mati?"


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

85. سَيَقُولُونَ لِلّٰهِ ۚ (Mereka akan menjawab: “Kepunyaan Allah”)
Yakni mereka pasti menjawab dengan jawaban ini.

قُلْ أَفَلَا تَذَكَّرُونَ(Katakanlah: “Maka apakah kamu tidak ingat?”)
Yakni jika kalian mengakui bahwa itu adalah kepunyaan Allah dan Dia-lah yang menciptakan dan mengaturnya maka mengapa kalian menyembah tuhan-tuhan yang lain disamping menyembah Allah, padahal kalian telah mengetahui tuhan-tuhan itu tidak memiliki apapun.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

85. Mereka pasti akan menjawab: "Itu semua Allah". Lalu katakanlah: "Maka apakah kamu tidak mengambil pelajaran juga tidak berfikir?" Sehingga kalian tahu bahwa Yang Kuasa menciptakan makluk pasti juga Kuasa membangkitkannya kembali.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Mereka akan menjawab,“Milik Allah” Katakanlah,“Apakah kalian tidak ingat”} apakah kalian tidak mengambil pelajaran


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

84-85 maksudnya, katakanlah kepada orang-orang yang mendustakan hari kebangkitan,yang berbelok arah drai Allah kepada sesembahan lain, sebagai pemberian hujjah kepada mereka mellaui keyakinan yang mereka tetapkan dan akui, berupa tauhid rububiyyah dan hak kepemilikan Allah atas tauhid itu secara prerogative (ditunjukan) terhadap pengingkaran mereka terhadap tauhid uluhiyyah dan ibadah, dan (pemberian hujjah) melalui penetapan mereka mengenai penciptaan segala makhluk yang besar (ditunjukan) pada pengingkaran mereka tentang menghidupkan kembali orang-orang yang telah mati yang hal ini lebih mudah dilakukan daripada itu.
“kepunyaan siapakah bumi ini, dan semua yang ada padanya,” maksudnya siapakah yang telah menciptakan bumi dan segala makhluk yang berada diatas permukaannya, berupa hewan, tumbuhan, benda mati, lautan, sungai-sungai, dan gunung-gunung, Dzatb yang memiliki dan Mengaturnya? Sesungguhnya bila engkau menanyai mereka tentang masalah itu, mereka pasti menyatakan, ”Allah semata.”
Jika mereka mengakui ini, katakanlah kepada mereka, “maka apakah kamu tidak ingat?” maksudnya, tidakkah kalian kembali kepada (pengakuan bahwa Allah Rabb yang disembah) yang kalian sudah diingatkan oleh Allah, yang sudah dimaklumi bersama, sudah mapan dalam fitrah-fitrah kalian yang mana sikap berpaling dapat berpotensi menyembunyikannya pada waktu tertentu? Padahal, pada prinsipnya, jika kalian itu merujuk ingatan kalian hanya dengan perenungan saja, niscaya kalian akan mengetahui bahwa Dzat yang memilikinya, itulah Dzat yang patut disembah semata, sementara ketuhanan dari obyek yang berada dalam kepemilikan (mamluk) merupakan ketuhanan yang paling batil.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Mu’minun ayat 85: Sesuatu yang sudah maklum dalam benakmu dan terpendam dalam fitrahmu yang terkadang menghilang oleh sikap berpaling pada sebagian waktu. Padahal sesungguhnya jika kamu kembali kepada ingatan kamu meskipun hanya berpikir sejenak, kamu dapat mengetahui bahwa yang menciptakan dan menguasai semua itu Dialah yang berhak disembah, dan bahwa menuhankan sesuatu yang dicipta dan dimiliki merupakan hal yang paling batil. Selanjutnya Allah Subhaanahu wa Ta'aala mengalihkan kepada yang lebih besar lagi.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Mu’minun Ayat 85

84-85. 'wahai nabi Muhammad! katakanlah kepada orang-orang yang keras kepala dan mengingkari hari kiamat, "milik siapakah bumi dan semua yang ada di dalamnya, jika kamu mengetahui'' pasti mereka akan menjawab dengan spontan, "milik Allah. " katakanlah, "jika demikian maka apakah kamu tidak ingat dan sadar bahwa tuhan yang memiliki sifat dan kekuasaan demikian pasti mudah bagi-Nya untuk membangkitkan manusia setelah mati''86-87. Katakanlah, 'siapakah tuhan yang memiliki langit yang tujuh dan yang memiliki 'arsy yang agung'' mereka pasti juga akan menjawab, 'milik Allah. ' katakanlah, 'jika kamu mengakui hal itu maka mengapa kamu tidak bertakwa dan berusaha menghindari siksa-Nya dengan menaati ajaran-Nya''.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikianlah beragam penjelasan dari kalangan ahli tafsir terkait makna dan arti surat Al-Mu’minun ayat 85 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah untuk kita. Dukunglah syi'ar kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Alhamdulillaah, kini semakin mudah membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik link yang berwarna biru, pilih surat dan ayat yg mau dibaca, maka akan keluar tafsir lengkapnya.
 
*Klik » tafsirweb.com/start*
 
Dapatkan pahala jariyah dengan share info berharga ini

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: