Daftar Isi > Al-Mu'minun > Al-Mu’minun 52

Surat Al-Mu’minun Ayat 52

وَإِنَّ هَٰذِهِۦٓ أُمَّتُكُمْ أُمَّةً وَٰحِدَةً وَأَنَا۠ رَبُّكُمْ فَٱتَّقُونِ

Arab-Latin: Wa inna hāżihī ummatukum ummataw wāḥidataw wa ana rabbukum fattaqụn

Artinya: Sesungguhnya (agama tauhid) ini, adalah agama kamu semua, agama yang satu, dan Aku adalah Tuhanmu, maka bertakwalah kepada-Ku.

« Al-Mu'minun 51Al-Mu'minun 53 »

GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Pelajaran Menarik Tentang Surat Al-Mu’minun Ayat 52

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Mu’minun Ayat 52 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran menarik dari ayat ini. Didapati beberapa penjelasan dari banyak ahli ilmu berkaitan makna surat Al-Mu’minun ayat 52, di antaranya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan sesungguhnya agama kalian (wahai sekalian nabi) adalah agama yang satu, yaitu Islam, dan Aku adalah Tuhan kalian, maka bertakwalah kepadaKu, dengan menjalankan perintah-perintahKu dan menjauhi larangan-laranganKu.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

52. Dan sungguh agama kalian -wahai para Rasul- adalah agama yang satu yaitu Islam, dan Aku lah Tuhan kalian, tidak ada tuhan lain bagi kalian yang berhak disembah selain-Ku, maka bertakwalah kepada-Ku dengan mengerjakan perintah dan menjauhi larangan-Ku.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

52. وَإِنَّ هٰذِهِۦٓ أُمَّتُكُمْ أُمَّةً وٰحِدَةً (Sesungguhnya (agama tauhid) ini, adalah agama kamu semua, agama yang satu)
Yakni Hai para Rasul, sesungguhnya agama kalian adalah satu. Yaitu seruan seluruh nabi kepada peribadatan kepada Allah semata, maka berpegang teguhlah kalian diatasnya.

فَاتَّقُونِ (maka bertakwalah kepada-Ku)
Yakni janganlah kalian berbuat sesuatu yang menjadikan kalian Aku siksa, yaitu dengan menyekutukan diri-Ku dengan yang lain.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

52. Sesungguhnya agama tauhid ini adalah agama dan syariat kamu semua, agama yang satu. Yaitu agama yang mengesakan Allah. Maka bertakwalah kepada-Ku dan takutlah akan azab-Ku jika kalian menyekutukan-Ku


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Sesungguhnya ini adalah agama kalian} agama kalian wahai para nabi {agama yang satu} agama yang satu yaitu agama Islam {dan Akulah Tuhan kalian. Maka bertakwalah kepadaKu”


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

52 oleh karena itu, Allah berfirman kepada para rasul,”sesungguhnya (agama tauhid) ini, adalah agama kamu semua,” yaitu (agama) kelompok kalian, wahai para rasul, yaitu “agama yang satu” yang sepakat bulat dalam satu agama dan Rabb yang satu. “maka bertakwalah kepadaKu,” dengan melaksanakan perintah-perintahKu dan menjauhi larangan-laranganKu. Sungguh, Allah telah memerintahkan kaum Mukminin dengan perintah yang telah ditunjukan kepada para rasul. Karena mereka mengikuti jalan para rasul dan menapaki jalan di belakang mereka. Allah berfirman ”Hai orang-orang yang beriman, makanlah diantara rizki yang baik-baik yang kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepadaNya kamu menyembah.”
Maka kewajiban orang-orang yang mengikuti jejak para nabi dan (orang-orang baik) lainnya, agar menaati dan mengamalkannya.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Mu’minun ayat 52: Yakni ketahuilah.

Maksudnya, kamu semua harus berada di atasnya.

Lihat surat Al Anbiya ayat 92.

Yakni dengan melaksanakan perintah-Ku dan menjauhi larangan-Ku. Allah Subhaanahu wa Ta'aala juga memerintahkan kaum mumkin seperti yang diperintahkan-Nya kepada para rasul, karena mereka mengikuti dan berjalan di belakang para rasul. Allah Subhaanahu wa Ta'aala berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah di antara rezki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah.” (Terj. Al Baqarah: 172) oleh karena itu, bagi mereka yang mengaku mengikuti para nabi harus melakukan demikian, akan tetapi orang-orang yang zalim tidak menghendaki selain durhaka sebagaimana yang diterangkan dalam ayat selanjutnya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Mu’minun Ayat 52

Allah melanjutkan firman-Nya kepada para rasul, 'dan sungguh, agama tauhid yaitu islam, inilah agama kamu, agama yang satu; dan aku adalah tuhanmu, maka bertakwalah kepada-ku dengan melaksanakan perintah-ku dan menjauhi larangan-ku. '53. Kemudian setelah sekian lama mereka, yakni pengikut para rasul, menjadikan agama mereka terpecah belah menjadi beberapa golongan yang berbeda dan saling bermusuhan. Setiap golongan dari mereka bangga dengan apa yang ada pada golongan mereka sendiri. Demikianlah manusia, suka menonjolkan egonya.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Itulah sekumpulan penafsiran dari banyak ahli ilmu mengenai kandungan dan arti surat Al-Mu’minun ayat 52 (arab-latin dan artinya), semoga bermanfaat untuk ummat. Sokong kemajuan kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Alhamdulillaah, kini semakin mudah membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik link yang berwarna biru, pilih surat dan ayat yg mau dibaca, maka akan keluar tafsir lengkapnya.
 
*Klik » tafsirweb.com/start*
 
Dapatkan pahala jariyah dengan share info berharga ini

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: