Daftar Isi > Al-Mu'minun > Al-Mu’minun 50

Surat Al-Mu’minun Ayat 50

وَجَعَلْنَا ٱبْنَ مَرْيَمَ وَأُمَّهُۥٓ ءَايَةً وَءَاوَيْنَٰهُمَآ إِلَىٰ رَبْوَةٍ ذَاتِ قَرَارٍ وَمَعِينٍ

Arab-Latin: Wa ja'alnabna maryama wa ummahū āyataw wa āwaināhumā ilā rabwatin żāti qarāriw wa ma'īn

Artinya: Dan telah Kami jadikan (Isa) putera Maryam beserta ibunya suatu bukti yang nyata bagi (kekuasaan Kami), dan Kami melindungi mereka di suatu tanah tinggi yang datar yang banyak terdapat padang-padang rumput dan sumber-sumber air bersih yang mengalir.

« Al-Mu'minun 49Al-Mu'minun 51 »

GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Pelajaran Menarik Tentang Surat Al-Mu’minun Ayat 50

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Mu’minun Ayat 50 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran menarik dari ayat ini. Didapatkan kumpulan penjabaran dari banyak ahli ilmu mengenai kandungan surat Al-Mu’minun ayat 50, di antaranya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan Kami menjadikan Isa putra Maryam dn ibunya, sebagai pertanda yang menunjukkan Kuasa Kami, yaitu ketika Kami menciptakannya tanpa keberadaan seorang ayah, Dan Kami menjadikan bagi mereka tempat tinggal di tanah yang tinggi lagi rata untuk ditinggali, yang disitu terdapat kesuburan dan air mengalir yang tampak jelas bagi pandangan mata.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

50. Dan Kami telah jadikan Isa bin Maryam dan ibunya, Maryam, sebagai tanda yang membuktikan kebesaran dan kekuasaan Kami. Sungguh Maryam telah mengandung dan melahirkannya tanpa ayah. Dan Kami lindungi mereka berdua di suatu dataran tinggi dari bumi, suatu dataran yang sangat baik ditempati, dan di sana terdapat mata air yang mengalir.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

50. Dan Kami telah menjadikan kisah Isa bin Maryam dan ibunya sebagai mukjizat yang besar. Kami telah menempatkan mereka di tempat yang tinggi di Baitul Maqdis, di sana terdapat hal-hal yang mendukung kesejahteraan, seperti air yang mengalir dan berbagai jenis buah-buahan.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

50. وَجَعَلْنَا ابْنَ مَرْيَمَ وَأُمَّهُۥٓ ءَايَةً (Dan telah Kami jadikan (Isa) putera Maryam beserta ibunya suatu bukti yang nyata)
Yakni bukti yang menunjukkan keagungan kuasa Kami dan kehebatan penciptaan Kami.

وَءَاوَيْنٰهُمَآ إِلَىٰ رَبْوَةٍ(dan Kami melindungi mereka di suatu tanah tinggi yang datar)
Yakni dataran yang tinggi. Terdapat pendapat mengatakan yang dimaksud adalah negeri Damaskus. Dan pendapat lain mengatakan, kota Nasira.

ذَاتِ قَرَارٍ(yang banyak terdapat padang-padang rumput)
Yakni mempunyai kedamaian sehingga penduduknya dapat tinggal dengan tenang.

وَمَعِينٍ(dan sumber-sumber air bersih yang mengalir)
Yakni mata air yang mengalir di dataran tinggi tersebut.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

50. Telah Kami jadikan Isa putera Maryam beserta ibunya suatu bukti nyata atas kekuasaan Kami. Kami melindungi mereka di suatu tanah tinggi yang datar yang banyak terdapat padang-padang rumput dan mudah ditanami berbagai tanaman dan buah-buahan serta terdapat sumber-sumber air bersih yang mengalir


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Kami telah menjadikan (Isa) putra Maryam bersama ibunya sebagai tanda} tanda yang menunjukkan atas kekuasaan Kami {dan Kami melindungi mereka} Kami menjadikan tempat mereka {di sebuah dataran tinggi} tempat yang tinggi di bumi {yang tenang untuk ditempati} tempat yang baik untuk tinggal {dengan air yang mengalir} dan air yang mengalir dengan jelas yang dilihat dengan mata


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

50 Dan kami melimpahkan karunia kepada Isa putra Maryam, dan Kami menjadikannya dan ibunya termasuk bagian dari ayat-ayat Allah yang mencengangkan. Pasalnya, ibunya mengandung dan melahirkannya tanpa keberdaan seorang ayah, mampu berbicara saat masih balita di dalam gendongan serta Allah memunculkan bukti-bukti kebesaranNya melalui tangannya.
“dan kami melindungi mereka di suatu tanah tinggi yang datar,” maksudnya, tempat yang tinggi. Ini Wallahu’alam- saat persalinany. “yang banyak terdapat padang-padang rumput,” maksudnya tempat yang memiliki ketenangan dan kenyamanan, “dan sumber-sumber mata air” yaitu air yang mengalir, dengan dasar firman Allah,”sesungguhnya Rabbmu telah menjadikan di bawahmu,” yaitu dibawah permukaan tanah yang engkau tempati karena berda adi ketinggian “anak sungai” yaitu sebuah sungai, itulah mata airnya. “dan goyangkanlah pangkal pohon itu kearahmu, niscaya pohon itu akan mengugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan dan minum serta bersenang hatilah kamu.”


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Mu’minun ayat 50: Allah memberikan nikmat kepada Isa putra Maryam dan menjadikan keduanya salah satu di antara tanda-tanda kekuasaan Allah, di mana Maryam hamil dan melahirkan Isa tanpa bapak. Isa juga dapat berbicara di masa buaian dan Allah menunjukkan tanda-tanda kekuasaan-Nya melalui kedua tangannya.

Menurut Syaikh As Sa’diy, yaitu ketika Maryam melahirkan. Ada yang berpendapat, bahwa dataran tinggi tersebut adalah Baitulmaqdis, dan ada yang berpendapat Damaskus, dan ada pula yang berpendapat Palestina, wallahu a’lam.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Mu’minun Ayat 50

Dan telah kami jadikan dengan kuasa kami isa putra maryam bersama ibunya sebagai suatu bukti yang nyata bagi kekuasaan dan kebesaran kami, dan kami melindungi mereka dari berbagai keadaan yang meresahkan di sebuah dataran tinggi, tempat yang tenang, rindang, dan ba-Nyak buah-buahan untuk dimakan, dan di sana juga tersedia mata air yang mengalir untuk diminum. 51. Usai menguraikan kisah para rasul, Allah lalu berbicara tentang para rasul secara umum. 'wahai para rasul! makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah kebajikan sesuai dengan syariat, baik amalan wajib maupun sunah. Sungguh, aku maha mengetahui apa yang kamu kerjakan, karena tidak ada satu pun yang tersembunyi dari-ku. '.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Itulah beragam penjabaran dari kalangan ulama tafsir berkaitan isi dan arti surat Al-Mu’minun ayat 50 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat bagi kita bersama. Support kemajuan kami dengan memberikan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Alhamdulillaah, kini semakin mudah membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik link yang berwarna biru, pilih surat dan ayat yg mau dibaca, maka akan keluar tafsir lengkapnya.
 
*Klik » tafsirweb.com/start*
 
Dapatkan pahala jariyah dengan share info berharga ini

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: