Surat Al-Hajj Ayat 23

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

إِنَّ ٱللَّهَ يُدْخِلُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ جَنَّٰتٍ تَجْرِى مِن تَحْتِهَا ٱلْأَنْهَٰرُ يُحَلَّوْنَ فِيهَا مِنْ أَسَاوِرَ مِن ذَهَبٍ وَلُؤْلُؤًا ۖ وَلِبَاسُهُمْ فِيهَا حَرِيرٌ

Arab-Latin: Innallāha yudkhilullażīna āmanụ wa 'amiluṣ-ṣāliḥāti jannātin tajrī min taḥtihal-an-hāru yuḥallauna fīhā min asāwira min żahabiw wa lu`lu`ā, wa libāsuhum fīhā ḥarīr

Artinya: Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang beriman dan mengerjakan amal yang saleh ke dalam surga-surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai. Di surga itu mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas dan mutiara, dan pakaian mereka adalah sutera.

« Al-Hajj 22Al-Hajj 24 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Penting Berkaitan Dengan Surat Al-Hajj Ayat 23

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hajj Ayat 23 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa kandungan penting dari ayat ini. Terdokumentasi beberapa penjelasan dari beragam mufassir terhadap makna surat Al-Hajj ayat 23, sebagiannya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang beriman dan beramal shalih ke dalam surga-surga yang kenikmatannya abadi. Yang mengalir sungai-sungai Di bawah istana-istana dan pepohonannya. Dan disana, mereka akan dikenakan perhiasan gelang-gelang emas dan mutiara, dan pakaian keseharian mereka di surga adalah kain sutra, baik lelaki maupun perempuan.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

23. Allah memasukkan orang-orang beriman yang mengerjakan amal shalih ke dalam surga-surga yang di dalamnya terdapat sungai-sungai yang mengalir di bawah istana-istana dan pepohonannya, mereka mendapat perhiasan yang sangat indah berupa gelang-gelang dari emas dan mutiara, dan pakaian mereka berbahan sutera, baik yang laki-laki maupun yang perempuan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

23. Adapun golongan yang beriman maka mereka lah orang-orang yang beriman kepada Allah dan mengerjakan amal saleh, Allah memasukkan mereka ke dalam surga-surga yang dibawah istana dan pepohonannya mengalir sungai-sungai, Allah menghiasi mereka dengan dipakaikan gelang-gelang emas, perhiasan mutiara, dan pakaian yang mereka pakai di dalamnya adalah pakaian sutra."


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

23. يُحَلَّوْنَ فِيهَا مِنْ أَسَاوِرَ مِن ذَهَبٍ (Di surga itu mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas)
Yakni Allah akan menghiasi mereka dengan gelang-gelang itu. Atau malaikat yang akan menghiasi mereka atas perintah Allah.

وَلُؤْلُؤًا ۖ( dan mutiara)
Yakni mereka juga dihiasi dengan mutiara.
Makna (اللؤلؤ) adalah apa yang dikeluarkan dari dalam kerang di laut.
Al-Qusyairy berpendapat, yang dimaksud adalah gelang-gelang mutiara; dan bukan sesuatu yang tidak mungkin kelak di surga akan terdapat gelang dari mutiara murni sebagaimana terdapat gelang dari emas.

وَلِبَاسُهُمْ فِيهَا حَرِيرٌ(dan pakaian mereka adalah sutera)
Yakni pakaian jenis ini yang diharamkan bagi mereka di dunia akan menjadi halal bagi mereka di akhirat dan menjadi pakaian mereka.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

23. Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang beriman kepada Allah dan rasul-Nya serta mereka yang mengerjakan amal yang saleh yang telah Allah perintahkan, ke dalam surga-surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai. Di surga itu mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas dengan keindahan yang sangat di dada dan lainnya dan mutiara dari kedalama laut, dan pakaian mereka di surga adalah sutera yang laki-laki dilarang menggunakannya di dunia.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Sesungguhnya Allah akan memasukkan orang-orang yang beriman dan beramal shalih ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Di dalamnya mereka diberi perhiasan} diberi hiasan {dengan gelang dari emas dan mutiara. Pakaian mereka di dalamnya adalah sutra


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

23. “Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang beriman dan mengerjakan amal yang shalih ke dalam surge-surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai.” Dan telah diketahui bahwa ciri khas ini tidak cocok disematkan kepada selain kaum Muslimin, yang beriman kepada seluruh kitab Allah dan para RasulNya. “DI surge itu mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas,” maksudnya dipakaikan gelang-gelang emas di tangan-tangan mereka, kaum lelaki dan perempuan. “Dan pakaian mereka adalah sutra,” kenikmatan mereka menjadi sempurna melalui penyebutan berbagai makanan yang lezat yang telah tercakup oleh makna dari kata surge-surga. Dan penyebutan sungai-sungai yang mengalir, sungai yang berisi air, susu, madu dan khamar, serta beragam sandang dan perhiasan yang mewah.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 23-24
Setelah Allah memberitahukan tentang keadaan penghuni neraka (kami berlindung kepada Allah dari keadaan mereka) berupa azab, pembalasan, membakar, dan belenggu-belenggu, serta pakaian khusus dari api untuk mereka, kemudian Allah menyebutkan keadaan penghuni surga (kemi memohon kepada Allah dengan karunia dan kemurahanNya untuk memasukkan kita ke surga) Lalu Allah SWT berfirman: (Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh ke dalam surga-surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai) yaitu membelah taman-taman di sekeliling dan di pinggir-pinggir surga serta di bawah pohon-pohon dan istana-istananya. Mereka mengalirkannya kemana pun yang mereka sukai dan kehendaki (Di surga itu mereka diberi perhiasan) perhiasan (dengan gelang-gelang dari emas dan mutiara) yaitu pada tangan-tangan mereka, sebagaimana yang disebutkan Nabi SAW dalam hadits yang Bukhari Muslim,”Perhiasan yang dipakai oleh orang mukmin mencapai apa yang dicapai oleh air wudhu”
Firman Allah: (dan pakaian mereka adalah sutra) Kebalikan dari pakaian penghuni neraka yang semuanya terbuat dari api neraka, sedangkan pakaian penghuni surga dari kain sutra yang tipis dan tebal. Sebagaimana Allah berfirman: (Mereka memakai pakaian sutra halus yang hijau dan sutra tebal dan dipakaikan kepada mereka gelang terbuat dari perak, dan Tuhan memberikan kepada mereka minuman yang bersih (21) Sesungguhnya ini adalah balasan untuk kalian, dan usaha kalian adalah disyukuri (22)) (Surah Al-Insan)
Firman Allah: (Dan mereka diberi petunjuk kepada ucapan-ucapan yang baik)
Mereka diberi petunjuk ke tempat yang di dalamnya mereka mendengar perkataan yang baik. Sebagaimana firmanNya: (dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya) (Surah Al-Furqan: 75) Keadaan mereka berbeda dengan penghuni neraka yang terus-menerus dihina, dicela, dan dikecam. Dikatakan kepada mereka: (Rasakanlah azab yang membakar ini) (Surah Ali Imran: 18) Firman Allah: (dan ditunjukkan (pula) kepada jalan (Allah) yang terpuji) yaitu ke tempat yang di tempat itu mereka memuji Tuhan mereka atas kebaikan dan nikmat yang diberikan kepada mereka. Sebagaimana yang disebutkan dala hadits shahih,”Sesungguhnya mereka (ahli surga) diberi ilham untuk bertasbih dan bertahmid sebagaimana mereka diberi ilham untuk bernapas”
Sebagian mufasir berkata tentang firmanNya: (Dan mereka diberi petunjuk kepada ucapan-ucapan yang baik) yaitu Al-Qur'an. Dikatakan bahwa itu adalah “La ilaha Illallah” Dikatakan juga bahwa itu adalah dzikir yang disyariatkan (dan ditunjukkan (pula) kepada jalan (Allah) yang terpuji) yaitu jalan yang lurus ketika di dunia. Semua pendapat ini tidak bertentangan dengan apa yang telah kami sebutkan. Hanya Allah yang lebih mengetahui


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Hajj ayat 23: Kepada semua kitab dan semua rasul.

Yang ketika di dunia mereka (laki-laki) diharamkan memakainya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hajj Ayat 23

Berbeda dengan nasib orang-orang kafir di akhirat, sungguh, Allah akan memasukkan orang-orang yang beriman yang tidak murtad dan mengerjakan kebajikan yang bermanfaat bagi dirinya dan orang banyak ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai yang merupakan kenikmatan abadi. Di sana mereka diberi perhiasan gelang-gelang emas dan mutiara, dan pakaian mereka terbuat dari sutera, simbol kebahagiaan dan kenikmatan. Mereka juga mendapat keridaan Allah dan perjum-paan dengan-Nya merupakan kenikmatan tertinggi. 24. Dan mereka, para penghuni surga diberi petunjuk dan bimbingan kepada ucapan-ucapan yang baik dan santun dan diberi petunjuk pula, bim-bingan, kepada jalan Allah yang maha terpuji, berjumpa dan melihat Allah, karena selama di dunia berakhlak mulia dan berhati bersih.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian bermacam penafsiran dari berbagai ahli tafsir berkaitan isi dan arti surat Al-Hajj ayat 23 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan untuk kita. Sokong usaha kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Tersering Dikaji

Ada berbagai halaman yang tersering dikaji, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 177, An-Nisa 36, Yasin 82, Al-Buruj, Ibrahim 7, Al-Isra. Ada pula Ayat 15 (Lima Belas), Innallaha Ma’ash Shabiriin, Fatir 37, Al-Qashash 77, Ar-Rahman 13, Ar-Rum 21.

  1. Al-Baqarah 177
  2. An-Nisa 36
  3. Yasin 82
  4. Al-Buruj
  5. Ibrahim 7
  6. Al-Isra
  7. Ayat 15 (Lima Belas)
  8. Innallaha Ma’ash Shabiriin
  9. Fatir 37
  10. Al-Qashash 77
  11. Ar-Rahman 13
  12. Ar-Rum 21

Pencarian: subhanalladzi, arti kullu nafsin dzaiqotul maut, tulisan arab innallaha ma'ashobirin, al baqarah artinya adalah, surah al naba

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: