Surat Al-Anbiya Ayat 49

ูฑู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ูŠูŽุฎู’ุดูŽูˆู’ู†ูŽ ุฑูŽุจู‘ูŽู‡ูู… ุจููฑู„ู’ุบูŽูŠู’ุจู ูˆูŽู‡ูู… ู…ู‘ูู†ูŽ ูฑู„ุณู‘ูŽุงุนูŽุฉู ู…ูุดู’ููู‚ููˆู†ูŽ

Arab-Latin: Allaลผฤซna yakhsyauna rabbahum bil-gaibi wa hum minas-sฤ'ati musyfiqแปฅn

Artinya: (yaitu) orang-orang yang takut akan (azab) Tuhan mereka, sedang mereka tidak melihat-Nya, dan mereka merasa takut akan (tibanya) hari kiamat.

ยซ Al-Anbiya 48 โœต Al-Anbiya 50 ยป

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Kandungan Berharga Terkait Dengan Surat Al-Anbiya Ayat 49

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Anbiya Ayat 49 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka kandungan berharga dari ayat ini. Tersedia beraneka penjabaran dari para mufassirun mengenai kandungan surat Al-Anbiya ayat 49, misalnya seperti terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

48-49. Dan sungguh Kami telah memberikan kepada Musa dan Harun hujjah dan pertolongan untuk menghadapi musuh mereka dan kitab (yaitu Taurat) yang dengannya Kami membedakan antara kebenarana dan kebatilan, dan cahaya yang menjadi sumber petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa. Yang takut akan siksaan Tuhan mereka, sedang mereka itu khawatir terhadap Hari perhitungan amal yang terjadi ketika datangnya Hari Kiamat.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

49. Yaitu orang-orang yang takut akan azab Tuhan yang mereka imani sekalipun mereka belum pernah melihat-Nya, dan mereka merasa takut akan tibanya hari Kiamat.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

49. ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ูŠูŽุฎู’ุดูŽูˆู’ู†ูŽ ุฑูŽุจูŽู‘ู‡ูู… ุจูุงู„ู’ุบูŽูŠู’ุจู (orang-orang yang takut akan (azab) Tuhan mereka, sedang mereka tidak melihat-Nya)
Karena rasa takut ini senantiasa bersama ketakwaan. Yakni mereka takut dari azab Allah, meskipun mereka tidak melihat azab tersebut.

ูˆูŽู‡ูู… ู…ูู‘ู†ูŽ ุงู„ุณูŽู‘ุงุนูŽุฉู ู…ูุดู’ููู‚ููˆู†ูŽ(dan mereka merasa takut akan (tibanya) hari kiamat)
Yakni merasa takut dan khawatir.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

49. Yaitu orang-orang yang takut dengan azab Tuhannya dalam keadaan sembunyi dan tidak dilihat olehNya. Maksunya yaitu mereka adalah orang-orang ikhlas yang tidak pamer kepada manusia dan maereka itu takut terhadap kengerian hari kiamat.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Orang-orang yang takut Tuhannya dalam keadaan sendiri} mereka takut kepada Tuhannya dalam keadaan lengang ketika dia sedang menyendiri dari orang lain {dan terhadap hari kiamat} hari kiamat {mereka takut} mereka takut


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

49. Selanjutnya Allah menerangkan siapa orang-orang yang bertakwa itu. Allah berfirman, โ€œ(Yaitu) orang-orang yang takut akan (azab) Rabb mereka sedang mereka tidak melihatNya,โ€ maksudnya, mereka takut kepada Allah saat mereka sendirian, tidak ada pandangan orang lain yang mengarah kepada mereka, sehingga pasti saat bersama orang lain, akan lebih takut kepada Allah. Mereka menahan diri (waraโ€™) dari apa yang diharamkan oleh Allah dan melaksanakan perkara-perkara yang harus dikerjakan. โ€œDan mereka merasa takut akan (tibanya) Hari KIamat,โ€ maksudnya, mereka takut lagi khawatir. Hal ini muncul karena kesempurnaan maโ€™rifat (pengetahuan) mereka tentang Rabb mereka. Sehingga mereka memadukan sikap untuk berbuat baik dan merasa takut kepaddaNya. Bentuk โ€˜athaf (kata sambung โ€œdanโ€) di sini untuk menghubungkan sifat-sifat yang diperuntukkan bagi sesuatu yang (berjumlah) satu dan obyek yang satu.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 48-50
Telah disebutkan peringatan bahwa Allah SWT sering mengiringkan penyebutan nabi Musa AS dan nabi Muhammad SAW da antara kitabnya masing-masing. Oleh akrena itu Allah SWT berfirman: (Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Musa dan Harun kitab Taurat)
Mujahid berkata bahwa yang dimaksud adalah Kitab.
Qatadah berkata bahwa kitab Taurat kandungannya adalah tentang halal dan haram, serta sesuatu yang dibedakan oleh Allah antara kebenaran dan kebathilan.
Ibnu Zaid berkata bahwa makna yang dimaksud adalah pertolongan. Kesimpulan semua pendapat ini adalah bahwa semua kitab samawi mengandung pemisah antara kebenaran dan kebathilan, petunjuk dan kesesatan, halal dan haram. Begitu juga mengandung cahaya dalam hati, petunjuk, ketakutan, dan taubat. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (kitab Taurat dan penerangan serta pengajaran bagi orang-orang yang bertakwa) yaitu peringatan dan nasehat untuk mereka.
Kemudian Allah menggambarkan mereka dan berfirman: (orang-orang yang takut akan (azab) Tuhan mereka, sedangkan mereka tidak melihat-Nya) sebagaimana firmanNya: ((Yaitu) orang yang takut kepada Tuhan Yang Maha Pemurah, sedangkan Dia tidak kelihatan (olehnya) dan dia datang dengan hati yang bertaubat (33)) (Surah Qaf)
(dan mereka merasa takut akan (tibanya) hari kiamat) yaitu takut dan gentar. Kemudian Allah SWT berfirman: (Dan Al-Qurโ€™an ini adalah suatu kitab (peringatan) yang mempunyai berkah yang telah Kami turunkan) yaitu Al-Qur'an yang tidak datang kepadanya kebatilan, baik dari depan maupun belakang, yang diturunkan dari Tuhan Yang Maha Bijaksana lagi Maha Terpuji (Maka mengapakah kalian mengingkarinya?) yaitu apakah kalian mengingkari kebenaran Al-Qur'an, padahal Al-Qur'an begitu jelas dan terang?


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Anbiya ayat 49: Bisa juga diartikan, di saat manusia tidak melihatnya atau di saat sepi. Jika di saat sepi saja mereka merasa takut kepada azab Tuhan mereka, bagaimana pada saat berada di hadapan manusia? Tentu lebih takut lagi. Oleh karena itu, mereka menjaga diri dari apa yang diharamkan dan mengerjakan apa yang diwajibkan.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Anbiya Ayat 49

Baik taurat maupun Al-Qur'an berfungsi sebagai pembeda (al-furq'n), penerangan dan pelajaran berharga bagi orang-orang yang bertakwa, yaitu orang-orang yang takut terhadap azab tuhannya, sekalipun mereka tidak melihat-Nya, tetapi meyakini dan meresapkan ke dalam kalbunya; dan mereka merasa takut akan tibanya hari kiamat yang berlangsung cepat dan dahsyat. 50. Bani israil, umat nabi musa dan harun, sebagian besar mengingkari taurat yang berisi pembeda, penerangan dan pelajaran bagi yang bertakwa. Dan Al-Qur'an ini bagi kamu sekalian, umat nabi Muhammad adalah suatu peringatan yang mempunyai berkah yang telah kami turunkan untuk umat akhir zaman. Maka apakah kamu mengingkarinya sebagaimana bani israil mengingkari taurat'.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Itulah berbagai penjabaran dari kalangan mufassir mengenai kandungan dan arti surat Al-Anbiya ayat 49 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan untuk kita bersama. Bantu dakwah kami dengan memberikan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Cukup Sering Dibaca

Kaji banyak konten yang cukup sering dibaca, seperti surat/ayat: An-Nisa 36, Ar-Rahman 13, Ar-Rum 21, Al-Baqarah 177, Fatir 37, Al-Isra. Ada pula Al-Buruj, Al-Qashash 77, Ibrahim 7, Ayat 15 (Lima Belas), Innallaha Ma’ash Shabiriin, Yasin 82.

  1. An-Nisa 36
  2. Ar-Rahman 13
  3. Ar-Rum 21
  4. Al-Baqarah 177
  5. Fatir 37
  6. Al-Isra
  7. Al-Buruj
  8. Al-Qashash 77
  9. Ibrahim 7
  10. Ayat 15 (Lima Belas)
  11. Innallaha Ma’ash Shabiriin
  12. Yasin 82

Pencarian: al maidah ayat 66, ali imran 106, surah al alaq ayat 1 19, lain syakartum laazidannakum artinya, surah humazah

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
โœ… Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
ย 
โœ… Klik *tafsirweb.com/pahala* lalu kirim informasi ini ke 5 group lainnya untuk dapat pahala jariyah

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini ๐Ÿ‘‰ pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti ๐Ÿ‘‰ klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: