Surat Thaha Ayat 127

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَكَذَٰلِكَ نَجْزِى مَنْ أَسْرَفَ وَلَمْ يُؤْمِنۢ بِـَٔايَٰتِ رَبِّهِۦ ۚ وَلَعَذَابُ ٱلْءَاخِرَةِ أَشَدُّ وَأَبْقَىٰٓ

Arab-Latin: Wa każālika najzī man asrafa wa lam yu`mim bi`āyāti rabbih, wa la'ażābul-ākhirati asyaddu wa abqā

Artinya: Dan demikianlah Kami membalas orang yang melampaui batas dan tidak percaya kepada ayat-ayat Tuhannya. Dan sesungguhnya azab di akhirat itu lebih berat dan lebih kekal.

« Thaha 126Thaha 128 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Penting Mengenai Surat Thaha Ayat 127

Paragraf di atas merupakan Surat Thaha Ayat 127 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam hikmah penting dari ayat ini. Diketemukan aneka ragam penjelasan dari kalangan ahli tafsir berkaitan isi surat Thaha ayat 127, sebagiannya seperti di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan demikianlah Kami menghukum orang-orang yang bertindak melampaui batas terhadap dirinya, lalu dia mendurhakai Tuhannya dan tidak mengimani ayat-ayatNya, dengan hukuman-hukuman di dunia. Dan siksaan akhirat yang disiapkan bagi mereka itu benar-benar lebih pedih, lebih kekal dan lebih pasti, karena tidak pernah putus dan tidak akan berhenti.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

127. Dan dengan balasan inilah Kami akan memberikan balasan kepada orang yang tenggelam dalam hawa nafsu yang diharamkan, dan enggan beriman terhadap bukti-bukti kebenaran yang jelas dari Tuhannya. Sungguh azab Allah di Akhirat kelak lebih dahsyat, lebih kuat, dan lebih kekal dibandingkan dengan kehidupan yang sengsara di dunia dan di alam kubur.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

127. وَكَذٰلِكَ نَجْزِى مَنْ أَسْرَفَ (Dan demikianlah Kami membalas orang yang melampaui batas)
Yakni tenggelam dalam hawa nafsu yang diharamkan.

وَلَعَذَابُ الْاٰخِرَةِ أَشَدُّ (dan tidak percaya kepada ayat-ayat Tuhannya. Dan sesungguhnya azab di akhirat itu lebih berat)
Yakni lebih berat dari kehidupan yang sempit dan sulit.

وَأَبْقَى (dan lebih kekal)
Karena azab tersebut tidak ada habisnya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

Janganlah sampai tertipu seorang pemuda yang membawa dirinya di atas kelezatan dunia yang sementara ini, dan jangan pula merasa sedih seorang pemuda bertaqwa yang terlewatkan oleh semua kelezatan ini, karena sesungguhnya tidak ada kebaikan pada kelezatan yang sementara ini namun dibaliknya adalah azab dunia dengan penyakit dan azab akhirat dengan neraka { وَلَعَذَابُ ٱلْءَاخِرَةِ أَشَدُّ وَأَبْقَىٰٓ } "Dan sesungguhnya azab di akhirat itu lebih berat dan lebih kekal".


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

127. Dan sebagaimana balasan Kami bagi orang yang menolak mengingat Al-Qur’an, Kami juga membalas dan menghukum setiap orang yang terlalu asyik mengikuti syahwat, melebihi batas kekufuran dan kemaksiatan, dan tidak mengimani ayat-ayat Tuhannya, bahkan mendustakannya, maka sungguh azab akhirat itu lebih kejam dan menyakitkan daripada azab dunia, serta lebih abadi.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Demikianlah} seperti itulah balasan {Kami membalas orang yang melampaui batas} melampaui batas dengan asyik dengan hawa nafsunya {dan tidak percaya pada ayat-ayat Tuhannya. Sungguh azab di akhirat itu lebih berat} lebih mengerikan {dan lebih kekal} lebih kekal


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

127.”Dan demikianlah,” dengan balasan ini Kami membalas “orang yang melampaui batas,” melewati batas-batas dan melakukan perbuatan-perbuatan haram serta melampaui wilayah yang diperbolehkan baginya “dan tidak percaya terhadap ayat-ayat Rabbnya,” yang menunjukkan kepada seluruh tuntutan keimanan, dengan sejelas-jelasnya lagi tegas. Allah tidaklah menganiayanya dan tidak menjatuhkan hukuman bukan pada tempatnya. Akan tetapi, penyebabnya adalah tindakannya melampaui batas dan tidak beriman.
“Dan sesungguhnya azab di akhirat itu lebih berat,” daripada siksa dunia dengan berlipat ganda “dan lebih kekal,” karena tidak pernah berhenti. Berbeda dengan siksa dunia, akan berhenti. Maka kewajiban kita adalah takut dan berwaspada dari siksa akhirat.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Allah SWT berfirman,"Demikianlah Kami membalas orang-orang yang berlebihan dan mendustakan ayat-ayat Allah, baik di dunia maupun di akhirat" (Bagi mereka azab dalam kehidupan dunia, dan sesungguhnya azab akhirat adalah lebih keras dan tak ada bagi mereka seorang pelindung pun dari {azab) Allah (34)) (Surah Ar-Ra'd) Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Dan sesungguhnya azab di akhirat itu lebih berat dan lebih kekal) yaitu lebih menyakitkan daripada azab di dunia dan lebih kekal bagi mereka, mereka kekal di dalamnya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Thaha ayat 127: Yakni melewati batasan yang ditetapkan, mengerjakan perbuatan yang diharamkan, seperti halnya yang dilakukan orang-orang kafir dan musyrik.

Oleh karena itu, Allah tidaklah berbuat zalim dan tidak mungkin meletakkan hukuman yang bukan pada tempatnya. Yang demikian adalah disebabkan sikapnya yang melampaui batas dan tidak beriman kepada petunjuk yang diturunkan-Nya untuk kebaikan dirinya.

Dari azab di dunia dan dari azab kubur.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Thaha Ayat 127

127. Dan demikianlah, sebagai hukuman atas keengganan itu, kami membalas orang yang melampaui batas dan tidak menghiraukan petunjuk yang datang kepadanya dan tidak pula mau percaya kepada ayat-ayat tuhannya. Dan ketahuilah, sesungguhnya azab di akhirat itu lebih berat daripada hukuman di dunia dan selain itu, azab di akhirat juga lebih kekal. 128. Pada ayat-ayat berikut Allah menerangkan peringatan-Nya kepada orang kafir dan enggan mengikuti petunjuk-Nya. Sungguh, semua ancaman itu pasti terjadi, maka tidakkah apa yang terjadi pada kaum kafir terdahulu menjadi petunjuk bagi mereka yang musyrik itu; berapa banyaknya kami membinasakan umat-umat sebelum mereka. Sungguh mengherankan bila mereka tidak mengambil pelajaran dari peristiwa itu, padahal mereka telah berjalan di lokasi tersebut dan melihat bekas-bekas tempat tinggal umat-umat yang dibinasakan itu'


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah beragam penjabaran dari para ahli ilmu berkaitan kandungan dan arti surat Thaha ayat 127 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa manfaat bagi kita. Support syi'ar kami dengan memberikan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Link Paling Banyak Dilihat

Baca banyak topik yang paling banyak dilihat, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 177, An-Nisa 36, Yasin 82, Al-Isra, Ar-Rum 21, Fatir 37. Termasuk Ibrahim 7, Ayat 15 (Lima Belas), Innallaha Ma’ash Shabiriin, Al-Buruj, Ar-Rahman 13, Al-Qashash 77.

  1. Al-Baqarah 177
  2. An-Nisa 36
  3. Yasin 82
  4. Al-Isra
  5. Ar-Rum 21
  6. Fatir 37
  7. Ibrahim 7
  8. Ayat 15 (Lima Belas)
  9. Innallaha Ma’ash Shabiriin
  10. Al-Buruj
  11. Ar-Rahman 13
  12. Al-Qashash 77

Pencarian: al baqarah ayat 285 beserta artinya, al hadid 16, surat an nur latin, arti surah al ahzab ayat 21, surat al-hujurat ayat 12 latin

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: