Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Thaha Ayat 100

مَنْ أَعْرَضَ عَنْهُ فَإِنَّهُ يَحْمِلُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وِزْرًا

Arab-Latin: Man a'raḍa 'an-hu fa innahụ yaḥmilu yaumal-qiyāmati wizrā

Terjemah Arti: Barangsiapa berpaling dari pada Al qur'an maka sesungguhnya ia akan memikul dosa yang besar di hari kiamat,

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Barangsiapa yang berpaling dari al-Qur’an ini, tidak mengimaninya dan tidak mengamalkan kandungannya, maka sesungguhnya dia akan datang pada Hari Kiamat dengan memikul dosa yang amat besar.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

100. Barangsiapa yang berpaling dari Al-Qur`ān yang diturunkan kepadamu, ia belum beriman kepadanya, dan beramal dengan kandungannya; maka ia akan datang pada hari Kiamat kelak dengan membawa dosa yang sangat besar dan berhak mendapatkan hukuman yang pedih.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

100. مَّنْ أَعْرَضَ عَنْهُ فَإِنَّهُۥ يَحْمِلُ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ وِزْرًا (Barangsiapa berpaling dari pada Al qur’an maka sesungguhnya ia akan memikul dosa yang besar di hari kiamat)
Yakni semua orang yang berpaling darinya dan tidak mengimani dan mengamalkan kandungannya akan memikul dosa yang besar dan mendapat siksaan yang berat.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

100. Barang siapa menolak Al-Qur’an ini dan tidak mengimaninya, maka sesungguhnya dia akan menanggung hukuman dosa pada hari kiamat. Al-Wizru arti asalnya adalah menanggung beban berat dan dikaitkan dengan dosa. Dan disini kata tersebut dimaksudkan untuk suatu hukuman.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Dengan tidak beriman, meremehkan perintah dan larangannya atau tidak mau mempelajari kandungannya yang wajib.

Dosa akan berubah menjadi azab bagi pelakunya, dan azab itu disesuaikan besar-kecilnya tergantung dosa yang dikerjakan.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


100. Allah menegaskan bahwa Al-Qur'an merupakan tuntunan dan petunjuk bagi mereka yang menginginkan kebaikan dunia dan akhirat. Tuntunan dan petunjuk itu harus mereka ikuti dan pegang teguh. Barang siapa berpaling dari tuntunan dan petunjuk Al-Qur'an, maka sesungguhnya dia akan memikul dosa yang besar di hari kiamat yang akan menyebabkannya menerima azab. 101. Mereka yang berpaling dari tuntunan Al-Qur'an itu akan kekal di dalam keadaan yang penuh penderitaan itu, dan ketahuilah bahwa amat buruklah dosa yang telah mereka lakukan itu. Keingkaran itu akan mereka bawa sebagai beban bagi mereka di hari kiamat.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Thaha Ayat 101 Arab-Latin, Surat Thaha Ayat 102 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Thaha Ayat 103, Terjemahan Tafsir Surat Thaha Ayat 104, Isi Kandungan Surat Thaha Ayat 105, Makna Surat Thaha Ayat 106

Category: Surat Thaha

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!