Surat Thaha Ayat 91

قَالُوا۟ لَن نَّبْرَحَ عَلَيْهِ عَٰكِفِينَ حَتَّىٰ يَرْجِعَ إِلَيْنَا مُوسَىٰ

Arab-Latin: Qālụ lan nabraḥa 'alaihi 'ākifīna ḥattā yarji'a ilainā mụsā

Artinya: Mereka menjawab: "Kami akan tetap menyembah patung anak lembu ini, hingga Musa kembali kepada kami".

« Thaha 90Thaha 92 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Tafsir Berharga Terkait Surat Thaha Ayat 91

Paragraf di atas merupakan Surat Thaha Ayat 91 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa tafsir berharga dari ayat ini. Ada beberapa penafsiran dari berbagai mufassirin mengenai kandungan surat Thaha ayat 91, sebagiannya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Para penyembah patung anak sapi dari mereka menjawab, “Kami akan tetap terus-menerus menyembah patung anak sapi ini sampai Musa kembali kepada kami.”


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

91. Akan tetapi orang-orang yang senang menyembah patung anak sapi itu membangkang dan menyelisihinya: “Kami akan tetap menyembah patung anak sapi ini hingga Musa kembali kepada kami dari gunung Thur!”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

91. Orang-orang yang tertipu dengan penyembahan patung anak sapi itu menjawab, "Kami akan terus senantiasa menyembahnya dan tidak meninggalkannya hingga Musa kembali kepada kami."


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

91. قَالُوا۟ لَن نَّبْرَحَ عَلَيْهِ عٰكِفِينَ حَتَّىٰ يَرْجِعَ إِلَيْنَا مُوسَىٰ (Mereka menjawab: “Kami akan tetap menyembah patung anak lembu ini, hingga Musa kembali kepada kami”)
Yakni kami akan tetap menyembah patung anak sapi ini sampai Musa kembali kepada kami, agar kami dapat melihat apakah Musa menyetujui penyembahan patung ini atau melarangnya. Maka setelah itu Harun menjauh dari mereka.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

91. Mereka berkata kepada Harun: “Kami akan tetap melanjutkannya, atau kami masih akan tetap menyembah anak sapi sampai Musa kembali kepada kami, supaya dia melihat, apakah akan menyetujui peribadatan kami atau mencegahnya?” Lalu Harun menyingkir dari mereka


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Mereka menjawab,“Kami tidak akan meninggalkannya dengan menjadi orang-orang tetap menyembahnya} kami akan tetap menyembahnya {sampai Musa kembali kepada kami”


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

90-91. Maksudnya: dengan beribadah kepada anak sapi, mereka itu bukanlah orang yang bisa diberi (toleransi) udzur. Sesungguhnya mereka meskipun ada syubhat yang muncul pada mereka tentang penyembahannya, akan tetapi Harun telah melarang mereka dari tindakan tersebut, memberitahu mereka bahwa ia merupakan fitnah, dan Rabb mereka ialah (Rabb) Yang Maha Pemurah. DariNya bersumber kenikmatan-kenikmatan yang lahiriah maupun batiniah, Dzat Yang Berkuasa untuk menyingkirkan malapetaka. Harun memerintahkan mereka untuk mengikuti dirinya dan meninggalkan anak sapi, namun mereka enggan sembari mengatakan, “Kami akan tetap menyembah patung anak lembu ini, hingga Musa kembali kepada kami.”


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 90-91
Allah SWT memberitahukan tentang larangan nabi Harun terhadap mereka dari menyembah patung anak sapi. Nabi Harun memberitahukan kepada mereka,”Ini adalah fitnah bagi kalian, dan sesungguhnya Tuhan kalian adalah Tuhan Yang Maha Pemurah yang menciptakan segala sesuatu, dan menetapkan ukuran-ukurannya dengan baik, dan Dzat yang memiliki ‘Arsy yang agung dan Maha Berbuat sesuai dengan yang Dia kehendaki (maka ikutilah aku dan taatilah perintahku) dalam apa yang Aku perintahkan kepada kalian, dan tinggalkanlah apa yang Aku larang kepada kalian (Mereka menjawab, "Kami akan tetap menyembah patung anak lembu ini hingga Musa kembali kepada kami” (91)) yaitu kami tidak akan meninggalkan penyembahan terhadapnya sehingga kami mendengar perkataan nabi Musa tentangnya, dan mereka menentang nabi Harun dalam hal itu, dan mereka memusuhinya, bahkan hampir saja mereka membunuhnya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Thaha Ayat 91

Mereka tidak menghiraukan nasihat nabi harun seraya menjawab, 'sungguh, kami tidak akan meninggalkannya, yaitu patung anak sapi itu. Kami tetap akan menyembahnya sampai musa kembali kepada kami. '92-93. Melihat kesesatan kaumnya, nabi musa marah dan menegur nabi harun karena dianggap tidak mampu memimpin bani israil dengan baik. Sambil memegang kepala dan janggut saudaranya itu, dia berkata, 'wahai harun! Allah mengutusmu untuk membantuku. Apa yang menghalangimu untuk menegur ketika engkau melihat mereka telah sesat dengan menyembah patung anak sapi' apa yang menyebabkan engkau tidak mengikuti aku dalam berdakwah dan mengajak mereka untuk mengesakan Allah' apakah engkau telah sengaja melanggar perintahku sehingga engkau membiarkan mereka sesat''.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikian bermacam penafsiran dari para ulama berkaitan kandungan dan arti surat Thaha ayat 91 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan bagi ummat. Sokonglah usaha kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Sering Dikaji

Baca ratusan halaman yang sering dikaji, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 177, Yasin 82, Ayat 15 (Lima Belas), Al-Buruj, Fatir 37, An-Nisa 36. Termasuk Ar-Rahman 13, Ar-Rum 21, Al-Qashash 77, Ibrahim 7, Innallaha Ma’ash Shabiriin, Al-Isra.

  1. Al-Baqarah 177
  2. Yasin 82
  3. Ayat 15 (Lima Belas)
  4. Al-Buruj
  5. Fatir 37
  6. An-Nisa 36
  7. Ar-Rahman 13
  8. Ar-Rum 21
  9. Al-Qashash 77
  10. Ibrahim 7
  11. Innallaha Ma’ash Shabiriin
  12. Al-Isra

Pencarian: tuliskan arti surah al alaq ayat 1-5, tuliskan ayat alquran yang berkaitan dengan ikhlas, surahbyasin, arti at taubah, ali imran 189-194

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
✅ Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
 
✅ Klik *tafsirweb.com/pahala* lalu kirim informasi ini ke 5 group lainnya untuk dapat pahala jariyah

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini 👉 pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti 👉 klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: