Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Thaha Ayat 90

وَلَقَدْ قَالَ لَهُمْ هَارُونُ مِنْ قَبْلُ يَا قَوْمِ إِنَّمَا فُتِنْتُمْ بِهِ ۖ وَإِنَّ رَبَّكُمُ الرَّحْمَٰنُ فَاتَّبِعُونِي وَأَطِيعُوا أَمْرِي

Arab-Latin: Wa laqad qāla lahum hārụnu ming qablu yā qaumi innamā futintum bih, wa inna rabbakumur-raḥmānu fattabi'ụnī wa aṭī'ū amrī

Terjemah Arti: Dan sesungguhnya Harun telah berkata kepada mereka sebelumnya: "Hai kaumku, sesungguhnya kamu hanya diberi cobaan dengan anak lembu. itu dan sesungguhnya Tuhanmu ialah (Tuhan) Yang Maha Pemurah, maka ikutilah aku dan taatilah perintahku".

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Dan sesungguhnya Harun telah berkata kepada Bani Israil sebelum kembalinya Musa kepada mereka, “Wahai kaumku, sesungguhnya kalian itu sedang diuji dengan keberadaan patung anak sapi ini, agar menjadi tampak jelas orang yang beriman dari kalian dan orang yang kafir. Dan sesungguhnya Tuhan kalian adalah ar-Rahman, tiada tuhan sembahan selainNya. Maka ikutilah aku dalam perkara yang aku seru kalian kepadanya, yaitu beribadah hanya kepada Allah, dan taatilah perintahku untuk mengikuti syariatNya.”

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

90. Dan sungguh sebelum kepulangan Musa kepada mereka, Harun telah berkata memperingatkan kaumnya, "Dalam pembuatan patung anak sapi yang terbuat dari emas dan suaranya ini hanyalah sebagai cobaan bagi kalian agar nampak siapa di antara kalian yang mukmin dan siapa yang kafir, dan sesungguhnya Tuhan kalian -wahai kaumku- ialah Tuhan yang memiliki anugerah rahmat, bukan sesuatu yang tidak kuasa menolak adanya mudarat atau mendatangkan manfaat, apalagi kuasa untuk mencurahkan rahmat pada kalian, maka ikutilah aku dalam beribadah hanya kepada-Nya semata, dan taatilah perintahku untuk meninggalkan ibadah kepada selainnya.”

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

90. وَلَقَدْ قَالَ لَهُمْ هٰرُونُ مِن قَبْلُ (Dan sesungguhnya Harun telah berkata kepada mereka sebelumnya)
Yakni sebelum Musa kembali kepada mereka.

يٰقَوْمِ إِنَّمَا فُتِنتُم بِهِۦ ۖ( Hai kaumku, sesungguhnya kamu hanya diberi cobaan dengan anak lembu)
Yakni kalian telah terjerumus dalam musibah akibat patung anak sapi itu, dan kalian telah tersesat dari jalan kebenaran karenanya.

وَإِنَّ رَبَّكُمُ الرَّحْمٰنُ فَاتَّبِعُونِى وَأَطِيعُوٓا۟ أَمْرِى(dan sesungguhnya Tuhanmu ialah (Tuhan) Yang Maha Pemurah, maka ikutilah aku dan taatilah perintahku”)
Yakni Tuhanmu adalah Allah ar-Rahman dan bukan patung anak sapi itu, maka ikutilah aku dalam menyembah Allah dan jangan kalian Samiri yang memerintahkan kalian untuk menyembah patung itu, taatilah perintahku dan jangan kalian taati perintah Samiri.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

90. Sungguh sebelum Musa kembali dari bukit Thur, Harun telah berkata kepada mereka: “Sesungguhnya keimanan kalian telah diuji dan dicoba dengan adanya anak sapi ini, sehingga kalian menyembahnya. Sesungguhnya Allah yang Maha Pengasih adalah Tuhan kalian, maka ikutlah peribadatanku dan tetap berpegang teguh pada kebenaran. Janganlah kalian mengikuti Samiry dan taatlah kepadaku dalam melaksanakan ibadah, bukan kepadanya!”

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Dengan demikian alasan mereka tidak diterima, karena Harun telah melarang mereka dan memberitahukan, bahwa hal itu merupakan fitnah (cobaan). Namun ternyata, mereka tidak menghiraukan kata-kata Harun dan tetap menyembahnya sebagaimana diterangkan dalam ayat selanjutnya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Dan sungguh, sebelumnya, yaitu sebelum kepulangan nabi musa, nabi harun telah mengingatkan dan berkata kepada mereka yang menyembah patung anak sapi itu, 'wahai kaumku! sesungguhnya kamu hanya sekadar diberi cobaan dengan patung anak sapi itu. Dan sungguh tuhanmu yang hakiki ialah Allah yang maha pengasih, maka ikutilah dengan sungguh-sungguh nasihat dan peringatan yang aku berikan kepadamu dan taatilah perintahku untuk beriman dan beribadah hanya kepada tuhan yang maha esa. '91. Mereka tidak menghiraukan nasihat nabi harun seraya menjawab, 'sungguh, kami tidak akan meninggalkannya, yaitu patung anak sapi itu. Kami tetap akan menyembahnya sampai musa kembali kepada kami. '.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Thaha Ayat 91 Arab-Latin, Surat Thaha Ayat 92 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Thaha Ayat 93, Terjemahan Tafsir Surat Thaha Ayat 94, Isi Kandungan Surat Thaha Ayat 95, Makna Surat Thaha Ayat 96

Category: Surat Thaha

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!