Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Thaha Ayat 85

قَالَ فَإِنَّا قَدْ فَتَنَّا قَوْمَكَ مِنْ بَعْدِكَ وَأَضَلَّهُمُ السَّامِرِيُّ

Arab-Latin: Qāla fa innā qad fatannā qaumaka mim ba'dika wa aḍallahumus-sāmiriyy

Terjemah Arti: Allah berfirman: "Maka sesungguhnya Kami telah menguji kaummu sesudah kamu tinggalkan, dan mereka telah disesatkan oleh Samiri.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Allah berfirman kepada Musa, “Sesungguhnya Kami telah menguji kaummu sesudah kamu tinggalkan mereka dengan penyembahan terhadap anak sapi. Dan sesungguhnya Samiri telah menyesatkan mereka.”

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

85. Allah berfirman, "Sesungguhnya Kami telah menguji kaummu setelah engkau tinggalkan dengan penyembahan patung anak sapi, mereka telah diseru oleh Samiri untuk menyembahnya, sehingga iapun menyesatkan mereka."

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

85. قَالَ فَإِنَّا قَدْ فَتَنَّا قَوْمَكَ مِنۢ بَعْدِكَ (Allah berfirman: “Maka sesungguhnya Kami telah menguji kaummu sesudah kamu tinggalkan)
Yakni Kami telah menguji dan menurunkan kepada mereka cobaan.

وَأَضَلَّهُمُ السَّامِرِىُّ(dan mereka telah disesatkan oleh Samiri)
Yakni dia menjadikan mereka sesat dari kebenaran karena dia telah menjerumuskan mereka ke dalam penyembahan patung anak sapi yang terbuat dari emas.
Dalam Bani Israil terdapat kabilah bernama Samirah, salah satu dari kabilah ini adalah Samiri, dia berkata kepada Bani Israil yang bersamanya: “Sesungguhnya Musa menyalahi perjanjian dengan kalian karena kalian membawa perhiasan yang diharamkan bagi kalian” kemudian Samiri memerintahkan agar mereka melempar perhiasan itu ke dalam api, dan emas itu dijadikan patung berbentuk anak sapi dan terjadilah kisah mereka dengan patung tersebut seperti yang telah disebutkan.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

85. Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya Kami telah menguji kaummu dengan menyembah anak sapi setelah mereka terpisah darimu” Dan sungguh Musa As-Samiry yang munafik telah menyesatkan mereka dengan membuat anak sapi dan mengajak mereka untuk menyembahnya

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Ternyata mereka tidak sabar ketika diuji, mereka malah kufur dengan menyembah anak sapi.

Muhammad bin Ishaq meriwayatkan dari Ibnu Abbas, ia berkata, “Samiri adalah seorang penduduk Bajarma, di mana mereka biasa menyembah sapi. Kecintaan menyembah sapi ada dalam diri Samiri. Ketika itu ia menampakkan masuk Islam bersama bani Israil. Nama Samiri adalah Musa bin Zhufr. Qatadah berkata, “Ia berasal dari kampung Samira.”

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Dia berfirman, 'begitu engkau pergi mendahului mereka, sungguh, kami telah menguji kaummu setelah engkau tinggalkan mereka. Mereka gagal melalui ujian-ku sehingga terjerumus dalam kesesatan dengan menyembah patung anak sapi. Dan mereka menjadi kafir karena telah disesatkan oleh samiri. '86. Kemudian nabi musa kembali kepada kaumnya dengan marah karena menyaksikan mereka menyembah patung anak sapi. Dia marah dan bersedih hati karena kekafiran mereka setelah dia berusaha memberi mereka petunjuk. Dia berkata, 'wahai kaumku! bukankah tuhanmu telah menjanjikan kepadamu suatu janji yang baik bila kamu beriman, yaitu dengan menjamin keselamatanmu di dunia dan kebahagiaanmu di akhirat' apakah terlalu lama masa perjanjian itu bagimu sehingga kamu tidak sabar dan akhirnya menyembah patung anak sapi ini, atau kamu memang sengaja menghendaki agar kemurkaan tuhan menimpamu' mengapa kamu melanggar perjanjianmu dengan aku yang telah kamu teguhkan sebelumnya''.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Thaha Ayat 86 Arab-Latin, Surat Thaha Ayat 87 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Thaha Ayat 88, Terjemahan Tafsir Surat Thaha Ayat 89, Isi Kandungan Surat Thaha Ayat 90, Makna Surat Thaha Ayat 91

Category: Surat Thaha

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!