Quran Surat Thaha Ayat 66

قَالَ بَلْ أَلْقُوا۟ ۖ فَإِذَا حِبَالُهُمْ وَعِصِيُّهُمْ يُخَيَّلُ إِلَيْهِ مِن سِحْرِهِمْ أَنَّهَا تَسْعَىٰ

Arab-Latin: Qāla bal alqụ, fa iżā ḥibāluhum wa 'iṣiyyuhum yukhayyalu ilaihi min siḥrihim annahā tas'ā

Terjemah Arti: Berkata Musa: "Silahkan kamu sekalian melemparkan". Maka tiba-tiba tali-tali dan tongkat-tongkat mereka, terbayang kepada Musa seakan-akan ia merayap cepat, lantaran sihir mereka.

Tafsir Quran Surat Thaha Ayat 66

Musa berkata kepada mereka, “Silahkan kalian lemparkan apa yang ada pada kalian dahulu.” Maka mereka melemparkan tali-tali dan tongkat-tongkat mereka. Akibatnya, lantaran saking kuatnya sihir mereka, terbayang pada diri Musa seakan-akan merupakan ular-ular yang bergerak-gerak merayap

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

66. Musa berkata, "Silakan kalianlah yang lebih dahulu melemparkannya," Lalu mereka pun mulai melemparkan sihir yang mereka miliki, maka tiba-tiba tali-tali dan tongkat-tongkat yang mereka lemparkan itu terbayang oleh Musa bahwa ia seakan-akan menjadi ular-ular yang merayap cepat lantaran perbuatan sihir mereka.

📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

66-67. Musa menjawab: “Lemparlah terlebih dahulu apa yang ingin kalian lempar.”

Maka mereka melempar tongkat dan tali-tali mereka, dan tiba-tiba Musa tersihir sehingga merasa tongkat dan tali-tali itu bergerak dengan cepat, sehingga dia merasa takut.

📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

66. قَالَ (Berkata Musa)
Musa berkata kepada mereka.

بَلْ أَلْقُوا۟ ۖ( Silahkan kamu sekalian melemparkan)
Musa memerintahkan mereka agar melempar terlebih dahulu agar mukjizatnya lebih terlihat jika mereka melempar sihir mereka kemudian Musa melempar tongkatnya, kemudian tongkat itu akan menelan semua yang mereka lempar. Hal ini juga agar menunjukkan bahwa Musa tidak mempedulikan sihir mereka.

فَإِذَا حِبَالُهُمْ وَعِصِيُّهُمْ يُخَيَّلُ إِلَيْهِ(Maka tiba-tiba tali-tali dan tongkat-tongkat mereka, terbayang kepada Musa)
Terbayang pada Musa dan orang yang melihatnya seakan-akan ia merayap cepat seperti ular, namun ini hanyalah sebatas khayalan. Hal ini karena pengaruh apa yang dilakukan para tukang sihir terhadap fikiran manusia sehingga mereka tidak melihat tongkat dan tali tersebut melainkan dalam bentuk ular, meskipun pada hakikatnya tetap merupakan tongkat dan tali.

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

65-66
Diantara hikmah dari kisah ini adalah (والله أعلم) agar manusia memikirkan perbuatan mereka, maka ketika mereka selesai dari kesibukan berbenah diri, kebenaran yang jelas datang setelah mereka minta, dan penantian yang panjang, sehingga mereka menjadi orang yang senantiasa menjaga diri.

📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

66. Untuk membalas adab mereka dengan serupa dan supaya mukjizatnya nampak, Musa berkata kepada mereka: “Silahkan kalian lempar sesuatu yang ada bersama kalian berupa perlengkapan sihir” Maka seketika seolah-olah tali-tali dan tongkat mereka bergerak dengan cepat layaknya ular

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

66. Musa berkata kepada mereka, “Bahkan silahkan kamu sekalian melemparkan,” mereka pun melemparkan tali-tali dan tongkat-tongkat mereka “maka tiba-tiba tali-tali dan tongkat-tongkat mereka, terbayang kepadanya,” yaitu kepada Musa “lantaran sihir mereka,” yang klimaks “seakan-akan ia merayap cepat,” [ular-ular yang datang dengan segera].

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

Dia berkata, 'silakan kamu melemparkan lebih dulu!' para penyihir itu lantas melemparkan alat sihir mereka ke tengah arena, maka tiba tiba tali-tali dan tongkat-tongkat mereka terbayang olehnya seakan-akan menjadi ular yang merayap dengan cepat, karena sihir mereka. 67. Melihat peristiwa mengagetkan itu, maka nabi musa merasa takut.

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Terkait: « | »

Kategori: 020. Thaha