Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Thaha Ayat 50

قَالَ رَبُّنَا الَّذِي أَعْطَىٰ كُلَّ شَيْءٍ خَلْقَهُ ثُمَّ هَدَىٰ

Arab-Latin: Qāla rabbunallażī a'ṭā kulla syai`in khalqahụ ṡumma hadā

Terjemah Arti: Musa berkata: "Tuhan kami ialah (Tuhan) yang telah memberikan kepada tiap-tiap sesuatu bentuk kejadiannya, kemudian memberinya petunjuk.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Musa berkata kepadanya, “Tuhan kami, ialah Yang telah memberikan segala sesuatu kepada makhluknya bentuk ciptaan yang sesuai dengannya yang menjadi petunjuk keindahan ciptaanNya dan kemudian memberi petunjuk kepada tiap-tiap makhluk untuk mengetahui cara memanfaatkan semua yang telah diciptakan Allah baginya. “

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

50. Musa menjawab, "Tuhan kami adalah Tuhan yang telah memberikan rupa dan bentuk segala sesuatu dengan serasi, lalu memberikan petunjuk kepada semua makhluk itu untuk apa Dia menciptakan mereka."

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

50. قَالَ رَبُّنَا الَّذِىٓ أَعْطَىٰ كُلَّ شَىْءٍ خَلْقَهُۥ (Musa berkata: “Tuhan kami ialah (Tuhan) yang telah memberikan kepada tiap-tiap sesuatu bentuk kejadiannya)
Yakni menjadikan bentuk dan rupanya dari anggota tubuh yang sesuai dengan manfaat yang berhubungan dengan anggota tubuh tersebut seperti tangan untuk memegang, kaki untuk berjalan, lidah untuk berbicara, mata untuk melihat, dan telinga untuk mendengar.
Pendapat lain mengatakan maknanya adalah Allah memberi makhluk-Nya segala yang dibutuhkannya.

ثُمَّ هَدَىٰ( kemudian memberinya petunjuk)
Yakni memberikan mereka petunjuk tentang cara memanfaatkan apa yang telah Allah berikan kepada mereka, sehingga mereka benar-benar mendapatkan menfaat darinya.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

50. Musa berkata: “Tuhan Kami adalah Dzat yang menentukan sususan dan bentuk yang sesuai pilihanNya bagi setiap makhluk, lalu membimbingnya untuk mengerjakan tugasnya.”

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Yakni Dia yang menciptakan semua makhluk dan memberikan kepada setiap makhluk ciptaan yang cocok baginya, di mana hal itu menunjukkan bagusnya ciptaan-Nya, ada yang berbadan besar dan ada yang kecil dan ada pula yang pertengahan, dan Dia memberikan pula sifatnya.

Maksudnya, memberikan akal, instink (naluri) dan kodrat alamiyah untuk kelanjutan hidupnya masing-masing. Oleh karena itu, kita dapat menyaksikan semua makhluk berusaha untuk memperoleh manfaat dan terhindar dari bahaya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Nabi musa menjawab, 'tuhan kita semua ialah tuhan yang telah menciptakan semua makhluk dan memberikan bentuk kejadian kepada segala sesuatu di alam semesta ini, kemudian memberinya petunjuk dan potensi untuk dapat melakukan segala sesuatu sesuai fungsinya. '51. Mendengar jawaban nabi musa tentang kekuasaan Allah, fir'aun berkata, 'jadi, bagaimana keadaan umat-umat yang dahulu yang telah meninggal dunia, seperti kaum nabi nuh, hud, dan saleh, yang lebih dulu ingkar''.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Thaha Ayat 51 Arab-Latin, Surat Thaha Ayat 52 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Thaha Ayat 53, Terjemahan Tafsir Surat Thaha Ayat 54, Isi Kandungan Surat Thaha Ayat 55, Makna Surat Thaha Ayat 56

Category: Surat Thaha

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!