Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Maryam Ayat 74

وَكَمْ أَهْلَكْنَا قَبْلَهُمْ مِنْ قَرْنٍ هُمْ أَحْسَنُ أَثَاثًا وَرِئْيًا

Arab-Latin: Wa kam ahlaknā qablahum ming qarnin hum aḥsanu aṡāṡaw wa ri`yā

Terjemah Arti: Berapa banyak umat yang telah Kami binasakan sebelum mereka, sedang mereka adalah lebih bagus alat rumah tangganya dan lebih sedap di pandang mata.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Dan berapa banyak yang telah kami binasakan dari umat-umat manusia sebelum orang-orang kafir dari kaummu (wahai rasul) mereka itu lebih baik barang-barang rumahnya dan lebih enak dipandang.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

74. Dan sungguh betapa banyak umat yang Kami binasakan sebelum adanya orang-orang kafir yang menyombongkan diri dengan kekayaan materi yang mereka miliki itu, umat-umat itu lebih banyak hartanya dibandingkan mereka, dan lebih indah dipandang mata lantaran mahalnya harga pakaian mereka dan eloknya tubuh mereka.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

74. وَكَمْ أَهْلَكْنَا قَبْلَهُم مِّن قَرْنٍ (Berapa banyak umat yang telah Kami binasakan sebelum mereka)
Makna (القرن) yakni umat atau kelompok.

هُمْ أَحْسَنُ أَثٰثًا (sedang mereka adalah lebih bagus alat rumah tangganya)
Makna (الأثاث) yakni segala bentuk harta seperti unta, sapi, kambing, dan perhiasan. Pendapat lain mengatakan maknanya adalah harta yang berupa peralatan rumah tangga saja seperti Kasur, pakaian, kelambu, karpet, sofa, dan dipan.

وَرِءْيًا (dan lebih sedap di pandang mata)
Yakni yang lebih indah pada pandangan orang lain dari sisi pakaian dan keindahan badan.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

74. Berapa banyak umat yang telah Kami binasakan sebelum mereka, sedang mereka adalah lebih bagus alat rumah tangganya dan lebih sedap di pandang mata

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Maksudnya, umat-umat yang mengingkari Allah seperti kaum 'Aad dan Tsamud.

Daripada orang-orang kafir yang mengaku lebih baik tempat tinggal dan tempat pertemuannya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Anggapan orang kafir bahwa mereka lebih baik dan disayang tuhan adalah keliru. Kemuliaan dan kemakmuran mereka tidak membuktikan rida Allah. Dan berapa banyak umat yang hidup sejahtera, tetapi karena ingkar maka mereka termasuk kaum yang telah kami binasakan seperti orang-orang sebelum mereka, padahal mereka lebih bagus dan indah perkakas rumah tangganya dan lebih sedap dipandang mata penampilan dan keadaannya. 75. Menanggapi cemoohan mereka, katakanlah wahai nabi Muhammad, 'barang siapa berada dalam kesesatan dan keingkaran yang membuatnya sombong dan enggan beriman, maka biarlah tuhan yang maha pengasih memperpanjang baginya umur dan kesempatan untuk menikmati kehidupan duniawi. Mereka dibiarkan sehingga terlena dalam keingkarannya. Kelak apabila mereka telah melihat apa yang diancamkan kepada mereka, baik azab yang mereka dapatkan dari musuh yang lebih perkasa maupun kedahsyatan kiamat yang menjadi awal pembalasan atas keingkaran mereka, maka saat itu mereka akan mengetahui siapa yang lebih jelek kedudukannya akibat siksa Allah dan lebih lemah bala tentaranya yang selama ini mereka andalkan untuk membela kepentingannya. '.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Maryam Ayat 75 Arab-Latin, Surat Maryam Ayat 76 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Maryam Ayat 77, Terjemahan Tafsir Surat Maryam Ayat 78, Isi Kandungan Surat Maryam Ayat 79, Makna Surat Maryam Ayat 80

Category: Surat Maryam

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!