Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Maryam Ayat 73

وَإِذَا تُتْلَىٰ عَلَيْهِمْ آيَاتُنَا بَيِّنَاتٍ قَالَ الَّذِينَ كَفَرُوا لِلَّذِينَ آمَنُوا أَيُّ الْفَرِيقَيْنِ خَيْرٌ مَقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا

Arab-Latin: Wa iżā tutlā 'alaihim āyātunā bayyināting qālallażīna kafarụ lillażīna āmanū ayyul-farīqaini khairum maqāmaw wa aḥsanu nadiyyā

Terjemah Arti: Dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat Kami yang terang (maksudnya), niscaya orang-orang yang kafir berkata kepada orang-orang yang beriman: "Manakah di antara kedua golongan (kafir dan mukmin) yang lebih baik tempat tinggalnya dan lebih indah tempat pertemuan(nya)?"

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Dan apabila dibacakan ayat-ayat Kami yang diturunkan lagi dijelaskan kepada manusia, maka orang-orang yang kafir kepada Allah berkata kepada orang-orang yang beriman kepadaNya, ”manakah diantara golongan dari kami atau kalian yang lebih baik tempat tinggalnya dan lebih baik tempat duduknya?”

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

73. Dan apabila dibacakan kepada manusia ayat-ayat Kami yang diturunkan kepada Rasul Kami dengan membawa maksud yang jelas, maka orang-orang kafir berkata kepada orang-orang yang beriman, "Manakah di antara dua golongan kita ini yang lebih baik tempat tinggalnya, dan lebih bagus tempat pertemuan dan perkumpulannya; golongan kami ataukah golongan kalian?"

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

73. أَىُّ الْفَرِيقَيْنِ خَيْرٌ مَّقَامًا (Manakah di antara kedua golongan (kafir dan mukmin) yang lebih baik tempat tinggalnya)
Yakni apakah golongan kami yang lebih baik tempat tinggal dan kedudukannya serta lebih banyak penolongnya ataukah golongan kalian?

وَأَحْسَنُ نَدِيًّا(dan lebih indah tempat pertemuan(nya)?”)
Makna (الندي) yakni termpat berkumpulnya suatu kaum.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

73. Dan apabila dibacakan ayat-ayat Kami yang terang kepada mereka, maka niscaya orang-orang yang kafir itu berkata kepada orang-orang yang beriman: "Manakah di antara kedua golongan kafir dan mukmin yang lebih baik tempat tinggalnya dan lebih indah tempat pertemuannya serta paling banyak penolongnya?"

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Yakni orang-orang mukmin dan orang-orang kafir.

Maksudnya, kami atau kamu?

Di dunia.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Penjelasan mengenai ancaman Allah kepada orang-orang kafir dikuti dengan uraian tentang tanggapan mereka atas ajakan untuk beriman. Dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat kami yang jelas maksud, kebenaran, dan petunjuk-Nya, orang-orang yang kafir berkata kepada orang-orang yang beriman dengan angkuh dan sombong karena merasa memiliki kelebihan atas mereka guna mengalihkan pembicaraan, "manakah di antara kedua golongan di antara kita yang lebih baik tempat tinggalnya dan lebih indah tempat pertemuan-Nya' bukankah ini membuktikan bahwa tuhan lebih sayang kepada kami''74. Anggapan orang kafir bahwa mereka lebih baik dan disayang tuhan adalah keliru. Kemuliaan dan kemakmuran mereka tidak membuktikan rida Allah. Dan berapa banyak umat yang hidup sejahtera, tetapi karena ingkar maka mereka termasuk kaum yang telah kami binasakan seperti orang-orang sebelum mereka, padahal mereka lebih bagus dan indah perkakas rumah tangganya dan lebih sedap dipandang mata penampilan dan keadaannya.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Maryam Ayat 74 Arab-Latin, Surat Maryam Ayat 75 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Maryam Ayat 76, Terjemahan Tafsir Surat Maryam Ayat 77, Isi Kandungan Surat Maryam Ayat 78, Makna Surat Maryam Ayat 79

Category: Surat Maryam

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!

Surah Maryam Ayat 73