Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Maryam Ayat 66

وَيَقُولُ الْإِنْسَانُ أَإِذَا مَا مِتُّ لَسَوْفَ أُخْرَجُ حَيًّا

Arab-Latin: Wa yaqụlul-insānu a iżā mā mittu lasaufa ukhraju ḥayyā

Terjemah Arti: Dan berkata manusia: "Betulkah apabila aku telah mati, bahwa aku sungguh-sungguh akan dibangkitkan menjadi hidup kembali?"

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Dan manusia kafir akan berakta untuk mengingkari hari kebangkitan setelah kematian, ”bila aku nanti mati dan aku telah hancur, apakah kelak aku akan dikeluarkan dari kuburku dalam keadaan hidup-hidup?

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

66. Dan orang kafir yang ingkar dengan hari Kebangkitan berkata dengan nada mengolok-olok, "Betulkah apabila aku telah mati, kelak aku akan dikeluarkan kembali dari kuburku dalam keadaan hidup untuk menjalani kehidupan kedua kalinya?! Sungguh ini perkara yang mustahil."

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

66. وَيَقُولُ الْإِنسٰنُ (Dan berkata manusia)
Yakni dimaksud dengan manusia di sini adalah orang yang kafir.

أُخْرَجُ (dibangkitkan)
Yakni apakah aku akan dibangkitkan dari kubur dalam keadaan hidup? Ia menanyakan hal ini karena merasa hal itu tidak mungkin.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

66. Manusia yang kafir atas hari kebangkitan berkata dengan sombong: "Betulkah apabila aku telah mati, bahwa aku sungguh-sungguh akan dibangkitkan menjadi hidup kembali?" Ayat ini turun untuk Ubay bin Khalf ketika dia mengambil tulang yang telah tua. Dia berkata: Muhammad mengklaim bahwa kalian kelak akan dibangkitkan dari kematian. Dalam riwayat lain ayat ini turun untuk Walid bin Mughirah dan para sahabatnya

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Menerangkan sikap orang-orang yang tidak beriman pada hari kebangkitan, Allah berfirman, 'dan orang kafir itu, meski mengetahui adanya akhirat, tetap saja berkata, 'betulkah apabila aku telah mati, dikuburkan, dan tulang belulangku hancur, kelak aku sungguh-sungguh akan dibangkitkan dari kubur dan hidup kembali' hal ini mustahil terjadi. '67. Demikianlah keingkaran orang-orang kafir. Tidakkah manusia yang ingkar itu memikirkan bahwa sesungguhnya kami telah menciptakannya dahulu sebelum dilahirkan, padahal sebelumnya dia belum berwujud sama sekali' bila dia menyadari hal itu, niscaya dia mengetahui bahwa dia telah diciptakan dan pencipta itu adalah Allah.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Maryam Ayat 67 Arab-Latin, Surat Maryam Ayat 68 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Maryam Ayat 69, Terjemahan Tafsir Surat Maryam Ayat 70, Isi Kandungan Surat Maryam Ayat 71, Makna Surat Maryam Ayat 72

Category: Surat Maryam

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!